Donasi BTS ARMY Indonesia ke Palestina Tembus Rp1 Miliar dalam Waktu 2 Hari

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 16:44 WIB
loading...
Donasi BTS ARMY Indonesia ke Palestina Tembus Rp1 Miliar dalam Waktu 2 Hari
BTS ARMY Indonesia berhasil mengumpulkan donasi untuk warga Palestina sebesar lebih dari Rp1 miliar. Foto/Instagram @bts.bighitoffcial
A A A
JAKARTA - Donasi kemanusiaan untuk warga Palestina yang diorganisir oleh ARMY Indonesia berhasil terkumpul hingga Rp1 miliar lebih, hanya dalam waktu dua hari.

Donasi dari para penggemar grup musik BTS tersebut dibuka mulai Kamis (19/10) melalui situs web solusipeduli.org. Awalnya, target donasi hanya sebesar Rp200 juta. Namun karena dana terus mengalir, target pun dinaikkan menjadi Rp500 juta, hingga akhirnya tembus lebih dari Rp1 miliar pada Sabtu (21/10) pagi. Adapun tercatat ada lebih dari 20 ribu donatur yang berkontribusi.

Berdasarkan deskripsi di laman donasinya, dana yang terkumpul itu akan disalurkan melalui Human Initiative. Ini adalah organisasi kemanusiaan yang berdiri pada 1999, dan sudah bekerja sama dengan pihak di luar Indonesia, termasuk di Uni Eropa.



Dalam situs web resmi Human Initiative, tertulis bahwa organisasi ini "menjamin tidak akan mendukung atau menyediakan dana/material untuk individu maupun organisasi yang dikenal menganjurkan, mendukung, atau terlibat dalam aktivitas melanggar hukum, kekerasan, pencucian uang ataupun terorisme”.

Donasi BTS ARMY Indonesia ke Palestina Tembus Rp1 Miliar dalam Waktu 2 Hari

Foto: screenshot solusipeduli.org

Selain lewat solusipeduli.org, ARMY Indonesia juga menggalang dana lewat amanpalestin.id. Dari LSM internasional ini, telah terkumpul dana sebesar lebih dari Rp70 juta.



Donasi untuk warga Palestina ini menjadi pengumpulan dana terbesar kedua yang dibuat oleh ARMY Indonesia dalam waktu dua tahun terakhir. Pada Oktober 2022, mereka juga berhasil mengumpulkan donasi nyaris Rp500 juta dalam waktu kurang dari seminggu untuk para korban tragedi Kanjuruhan di Malang.

Mengutip Xinhua melalui Antara pada Sabtu (21/10), sekitar 175 truk berisi bantuan kemanusiaan masih mengantre untuk masuk ke Gaza, karena dihadang oleh Israel. Pada 9 Oktober, Israel memblokir Jalur Gaza, memutuskan pasokan listrik, air, makanan, bahan-bakar, dan obat-obatan untuk lebih dari dua juta warga Palestina yang terjebak di sana.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)