Penjelasan Ending Drakor Doona!, Won-Jun dan Doo-Na Putus?

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 20:46 WIB
loading...
Penjelasan Ending Drakor Doona!, Won-Jun dan Doo-Na Putus?
Drakor Doona! berakhir dengan ending yang bisa dinterpretasikan berbagai macam oleh penontonnya. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Drama Korea Doona! tayang di Netflix sepanjang sembilan episode, dan ending atau akhir ceritanya membuat bingung sebagian penontonnya.

Kebingungan tersebut disebabkan oleh pemilihan akhir cerita yang terlihat seperti open ending bagi hubungan cinta antara Won-jun (Yang Se-jong) dan Doo-na (Bae Suzy). Namun, apa benar begitu?

Berikut ini penjelasan ending atau akhir nasib dari para karakter Doona!, termasuk hidup Doo-na dan Won-jun.



Peringatan: tulisan ini memberikan spoiler atau bocoran seluruh akhir cerita drama Korea Doona!

1. Doo-Na Gemilang Jadi Solois, Won-Jun Sukses Berkarier

Penjelasan Ending Drakor Doona!, Won-Jun dan Doo-Na Putus?

Foto: Netflix


Doo-na akhirnya kembali menjadi idol K-pop, meski kali ini ia menjadi solois. Sebelumnya, Doo-na diancam dituntut ganti rugi tiga miliar won karena melanggar kontrak. Meski begitu, ia menegaskan kepada manager Park In-wook (Lee Jin-uk), bahwa kembalinya dirinya bukan karena takut akan tuntutan hukum agensi atau karena In-wook yang disukainya, tapi karena ia ingin bahagia.

Sebelumnya, saat menonton pertunjukan sebuah band, Doo-na menyadari bahwa ia rindu berada di atas panggung dan bernyanyi. Won-jun pun menyadari hal itu, dan mendukung keinginan Doo-na meski hubungan mereka terancam berakhir.

Dalam ending Doona! digambarkan bahwa karier solo Doo-na sangat bersinar, membuatnya bisa melakukan tur hingga ke Brasil dan Jepang.

Sementara itu, selepas lulus kuliah, Won-jun menjalani wajib militer. Setelah itu, ia melamar bekerja di sebuah perusahaan dan sudah sampai pada tahap kedua seleksi.

Pada akhir cerita, Won-jun terlihat berada di Jepang bersama bosnya. Ia tampaknya punya pekerjaan bagus yang kini membuat hidupnya terlihat mapan.

2. Kim Jin-Ju Pulang ke Korea

Penjelasan Ending Drakor Doona!, Won-Jun dan Doo-Na Putus?

Foto: Netflix

Jin-ju (Ha-young) ternyata baru kembali ke Korea. Saat pertemuan pertamanya kembali dengan Won-jun setelah lama tak berjumpa, perempuan itu bercerita tentang perjalanannya ke Amerika Serikat dan Brasil, bahkan tinggal di rumah I-ra di negara itu.

Berdasarkan ceritanya pada Won-jun, Jin-ju tampaknya juga sempat berkuliah lagi di Brasil.

3. Koo Jung-Hoon dan Choi I-Ra Tinggal Bersama

Penjelasan Ending Drakor Doona!, Won-Jun dan Doo-Na Putus?

Foto: Netflix

Berikutnya dari pasangan Jung-hoon (Kim Do-hwan) dan I-ra (Park Se-wan). Dua teman serumah Jung-won ini akhirnya resmi berpacaran, dan bahkan hidup bersama pada akhir cerita.

Keduanya tinggal di apartemen yang cukup bagus. Mereka juga digambarkan punya pekerjaan yang tampaknya juga layak.

4. Seo Yun-Taek Jadi Motivator Jomblo, Kook Su-Jin Sukses Jadi Fanboy

Penjelasan Ending Drakor Doona!, Won-Jun dan Doo-Na Putus?

Foto: Netflix

Yun-taek (Kim Min-ho) diceritakan tetap jomblo pada akhir cerita. Namun, ia malah jadi motivator bagi komunitas jomblo yang berjuang mencari pasanga. Sementara Su-jin (Joo Yeon-woo) sukses mendapatkan tanda tangan Doo-na di belakang photocard yang selalu tergantung di mobilnya.

5. Akhir Hubungan Doo-Na dan Won-Jun

Penjelasan Ending Drakor Doona!, Won-Jun dan Doo-Na Putus?

Foto: Netflix

Seperti telah disebutkan sebelumnya, akhir cerita Doona! dibuat seperti open ending. Meski begitu, jika dilihat dari percakapan dan adegan pada akhir episode 9, tampaknya Doo-na dan Won-jun berakhir dengan berpisah baik-baik.

Untuk menyegarkan ingatan, ada beberapa momen penting dalam hubungan keduanya setelah Doo-na memutuskan kembali menjadi idol. Doo-na diperintahkan manajernya, Park In-wook, untuk menyudahi hubungannya dengan Won-jun karena hal itu dianggap skandal. Doo-na mengatakan bahwa ia akan berusaha melakukannya.

Meski begitu, nyatanya saat bertemu Won-jun, Doo-na ingin mereka tetap bersama. Ia mengakui bahwa dalam tahun-tahun pertama, ia harus menjalani aturan ketat demi memantapkan kariernya. Ini termasuk aturan ponselnya yang disita agensi hingga mereka akan sulit berkomunikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)