CERMIN: Rachel Weisz dalam Jangkauan Akting Luar Biasa

Rabu, 26 Juli 2023 - 13:53 WIB
loading...
CERMIN: Rachel Weisz dalam Jangkauan Akting Luar Biasa
Miniseri Dead Ringers menampilkan akting ganda Rachel Weisz yang memerankan karakter dokter kembar. Foto/Prime Video
A A A
JAKARTA - Tahun 2003. Rachel Weisz tampil dalam sebuah peran dalam The Shape of Things. Peran yang sekilas biasa-biasa saja tapi pelan-pelan mengubah tone film secara keseluruhan.

Dalam film The Shape of Thingsjuga muncul Paul Rudd sebagai pemeran utama. Paul dengan wajah bak bayi tanpa dosa dengan mudah dipermainkan oleh karakter yang diperankan oleh Rachel. Sejak itu kita tahu Rachel akan menjadi seorang aktris hebat.

Betul saja, tiga tahun setelah The Shape of Thingsdirilis, Rachel membawa pulang piala Oscar pertamanya dari film besutan Fernando Meirelles berjudul The Constant Gardener.



Salah satu kehebatan Rachel yang mungkin jarang dimiliki oleh aktris seangkatannya adalah kemampuan untuk memainkan peran-peran nyentrik, sinting, dan aneh di balik wajah cantiknya. Namun anehnya kita masih bisa memahami segala motivasi yang dilakukan di balik keeksentrikan itu. Pada 2023, kita tak hanya melihat 1 Rachel Weisz, tapi sekaligus 2 Rachel Weisz dalam miniseri Dead Ringers.

CERMIN: Rachel Weisz dalam Jangkauan Akting Luar Biasa

Foto: Prime Video

Dalam miniseri yang tayang di Prime Video tersebut, Rachel memainkan dua peran sekaligus: ia menjadi kakak beradik kembar identik, sepasang dokter kebidanan bernama Elliot dan Beverly Mantle. Bersiaplah untuk menikmati pertunjukan enam episode dari sebuah eksibisi dengan jangkauan akting luar biasa dari Rachel.

Dead Ringersterinspirasi dari film berjudul sama yang dirilis pada 1988 dan dibesut David Cronenberg. Sebuah film yang aneh tapi menarik, sesekali menjijikkan tapi menarik dan sering kali absurd, tapi sekali lagi tetap menarik. Versi miniserinya tidak sekadar melakukan copy paste dari filmnya tapi melakukan upgrade besar-besaran yang membuat kita bisa lebih memahami sikap dari duo kembar Mantle.

Kita diberi kesempatan untuk memahami mereka sebagai dokter yang sering kali ingin bertindak lebih menjadi Tuhan yang menciptakan manusia. Kita dibuat terkesima dengan bagaimana hubungan keduanya yang sering kali harmonis, sering kali berantakan dan sering kali tak terkendali. Terutama kita diminta untuk memahami tindakan demi tindakan yang diambil oleh keduanya demi kemajuan dunia kedokteran kebidanan.

Secara fisik Elliot mirip betul dengan Beverly. Namun perilaku keduanya sungguh berbeda. Elliot meledak-ledak, impulsif, menyebalkan, sementara Beverly sebaliknya. Namun pada banyak kesempatan, keduanya sering kali bertukar peran hanya untuk menyelamatkan yang lain.

CERMIN: Rachel Weisz dalam Jangkauan Akting Luar Biasa

Foto: Prime Video

Sebagaimana kembar pada umumnya, keduanya sesungguhnya tampil saling melengkapi dan sulit hidup tanpa keberadaan satu sama lain. Tapi akan datang saat keduanya harus menerima kenyataan bahwa keduanya mesti bisa hidup terpisah dan saling memisahkan diri satu sama lain.

Dalam rentang enam episode kita melihat bagaimana Dead Ringersmembangun semesta yang meyakinkan tentang bagaimana duo dokter kebidanan visioner yang sedang bekerja. Keduanya ingin memperbaiki kemungkinan perempuan beroleh keturunan, keduanya ingin memberi kesempatan lebih besar bagi perempuan untuk bisa mengandung anaknya sendiri. Terutama keduanya juga ingin membangun sebuah pusat layanan tempat kehamilan tak dianggap sebagai penyakit dan perempuan bukanlah pasien.

Di sinilah pengembangan signifikan yang dilakukan kreator Alice Birch dari versi filmnya. Miniseri Dead Ringersmencampurbaurkan studi tentang perilaku manusia, soal bagaimana medis sering kali bertabrakan dengan aspek legal dan bisnis, serta tak lupa untuk mendudukkannya dalam persoalan yang dialami manusia hari ini. Para dokter yang bertanggung jawab berada di tengah-tengahnya sebagai manusia biasa, juga sebagai ilmuwan yang bertanggung jawab untuk memajukan ilmu pengetahuan.

CERMIN: Rachel Weisz dalam Jangkauan Akting Luar Biasa

Foto: Prime Video

Dengan segala kompleksitas itu, Rachel Weisz menjadi pusat dari semesta Dead Ringers. Sulit sekali untuk tak terkagum-kagum melihatnya berpindah peran dengan mulus dari menit ke menit, dibuat takjub ketika menyaksikannya masuk ke tubuh Elliot yang mudah sekali bercinta dengan orang asing jika ia sedang ingin, dan kembali dibuat terpukau ketika ia menghuni tubuh Beverly yang menjaga betul perilakunya di depan orang banyak. Kecanggihan berakting level master ini sering kali membuat saya lupa bahwa Elliot dan Beverly diperankan oleh orang yang sama.



Skenario memang memberi ruang luas bagi Rachel untuk bersinar dalam kedua perannya dan juga memberi ruang bagi aktor lain untuk bersinar dengannya. Mungkin itulah kecanggihan seorang aktris hebat: ia tak merasa perlu untuk menguasai lampu sorot sendirian, ia berbagi lampu sorot itu dengan sesama aktor atau aktris lainnya.

Dalam Golden Globe tahun depan, saya tak bisa membayangkan jika Rachel tak beroleh nomine dari perannya dalam Dead Ringers. Dan siapa pula aktor atau aktris yang bisa melawan seorang aktris yang bisa memainkan peran ganda dengan sama baiknya?


Dead Ringers
Produser: Eric Pascarelli
Sutradara: Sean Durkin, Lauren Wolkstein, Karena Evans, Karyn Kusama
Penulis Skenario: Miriam Battye, Alice Birch, Rachel De-Lahay, Ming Peiffer, Susan Soon He Stanton
Pemain: Rachel Weisz, Britne Oldford, Poppy Liu

Ichwan Persada
Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2951 seconds (0.1#10.140)