3 Bos Agensi K-Pop Masuk 10 Besar Orang Terkaya dalam Industri Musik Dunia

Kamis, 28 September 2023 - 13:02 WIB
loading...
3 Bos Agensi K-Pop Masuk 10 Besar Orang Terkaya dalam Industri Musik Dunia
Bang Si-hyuk masuk dalam posisi 3 besar orang terkaya dalam industri musik berdasarkan nilai saham mereka. Foto/HYBE
A A A
JAKARTA - Billboard mengumumkan daftar Top Money Makers dalam industri musik dunia, dan posisi ketiga diduduki oleh pemilik perusahaan multilabel K-pop .

Dalam daftar Top Money Makers 2023 tersebut, Billboard memasukkan nama para eksekutif dengan bayaran tertinggi. Selain itu, para pemegang saham dengan nilai cuan tertinggi dalam perusahaan publik juga dimasukkan dalam daftar.

Hasilnya, duo co-founder Spotify asal Swedia, yaitu Daniel Ek dan Martin Lorentzon menduduki dua posisi teratas. Daniel Ek yang memiliki 15,9% saham Spotify - platform streaming musik terbesar di dunia yang menguasai pasar hingga 30,5% - jika diuangkan dinilai mencapai hampir USD4,8 miliar (Rp74,6 triliun). Sedangkan Martin Lorentzon dengan 11,2% saham nilainya mencapai sekitar USD3,4 miliar (52,9 triliun).



Di bawahnya, ada tiga nama pendiri agensi K-pop yang juga masuk dalam daftar terkaya berdasarkan kepemilikan saham mereka. Berikut daftarnya.

1. Bang Si-Hyuk - HYBE

3 Bos Agensi K-Pop Masuk 10 Besar Orang Terkaya dalam Industri Musik Dunia

Foto: Korea Now

Bang Si-hyuk duduk di posisi ketiga dalam daftar Billboard Top Money Makers untuk eksekutif dengan bayaran tertinggi dan pemilik saham dalam industri musik. Chairman (kepala dewan direksi) HYBE ini memiliki 31,8% saham HYBE, yang nilainya kini sekitar USD2,54 miliar (Rp39,5 triliun).

Nilai ini naik pesat menurut catatan Billboard, karena tahun lalu nilai sahamnya hanya USD1,7 miliar. Sebelumnya produser dan penulis lirik berusia 51 tahun ini juga dicatat Forbes Asia masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Korea Selatan, dan jadi satu-satunya yang berasal dari industri hiburan.

HYBE Corporation (dulu bernama Big Hit Entertainment) hingga kini menaungi enam label musik yang bekerja secara independen, yaitu BigHit Music (BTS, TXT), Pledis Entertainment (SEVENTEEN, fromis_9), ADOR (NewJeans), Belift Lab (ENHYPEN), Source Music (LE SSERAFIM), dan Koz Entertainment (BOYNEXTDOOR).

2. Park Jin-Young - JYP Entertainment

3 Bos Agensi K-Pop Masuk 10 Besar Orang Terkaya dalam Industri Musik Dunia

Foto: Xsportnews

Park Jin-young (51 tahun) alias JYP yang mendirikan JYP Entertainment duduk di posisi kelima dalam daftar tersebut. Dengan kepemilikan saham sebesar 15,22%, nilainya mencapai sekitar USD559 juta (Rp8,6 triliun).

Sejumlah grup K-pop populer di bawah JYP Entertainment adalah TWICE, Stray KIds, ITZY, dan 2PM.


3. Yang Hyun-Suk - YG Entertainment

3 Bos Agensi K-Pop Masuk 10 Besar Orang Terkaya dalam Industri Musik Dunia

Foto: News1


Terakhir, ada pendiri YG Entertainment sekaligus mantan membergrup hiphop legendaris Seo Taiji and Boys, Yang Hyun-suk (53 tahun) yang memiliki 16,88% saham. Nilainya juga diuangkan sekitar USD199 juta (Rp3,09 triliun). Ini mendudukkannya di posisi kedelapan.

Beberapa grup populer yang saat ini bernaung di bawah YG Entertainment adalah BLACKPINK, TREASURE, AKMU, dan yang akan debut girl group Baby Monster. BIGBANG juga pernah menjadi artis YG Entertainment, tapi kini grupnya tengah hiatus panjang dan hanya G-Dragon yang masih bergabung dengan agensi tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)