5 Idol K-Pop yang Malah Dimusuhi oleh Fans-nya, Terbaru Seunghan RIIZE

Sabtu, 02 September 2023 - 16:34 WIB
loading...
5 Idol K-Pop yang Malah Dimusuhi oleh Fans-nya, Terbaru Seunghan RIIZE
Seunghan RIIZE belum debut resmi sebagai idol K-pop tapi sudah mendapat protes dari penggemar grup ini. Foto/SM Entertainment
A A A
JAKARTA - Para penggemar grup K-pop kerap melancarkan protes pada member atau idol yang mereka anggap melakukan tindakan yang tidak menyenangkan.

Sering kali, "tindakan yang tidak menyenangkan" itu sebenarnya bukan sebuah skandal atau tindakan yang melanggar hukum. Namun hanya sekadar bahwa perilaku sang idol tidak sesuai dengan ekspektasi para penggemar yang dipasang teramat tinggi, bahkan tidak masuk akal.

Berikut ini lima idol K-pop yang pernah menderita karena dimusuhi oleh para penggemar mereka.


1. Chen EXO

5 Idol K-Pop yang Malah Dimusuhi oleh Fans-nya, Terbaru Seunghan RIIZE

Foto: SM Entertainment

Pada 2020, Chen tiba-tiba mengumumkan bahwa ia akan segera menikah dengan kekasihnya yang saat itu sedang hamil. Mendengar kabar ini, EXO-L memberikan ucapan selamat, tapi sebagiannya malah menunjukkan sikap antipati, sampai-sampai 15 fansite EXO memutuskan untuk bubar sebagai tanda kecewa.

Tak cuma itu, para penggemar dari Korea bahkan menuntut agar Chen dikeluarkan dari EXO karena dianggap merusak citra grup idol yang sudah dibangun nyaris selama 10 tahun. Tak cuma mengeluarkan pernyataan protes secara tulisan, mereka juga sampai melakukan demonstrasi di COEX, salah satu lokasi eksibisi terbesar di Seoul.

Para penggemar yang tak puas juga berdemo di kampung halaman Chen, menuntut agar sang idol keluarkan dari EXO. Kebalikannya, EXO-L dari luar Korea justru mendukung Chen. Pada akhirnya, semua aksi demonstrasi itu gagal dan Chen tetap berada di dalam grup.

2. Seunghan RIIZE

5 Idol K-Pop yang Malah Dimusuhi oleh Fans-nya, Terbaru Seunghan RIIZE

Foto: SM Entertainment

Masih dari idol bentukan SM Entertainment, Seunghan yang baru akan debut pada 4 September mendatang sudah diminta keluar oleh penggemar grup baru ini. Mereka menggalang dana demi bisa mengirimkan truk protes ke kantor agensi agar segera 'mengusir' idol berusia 19 tahun itu.

Penyebabnya adalah karena beredarnya foto-foto Seunghan yang bermesraan dengan pacarnya saat itu, di tempat yangdiduga sebuah hotel. Foto ini dianggap mencoreng citra RIIZE dan member lainnya yang baru akan memulai aktivitas promosi mereka.

Meski begitu, penggemar RIIZE yang lain berargumen bahwa usia Seunghan sudah tergolong dewasa dalam hukum di Korea. Ini artinya, tindakannya itu tidak melanggar hukum dan tidak perlu terlalu dibesar-besarkan sampai menuntutnya keluar dari grup.

Adapun Seunghan meminta maaf atas perilakunya itu dan berjanji lebih menjaga diri. Penggemar yang mengikuti proses rekaman penampilan RIIZE dalam acara musik M COUNTDOWN juga menyebut bahwa Seunghan kembali meminta maaf pada penggemar yang datang sambil menangis.

3. Sungmin Super Junior

5 Idol K-Pop yang Malah Dimusuhi oleh Fans-nya, Terbaru Seunghan RIIZE

Foto: SM Entertainment

Sungmin Super Junior juga termasuk yang dimusuhi oleh fans-nya, dalam hal ini E.L.F. Semuanya gara-gara sang idol mengacuhkan harapan penggemar agar ia memberi pernyataan terkait hubungan cinta dan pernikahan diam-diamnya dengan aktris musikal Kim Sa-eun pada 2014.

Tak sekadar mengabaikan penggemar, Sungmin bahkan menggelar acara pernikahannya itu saat Super Junior tengah melakukan promosi dan konser di Jepang. Ini membuat E.L.F semakin marah dan kemarahan ini terus berlanjut.

Setelah peristiwa tersebut, Sungmin tak pernah lagi ikut comeback Super Junior meski grup tersebut mengeluarkan album pada 2017, 2019, 2021, dan 2023. Ia bahkan kini menjadi solois dan mengikuti kompetisi Mr. Trot 2, meski hingga kini tetap menjadi member Super Junior.

4. Moon Hee-Jun H.O.T

5 Idol K-Pop yang Malah Dimusuhi oleh Fans-nya, Terbaru Seunghan RIIZE

Foto: SM Entertainment

Club H.O.T memilih mencabut dukungan mereka terhadap Moon Hee-jun karena ia dianggap telah melakukan banyak kesalahan. Di antaranya adalah bersikap kasar pada penggemar, dianggap berbohong tentang pernikahan yang mendadak dengan member Pop Crayon Soyul, mengkritik sesama member, memanfaatkan H.O.T demi kepentingnan pribadinya, hingga menjual barang ilegal serta menghindari pajak.

Pemboikotan ini terjadi mulai Mei 2017, dengan petisi yang dikirimkan penggemar. Sang leader grup dari SM Entertainment ini pun akhirnya meminta maaf, dan mereka juga sempat melakukan reuni berlima di sebuah acara televisi pada 2018.


5. Ko Ji-Yong Sechs Kies

5 Idol K-Pop yang Malah Dimusuhi oleh Fans-nya, Terbaru Seunghan RIIZE

Foto: Marie Claire Korea


Kasus yang melibatkan Ko Ji-yong sangat menarik, karena pemblokiran dukungan terhadap sang idol justru terjadi 18 tahun setelah Sechs Kies bubar pada 2000. Saat reuni dalam acara Infinite Challenge pada 2016, Ji-yong juga sudah tidak ikut.

Namun boikot terjadi pada 2018, saat para penggemar meminta agar nama Ji-yong dihapus dari daftar member Sechs Kies di mesin pencarian di Korea. Hal ini pun dikabulkan oleh YG Entertainment sebagai agensi mereka.

Rupanya, Ji-yong yang terlibat dalam perusahaan Adetive Company memanfatkan para penggemar Sechs Kies untuk mempromosikan usahanya itu dengan cara licik. Penggemar diminta datang, tapi dalam promosinya diakui sebagai warga biasa. Karena kasus ini, Ji-yong pun terkena hukuman tak boleh lagi menggunakan nama Sechs Kies di profilnya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2739 seconds (0.1#10.140)