Cuma Ada 9, Ini Grup K-Pop yang Perbarui Kontrak dengan Full Member Asli

Rabu, 13 September 2023 - 16:49 WIB
loading...
Cuma Ada 9, Ini Grup K-Pop yang Perbarui Kontrak dengan Full Member Asli
Hanya ada sembilan grup K-pop yang memperpanjang kontrak dengan seluruh member asli, salah satunya adalah SEVENTEEN. Foto/Pledis Entertainment
A A A
JAKARTA - Puluhan grup K-pop bermunculan tiap tahunnya, tapi hanya segelintir yang mampu bertahan dengan formasi yang sama sekaligus memperbarui kontrak mereka di agensi yang sama pula.

Dalam Industri K-pop, sudah menjadi standar bahwa sebuah grup akan menjalani kontraknya selama tujuh tahun. Selama masa kontrak itu, banyak kasus anggota yang keluar dari grup, bahkan sebelum kontrak selesai. Atau yang lebih sering terjadi, setelah tujuh tahun kontrak pertama selesai, mereka membubarkan diri.

Karena itulah, sangat langka jika ada grup yang memperbarui kontraknya dengan agensi lama mereka, dengan format member yang sama dengan saat kontrak pertama.dimulai. Jumlahnya ternyata hanya ada sembilan dalam sejarah industri K-pop.



Berikut adalah sembilan grup tersebut yang sukses mempertahankan seluruh anggota aslinya sampai sekarang, mengutip dari Koreaboo. Perlu dicatat, bahwa daftar ini tidak mencakup seluruh anggota asli yang tetap berkumpul, tapi tidak dalam agensi yang sama, seperti GOT7 dan MAMAMOO. Juga yang member-nya keluar setelah kontraknya diperbarui, misalnya seperti Seungri BIGBANG, Jay Park 2PM, dan Jessica SNSD.

1. SEVENTEEN

Cuma Ada 9, Ini Grup K-Pop yang Perbarui Kontrak dengan Full Member Asli

Foto: Pledis Entertainment

Kisah pembaruan kontrak dengan full memberSEVENTEEN bersama Pledis Entertainment bisa dibilang menakjubkan. Pasalnya, mereka terdiri dari 13 member, dengan dua member berasal dari China dan Amerika Serikat. Jarak member tertua dan termuda juga cukup jauh, yaitu empat tahun.

Dengan perbedaan yang cukup signifikan itu, sangat luar biasa mereka semua mau melanjutkan kontrak dengan agensi yang sama. Perlu dicatat, SEVENTEEN debutpada 26 Mei 2015, dan memperbarui kontrak tujuh tahun mereka untuk yang kedua kalinya pada 19 Juli 2021.

2. SF9

Cuma Ada 9, Ini Grup K-Pop yang Perbarui Kontrak dengan Full Member Asli

Foto: FNC Entertainment

Pada 2 Maret 2021, seluruhmember SF9 yang jumlahnya sembilan orang memperbarui kontrak mereka dengan FNC Entertainment. Ini adalah kontrak tujuh tahun kedua mereka setelah debut pada 5 Oktober 2016.

Keputusan ini juga luar biasa, karena selain member mereka yang banyak, tiga di antaranya juga sibuk sebagai aktor. Mereka yaitu Rowoon, Chani, dan Dawon.

3. BTS

Cuma Ada 9, Ini Grup K-Pop yang Perbarui Kontrak dengan Full Member Asli

Foto: BigHit Music

Tentu saja BTS juga memperbarui kontrak mereka dengan formasi full grup pada 2018, setelah debut pada 13 Juni 2013 di bawah BigHit Entertainment (kini BigHit Music). Tak cuma memperpanjang kontrak, mereka juga mampu melahirkan perusahaan multilabel K-pop dan layanan lainnya di bawah bendera perusahaan HYBE.

Yang menarik, ketujuh member BTS awalnya sempat ingin bubar saat disodori perbaruan kontrak yang datang lebih awal. Ini terjadi setelah mereka sanggup menembus pasar Amerika Serikat pada 2017, yang membuat para member malah merasa tertekan dan lelah fisik serta mental. Untungnya, karena rasa percaya pada satu sama lain dan dukungan penuh dari ARMY, akhirnya mereka memutuskan untuk terus berkarya sebagai grup.

4. SHINee

Cuma Ada 9, Ini Grup K-Pop yang Perbarui Kontrak dengan Full Member Asli

Foto: SM Entertainment

Grup yang dinaungi SM Entertainment ini termasuk grup paling senior di antara semua grup K-pop, terutama yang masih eksis dengan formasi full member asli. Setelah kematian Jonghyun pada 2017, SHINee tetap bertahan, bahkan memperbarui kontrak ketiga mereka pada 2018 di bawah agensi yang sama.

SHINEE kini masih terdiri dari empat member. Mereka debut pada 2008, lalu memperbarui kontrak kedua pada 2014.

5. TWICE

Cuma Ada 9, Ini Grup K-Pop yang Perbarui Kontrak dengan Full Member Asli

Foto: JYP Entertainment

Girl groupsatu ini juga memilih memperpanjang kontrak dengan JYP Entertainment pada Juli 2022, yang seharusnya berakhir pada Oktober 2022. Grup dari survival show Sixteen ini berhasil mematahkan kutukan 7 tahun dengan jumlah member 9 orang, serta setengah berasal dari luar negeri yaitu Jepang dan Taiwan.

JYP Entertainment menyebutkan dalam pernyataannya bahwa TWICE sangat berperan penting untuk membangun agensi mereka dan menjadikannya lebih baik dan lebih besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)