5 Perbandingan Drakor Doctor Cha dan Dr Romantic 3, Drama Medis yang Jauh Beda

Selasa, 06 Juni 2023 - 18:15 WIB
loading...
5 Perbandingan Drakor Doctor Cha dan Dr Romantic 3, Drama Medis yang Jauh Beda
Perbandingan Doctor Cha dan Dr Romantic 3 bisa dilihat dari cerita serta ratingnya. Foto/JTBC, SBS
A A A
JAKARTA - Perbandingan drama Korea Doctor Cha dan Dr Romantic 3 bisa dilakukan antara lain lewat perolehan rating dan genrenya sertapara karakter yang tampil.

Doctor Cha dan Dr Romantic 3 jadi dua drama yang paling populer saat ini. Meski Doctor Cha baru saja tamat pada 4 Juni lalu, tapi keduanya masih cukup bersaing ketat pada minggu pertama Juni 2023.

Doctor Cha adalah kisah tentang Cha Jung-suk (Uhm Jung-hwa) yang kembali menjadi dokter residen setelah mengabdi 20 tahun sebagai ibu rumah tangga. Sedangkan Dr Romantic mengisahkan kehidupan para dokter dan staf rumah sakit di pedesaan.



Berikut ini perbandingan antara Doctor Cha dan Dr Romantic 3

1. Rating Bersaing Ketat

5 Perbandingan Drakor Doctor Cha dan Dr Romantic 3, Drama Medis yang Jauh Beda

Foto: JTBC

Doctor Cha mencetak rating tertingginya sebesar 18,5% yang jatuh pada episode finalnya. Adapun rating rata-ratanya sebesar 13,6%. Rating ini jauh lebih tinggi dibanding Divorce Attorney Shin yang tayang pada waktu yang sama di JTBC dengan catatan rating tertinggi 9,4%.

Jika dibandingkan dengan Dr Romantic 3, rating Doctor Cha juga sementara ini masih unggul. Rating tertinggi Dr Romantic 3 baru mencapai 14,4%. Serial ini tinggal menyisakan empat episode, jadi masih mungkin ratingnya melampaui Doctor Cha. Sebagai perbandingan, rating tertinggi Dr Romantic ada di season 1 episode 16 dengan angka 27,6%.

Perlu juga dicatat bahwa Doctor Cha tayang di TV kabel yang jangkauan penontonnya tak seluas stasiun televisi nasional SBS yang menayangkan Dr Romantic 3. Artinya, rekor rating yang dicatat Doctor Cha memang luar biasa. Bahkan serial ini duduk di peringkat keempat rating tertinggi sepanjang masa dari seluruh drama JTBC.

2. Genre Sama, Fokus Berbeda

5 Perbandingan Drakor Doctor Cha dan Dr Romantic 3, Drama Medis yang Jauh Beda

Foto: SBS

Doctor Cha dan Dr Romantic 3 sama-sama bergenre medis, romantis, dan komedi. Namun fokus cerita Doctor Cha lebih kepada kisah drama kehidupan orang dewasa dengan latar dunia kedokteran.

Cerita banyak berputar di sekitar perjuangan dokter Cha menyesuaikan diri dengan rekan-rekannya yang jauh lebih muda dibanding dirinya. Juga caranya menghadapi suaminya yang telah lama selingkuh darinya, bahkan sudah memiliki anak dengan selingkuhannya itu.

Cerita ini berbeda dengan Dr Romantic 3 yang lebih banyak menggambarkan situasi gawat darurat dan suasana di meja operasi Rumah Sakit Doldam. Adapun cerita romantis dan masalah pribadi para karakternya hanya dipakai sebagai cerita pendukung agar penonton lebih terikat secara emosional dengan para karakter tersebut.

Bisa dibilang, Dr Romantic 3 lebih cocok disebut sebagai drama medis dibanding Doctor Cha, meskipun judulnya sama-sama memakai kata "dokter".

3. Sifat Karakter Antagonis yang Berbeda

5 Perbandingan Drakor Doctor Cha dan Dr Romantic 3, Drama Medis yang Jauh Beda

Foto: JTBC

Perbandingan berikutnya dari Doctor Cha dengan Dr Romantic 3 adalah karakter antagonisnya. Dalam Doctor Cha, karakter antagonisnya adalah suami sang dokter yang bernama Seo In-ho (Kim Byung-chul). Meski reputasinya sebagai dokter bagus, tapi perilakunya sebagai individu, terutama pada dokter Cha sangat menyebalkan dan membuat penonton emosi setengah mati.

Seo In-ho bukan cuma selingkuh saat dokter Cha sibuk mengurus anak mereka selama puluhan tahun, tapi juga menolak menjadi donor ginjal bagi istrinya itu. Masih banyak lagi perilaku In-ho yang menyebalkan, yang membuat penonton berharap ia mendapat karma yang setimpal atas dosa-dosanya pada dokter Cha.

Ini berbeda dengan Dr Romantic 3 yang karakter antagonisnya lebih banyak dari orang-orang di luar Rumah Sakit Doldam. Karakter-karakter antagonis ini kadang juga tidak digambarkan sebagai karakter dua dimensi, membuat penonton jadi lebih bisa berempati pada mereka. Misalnya saja karakter Park Min-guk (Kim Joo-hun) dan Cha Jin-man (Lee Kyoung-young) yang seiring cerita berjalan hatinya melunak.

4. Kisah Doctor Cha Dianggap Lebih Relevan buat Penonton

5 Perbandingan Drakor Doctor Cha dan Dr Romantic 3, Drama Medis yang Jauh Beda

Foto: JTBC

Sebagian penonton merasa cerita Doctor Cha lebih relevan atau dekat dengan kehidupan masyarakat umum dibanding Dr Romantic 3. Kisah tentang kehidupan ibu rumah tangga yang kembali bekerja, rasa tidak percaya diri, suami yang selingkuh, hingga kebimbangan apakah akan mempertahankan rumah tangga atau mengejar kebahagiaan pribadi adalah hal-hal yang kerap dialami oleh masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)