It's Okay to Not Be Okay: 4 Teori soal Misteri Ruang Bawah Tanah Rumah Ko Mun-young

Its Okay to Not Be Okay: 4 Teori soal Misteri Ruang Bawah Tanah Rumah Ko Mun-young
Ruang bawah tanah Ko Mun-young bisa jadi adalah sumber dari masalah kesehatan mentalnya. Foto-foto/tvN, Netflix
JAKARTA - Walau udah mencapai 10 episode, drama "It's Okay To Not Be Okay" masih jauh dari titik terang. Masih banyak kejanggalan yang membuat kita bingung dan bikin jawaban sendiri dari teka-teki yang ada.

Dari semua misteri yang ada, kisah masa lalu kelam Ko Mun-young termasuk yang bikin penasaran. Gimana kesedihannya itu berawal?

Waktu Ko Mun-young pindah ke rumah lamanya, ruang bawah tanah digambarkan sebagai tempat keramat dan sumber dari trauma yang menghantuinya.

Mun-young kecil terlihat turun ke ruang bawah tanah dengan lantai berlumuran darah. Dia mengikuti jejak darah yang mengalir dari bawah pintu bawah tanah dan membuka kuncinya dan menemukan ibunya tergeletak.

Tapi, masih belum pasti ibunya udah mati atau belum, soalnya disebut bahwa dia menghilang gitu aja setelah menyelesaikan buku terakhirnya yang berjudul "The Murder of the Witch of the West”. Tetapi ibunya kemudian didaftarkan meninggal lima tahun setelah kepergiannya.

Mun-young mengaku bahwa walau dia kaya, tapi dia gak benar-benar bahagia. Sikapnya yang dingin dan 'diagnosis' gangguan kepribadian antisosialnya pun gak lain gak bukan sebenarnya adalah bentuk pertahanan dirinya supaya bisa melanjutkan hidup.

Nah, untuk menjawab misteri hidup Ko Mun-young, berikut beberapa teori yang bisa dibagikan. (Baca Juga: Terlihat Sederhana, Outfit Seo Ye Ji dalam Its Okay to Not Be Okay Ini Ternyata Nyaris Rp10 Juta )

1. IBUNYA KO MUN-YOUNG MASIH HIDUP

It's Okay to Not Be Okay: 4 Teori soal Misteri Ruang Bawah Tanah Rumah Ko Mun-young


Pada episode ke-10, saat hari ulang tahun Mun-young dan dia kesepian di rumah besarnya, dia kedatangan tamu. Tamunya adalah Ok-ran, salah satu pasien yang kabur di rumah sakit jiwa yang belakangan sering disorot karena dikira ibu kandung Mun-young. Ia datang secara mengejutkan sambil mengucapkan ulang tahun untuknya.

Meski begitu, kita masih belum yakin apakah dia ibu kandung Mun-young atau hanya penggemar buku yang ditulis ibu Mun-young dan terobsesi dengan kehidupan penulis tersebut. Ada teori lain yang menyebutkan ibu Mun-young adalah kepala perawat di rumah sakit jiwa itu, karena belakangan keduanya sering disorot dengan misterius.

Sebelumnya, Kang Eun-ja, salah satu pasien di rumah sakit, juga sempat merasa dirinya adalah ibu Mun-young dan berharap Mun-young kenal dengannya meskipun dia udah operasi plastik.

2. IBUNYA KO MUN-YOUNG ADALAH PSIKOPAT ANTAGONIS

It's Okay to Not Be Okay: 4 Teori soal Misteri Ruang Bawah Tanah Rumah Ko Mun-young


Mengutip whatthekpop.com, sejak awal diceritakan ibu Mun-young memperlakukannya hanya sebagai objek, sampai pada tahap menganggap Mun-young adalah mahakarya miliknya. Ibunya mengancam akan menyakiti orang-orang yang dekat dengannya. Karena itu pula, Mun-young dikurung di rumahnya dan selalu menolak Moon Kang-tae waktu kecil.

Mun-young sering mimpi buruk yang melibatkan ibunya dan kehadiran sang ibu yang mengancam dirinya. Kita dituntun untuk meyakini bahwa ruang bawah tanah adalah tempat ibu Mun-young menemui ajalnya, atau sebenarnya itu adalah sumber dari penyiksaan ibu Mun-young terhadap anaknya? (Baca Juga: Hal-Hal yang Bikin Penasaran dalam Serial Its Okay to Not Be Okay )

3. KO DO-HWAN, AYAH KO MUN-YOUNG MEMBUNUH ISTRINYA

It's Okay to Not Be Okay: 4 Teori soal Misteri Ruang Bawah Tanah Rumah Ko Mun-young


Dulu, rumah besar keluarga Mun-young sengaja dibangun oleh ayahnya demi kebahagaiaan sang istri. Ia membuat rumah itu jauh dari keramaian di tengah hutan, kemungkinan untuk menjauhkan perilaku berbahaya istrinya agar gak menyakiti orang lain. Pada masa sekarang, Ko Do-hwan, kini pasien demensia, sering berhalusinasi melihat istrinya yang disebut seperti monster.

Namun, itu sebenarnya adalah Mun-young yang telah tumbuh menjadi mirip ibunya. Walau Do-hwan mulai hilang ingatan, tapu naluri kengerian saat melihat istrinya tampaknya masih terus dia ingat. Ia sering berhalusinasi bahwa istrinya akan membunuhnyakalau dibiarkan hidup. Jadi setiap melihat sosok yang mengingatkannya pada istrinya, ia akan mencekik orang tersebut.
halaman ke-1
Share: