6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan

Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:03 WIB
loading...
6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan
Drama Korea terbaik tentang bullying salah satunya tergambar dalam Green Mothers Club. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Drama Korea tentang bullying banyak dibuat, tapi sebagiannya tampil menonjol dan bisa dibilang tergolong yang terbaik.

Drakor tema bullying atau perisakan mayoritas berlatar di sekolah. Meski begitu, cerita dan konfliknya kadang merentang panjang hingga korban dan pelakunya tumbuh dewasa. Ini untuk menunjukkan bahwa dampak perundungan bagi korban sangatlah besar dan bisa terus menetap di ingatannya, bahkan setelah ia tumbuh dewasa.

Berikut ini enam drama Korea terbaik tentang bullying untuk membuatnya belajar tentang kejamnya tindakan kekerasan tersebut.


1. The Glory (2022-2023)

6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan

Foto: Netflix

The Glory jadi salah satu drama Korea paling banyak dibicarakan pada awal 2023. Serial ini juga memenangkan 3 dari 9 nominasi yang diperoleh dari salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di Korea Selatan, yaitu Baeksang Arts Awards. Piala yang berhasil dibawa pulang adalah Best Drama, Best Actress (Song Hye-kyo), dan Best Supporting Actress (Lim Ji-yeon).

The Glory menggambarkan aksi bullying fisik ekstrem yang dirasakan seorang murid perempuan saat masa SMA. Begitu membekasnya trauma perisakan tersebut hingga ia tumbuh dewasa dengan hanya satu obsesi dalam hidupnya, yaitu membalas dendam pada semua yang telah membuat hidupnya sangat menderita. Serial ini tayang di Netflix sebanyak 16 episode.

2. D.P. (2021-2023)

6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan

Foto: Netflix

D.P. sudah dibuat sepanjang dua season. Musim pertamanya meraih predikat drama terbaik dari dua ajang penghargaan paling bergengsi, yaitu Baeksang Arts Awards dan Blue Dragon Series Awards.

D.P. mengisahkan serangkaian aksi bullying yang dialami para tentara muda di barak saat mereka menjalani wajib militer. Para pelakunya adalah senior mereka, sementara pihak pemerintah terkadang berusaha menutupi kasus yang ada jika bisa berdampak besar.

Serialnya memotret tim D.P. yang tugasnya menangkap pada desertir (tentara yang kabur dari tugasnya), yang mayoritas justru adalah para korban bullying tersebut. Drama ini tayang di Netflix, masing-masing berjumlah enam episode.

3. Weak Hero Class 1 (2022)

6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan

Foto: Wavve

Drama Korea terbaik tentang bullying berikutnya adalah Weak Hero Class 1. Serial ini jadi nomine drama terbaik dalam Blue Dragon Series Awards. Sedangkan pemainnya, Park Ji-hoon, membawa pulang piala Best New Actor dari ajang yang sama.

Weak Hero Class 1 mengisahkan aksi bullying yang tak cuma terjadi di sekolah, tapi juga di dalam rumah dengan pelaku orang tua. Ini ibarat sebuah lingkaran setan kekerasan fisik dan psikologis, saat yang tua dan kuat menindas yang muda dan lemah. Kamu bisa menonton serial delapan episode ini di Prime Video. Season kedua drama ini juga sudah disiapkan.

4. The King of Pigs (2022)

6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan

Foto: TVING

Serial thriller ini merupakan remake dari film animasi berjudul sama yang dirilis pada 2011 dan dibuat oleh Yeon Sang-ho. Kisahnya juga terkait ingatan mengerikan dari para korban bullying saat masa sekolah.

Ingatan itu muncul karena adanya pesan misterius yang diperoleh oleh seorang pria dari seseorang dari masa 20 tahun yang lalu. Setelah itu, mulai terjadi aksi pembunuhan berantai. Seorang detektif yang juga berhubungan dengan aksi bullying di sekolah pada masa lalu lantas berusaha menyelidiki kasus ini. The King of Pigs tayang sepanjang 12 episode di Apple TV.

5. Green Mothers Club (2022)

6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan

Foto: JTBC

Dalam drama Korea, tindakan bullying tak hanya dilakukan oleh anak sekolah, tapi juga oleh orang tua. Salah satu dari banyak serial Negeri Ginseng yang menggambarkan hal tersebut adalah Green Mothers Club.

Dalam serial ini, dikisahkan para ibu yang anak-anaknya bersekolah di SD elite alias untuk kalangan ekonomi kelas atas. Mereka semua ingin anaknya menjadi yang terbaik, dan demi itu, mereka akan melakukan apa pun, mulai dari merundung anaknya hingga melakukan bullying pada orang dewasa lainnya.

Green Mothers Club akan menunjukkan bahwa perisakan secara psikologis juga sama berbahayanya dengan kekerasan fisik. Serial 16 episode ini juga tayang di Netflix.


6. Class of Lies (2019)

6 Drama Korea Terbaik tentang Bullying, 3 Menang Penghargaan

Foto: OCN

Kembali ke kasus bullying di sekolah, Class of Lies menunjukkan kasus bullying yang berakhir pada kematian. Lebih gilanya, kasus ini sengaja ditutupi oleh para murid dan pihak sekolah.

Salah satu drama Korea terbaik tentang bullying ini menunjukkan bentuk kekerasan berwujud aksi manipulasi, terutama dari para murid yang berasal dari keluarga kaya yang memiliki kekuasaan. Seorang pengacara yang jadi karakter utamanya akan berusaha membongkar kebusukan ini. Serial 16 episode tersebut tayang di Apple TV dan Viki.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)