Selfie Zayn Malik di Instagram Disebut Terkait Perayaan Iduladha

Senin, 03 Agustus 2020 - 10:31 WIB
loading...
Selfie Zayn Malik di Instagram Disebut Terkait Perayaan Iduladha
Zayn Malik posting selfie di Instagram dengan memakai garis hitam di bawah mata, yang disebut netizen sebagai bagian dari perayaan Iduladha. Foto/Miller Mobley, Billboard
A A A
LOS ANGELES - Pada 31 Juli lalu, Zayn bikin heboh netizen gara-gara posting-an selfie-nya di Instagram setelah nyaris dua bulan gak posting apa pun.

Posting-an ini jadi terasa makin istimewa, karena Zayn bahkan gak mem-posting apa pun saat mantan grupnya, One Direction, ulang tahun yang ke-10.

Meski disebut berulang kali oleh para personel One Direction dan Directioners, termasuk sampai masuk trending topic Twitter, Zayn tetap bergeming.

Terus, apa yang sampai bikin Zayn mau muncul di Instagram lagi, sampai posting selfie segala? ( )

Selfie Zayn Malik di Instagram Disebut Terkait Perayaan Iduladha


Sekilas, foto selfie yang diunggah Zayn pada 31 Juli itu biasa aja. Apalagi, unggahan itu gak dikasih caption sama sekali.

Dalam foto itu, selain memperlihatkan bulu matanya yang lentik banget, ada guratan hitam tipis di bawah mata Zayn.

Pastinya, banyak yang mengira bahwa musisi 27 tahun itu pake eyeliner. Tapi ternyata ada dua netizen yang menulis bahwa itu bukan eyeliner, melainkan surma.

Menurut mereka, surma dipakai sebagai tradisi orang-orang di Asia Selatan saat perayaan hari raya. Nah, kita tahu, 31 Juli adalah Hari Raya Iduladha. ( )

Selfie Zayn Malik di Instagram Disebut Terkait Perayaan Iduladha


Selfie Zayn Malik di Instagram Disebut Terkait Perayaan Iduladha


Karena selfie Zayn diunggah tanpa keterangan foto, kita jadi gak tahu pasti apakah betul Zayn pakai surma dan secara gak langsung mengucapkan "Selamat Hari Raya Iduladha" dengan menonjolkan tradisi asal negaranya kala hari raya umat muslim itu.

Yang pasti, selama ini kita tahu bahwa Zayn selalu bangga dengan akar budayanya, dan masih merayakan hari raya umat muslim sebagai sebuah budaya. Gigi Hadid, pacarnya yang berdarah Palestina, juga mengucapkan Hari Raya Iduladha di Instagramnya. Jadi, dugaan ini bisa jadi sangat benar.

Sekadar informasi, surma bagi masyarakat di India dan Pakistan memang istimewa, dan bukan sekadar kosmetik.

Menurut Zafar Alam Mahmood, SMS Zoha, Khan Usmanghani, Muhammad Mohtasheemul Hasan, Obaid Ali, Sarwat Jahan, Aftab Saeed, Rabail Zaihd and Misbah Zubair dalam tulisan ilmiah berjudul "Kohl (Surma): Retrospect and prospect" yang diterbitkan pada 2009, surma adalah tradisi di India, terkait kosmetik sekaligus pengobatan.

Selfie Zayn Malik di Instagram Disebut Terkait Perayaan Iduladha

Foto: Fatima Maroni-Rana/Pinterest

Istilah surma juga berbeda-beda di tiap daerah di India. Misalnya, Punjabi dan Urdu menyebutnya sirma atau surma. Hindu dan Urdu menyebutnya kajal, sementara orang Tamil menyebutnya kanmai.

Dulu, cuma orang tua yang pakai surma, tapi sekarang, dari anak muda sampai anak-anak memakai ini sebagai kosmetik dan untuk menonjolkan keindahan mata.

Selain itu, surma juga sering dipakaikan ke mata bayi yang baru lahir untuk mengusir roh jahat. Seperti yang ditulis netizen, surma juga sering dipakai kaum muslim saat hari raya, dan tiap Jumat. (Baca Juga: Sering Salah Duga, Ini Bedanya Introver, Asosial, dan Antisosial)

Surma disebut terbuat dari bubuk batu kohl yang sangat halus dan mengandung mineral.
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6931 seconds (0.1#10.140)