8 Aktor dan Aktris Korea Berjuluk Chungmuro, Ada Ryu Seung-Ryong

Kamis, 05 Oktober 2023 - 12:05 WIB
loading...
8 Aktor dan Aktris Korea Berjuluk Chungmuro, Ada Ryu Seung-Ryong
Ryu Seung-ryong termasuk dalam daftar aktor chungmuro yang lebih banyak bermain film dibanding drakor. Foto/Disney+
A A A
JAKARTA - Chungmuro adalah kawasan tempat lahirnya film-film awal di Korea Selatan. Industri film sudah ada di jalan Chungmuro sejak tahun 1960-an. Bisa dibilang Chungmoro adalah Hollywood-nya Korea.

Meski sekarang rumah produksi film banyak yang pindah ke daerah Gangnam, tapi Chungmuro masih kerap dilekatkan sebagai lambang industri film Korea Selatan.

Nah, aktor dan aktris yang berjuluk chungmuro biasanya adalah mereka yang lebih banyak bermain film dibanding drama Korea. Aktor dan aktris ini biasanya bermain drama hanya 3 - 4 tahun sekali. Selain itu, mereka juga masuk dalam jajaran A-list alias pemain papan atas.



Karena itulah, mereka lebih populer disebut sebagai bintang film dibanding pemain drakor. Tak heran, di kalangan pencinta drama Korea, nama seperti Song Kang-ho tak sepopuler Song Kang yang jauh lebih junior. Namun dalam industri film, nama Song Kang-ho sudah ibarat dewa.

Lalu siapa saja aktor dan aktris Korea yang mendapatkan julukan chungmuro? Ini dia daftarnya.

1. Lee Byung-Hun

8 Aktor dan Aktris Korea Berjuluk Chungmuro, Ada Ryu Seung-Ryong

Foto: tvN

Lee Byung-hun lahir pada 1970 di Seoul. Dulu dia tidak punya keinginan berkarier dalam dunia akting, sampai ia mengikuti audisi untuk KBS pada 1991 dan diterima. Selama tahun 1990-an, dia bermain dalam serial TV.

Sampai akhirnya dia mencoba sebuah audisi untuk film. Banyak dari filmya yang tidak begitu populer sampai akhirnya film Joint Security Area menjadi blockbuster di Korea.

Dengan film-filmnya yang populer sepert A Bittersweet Life, dan The Good, The Bad, and The Weird, Lee Byung-hun menjadi aktor yang dikenal internasional. Lee Byung-hun sudah debut di film Hollywood pada 2009 dengan bermain dalam G.I. Joe : Rise of Cobra. Adapun beberapa drakor yang dibintanginya adalah Our Blues, Mr. Sunshine, dan IRIS.

2. Song Kang-Ho

8 Aktor dan Aktris Korea Berjuluk Chungmuro, Ada Ryu Seung-Ryong

Foto: CJ Entertainment

Song Kang-ho memulai karier dalam dunia akting sebagai pemeran pendukung dan peran kecil yang sebagian banyak orang tidak menaruh perhatian. Ia mulai dilirik saat bermain sebagai pemeran pendukung dalam film Green Fish. Setelah itu, namanya selalu muncul dalam film-film berkualitas terbaik dan laris, seperti A Taxi Driver, Broker, Emergency Declaration, dan yang terbaru Cobweb.

Karya paling terkenal yang pernah dibintangi Song Kang-ho adalah Parasite yang memenangkan penghargaan film terbaik dalam Academy Awards. Ia baru akan terjun dalam drama Korea untuk serial berjudul Uncle Samsik yang kabarnya akan tayang pada akhir 2023.

3. Ma Dong-Seok

8 Aktor dan Aktris Korea Berjuluk Chungmuro, Ada Ryu Seung-Ryong

Foto: OCN

Ma Dong-seok atau bisa dipanggil dengan Don Lee, adalah aktor Korea Selatan yang kini menjadi warga negara Amerika Serikat. Dia dikenal karena memainkan peran pendukung dalam film The Neighbor, Nameless Gangster : Rules of the Time, dan The Unjust.

Ma Dong-seok sudah pernah membintangi film Marvel Cinematic Universe (MCU) pada 2021 yaitu Eternals bersama Angelina Jolie dan Kumail Nanjiani. Karya terbaru yang dibintangi oleh Ma Dong-seok adalah The Roundup : No Way Out. Beberapa drakor yang dibintanginya antara lain ada38 Task Force, Bad Guys, dan yang akan tayang berjudul Twelve.

4. Ryu Seung-Ryong

8 Aktor dan Aktris Korea Berjuluk Chungmuro, Ada Ryu Seung-Ryong

Foto: Next Entertainment World

Ryu Seung-ryong adalah aktor chungmuro yang sangat dinantikan aktingnya oleh pencinta film. Dia memulai kariernya di panggung teater, kemudian menjadi salah satu aktor pendukung paling menonjol dalam film dan televisi Korea.

Karya paling terkenal dar Ryu Seung-ryong adalah Miracle in Cell no. 7 dan Extreme Job. Namanya kembali bersinar setelah membintangi drama adaptasi webtoon berjudul Moving. Ia juga bermain dalam drakor hit Kingdom.

5. Kim Hye-Soo

8 Aktor dan Aktris Korea Berjuluk Chungmuro, Ada Ryu Seung-Ryong

Foto: Netflix
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)