3 Cara Hadir di Red Carpet Cannes Film Festival meski Tak Main Film

Selasa, 23 Mei 2023 - 13:27 WIB
loading...
3 Cara Hadir di Red Carpet Cannes Film Festival meski Tak Main Film
Raline Shah termasuk aktris yang bisa hadir di Cannes Film Festival meski filmnya tak diputar di sana. Foto/Twitter @itgirlenergy
A A A
JAKARTA - Sejumlah selebritas yang filmnya tidak diputar di Cannes Film Festival maupun yang bukan berasal dari industri perfilman tampil dalam red carpet perhelatan prestisius itu.

Nama-nama seperti Rose BLACKPINK, girl group K-pop aespa, Cinta Laura, Putri Marino, hingga Raline Shah bisa hadir meski mereka bukan pemain film atau filmnya tidak diputar di perhelatan tersebut.

Ini bukan hal yang aneh karena perhelatan yang pertama kali digelar pada 1946 tersebut punya beberapa jalur untuk membuat siapa pun bisa datang ke acara tersebut. Meski begitu, caranya tidak semudah yang dibayangkan karena acara ini sebenarnya tidak terbuka untuk masyarakat umum.



Perlu diketahui, selain pemutaran film-film terbaru, Cannes Film Festival 2023 juga punya Marche du Film. Ini adalah pasar film yang dihadiri oleh perwakilan perusahaan film di seluruh dunia untuk menawarkan film-film mereka kepada distributor.

Rangkaian acara Cannes Film Festival 2023 berlangsung pada 16-27 Mei di Kota Cannes, Prancis. Sejumlah selebritas pun sudah dan akan terlihat menghadiri dan berjalan di red carpet Cannes Film Festival tersebut,

Nah, berikut ini tiga cara untuk bisa hadir di Cannes Film Festival, bahkan ikut berlaga di red carpet-nya.

1. Jadi Duta Salah Satu Sponsor Cannes Film Festival

3 Cara Hadir di Red Carpet Cannes Film Festival meski Tak Main Film

Foto: SM Entertainment

Mereka yang filmnya tidak diputar di perhelatan tersebut tetap bisa hadir di Cannes Film Festival. Salah satunya adalah berkat undangan dari pihak sponsor yang menjadikan mereka sebagai brand ambassador.

Inilah yang terjadi pada Putri Marino, Cinta Laura, serta aespa. Dua nama pertama bisa hadir pada tahun ini karena mereka adalah juru bicara (spokeperson) dari L'Oreal Indonesia, perusahaan kosmetik dari Prancis.

Sebelumnya, Dian Sastrowardoyo juga pernah hadir di Cannes Film Festival lewat jalur sponsor tersebut. Tentu saja, tak cuma di Indonesia, L'Oreal dari berbagai negara juga mendatangkan dutanya ke acara tersebut. Antara lain yang pernah hadir adalah aktris India Deepika Padukone dan Aishwarya Rai.

Begitupun dengan aespa yang datang sebagai brand ambassador dari Swiss Chopard. Label perhiasan mewah ini juga adalah sponsor resmi Cannes Film Festival sejak 1997.

2. Mendapatkan Undangan Pemutaran Film

3 Cara Hadir di Red Carpet Cannes Film Festival meski Tak Main Film

Foto: Getty Images

Jika seorang selebritas punya koneksi yang luas dan bagus, ia juga bisa diundang menghadiri pemutaran perdana (premiere) film di Cannes Film Festival. Ini yang terjadi pada Rose BLACKPINK dan Raline Shah.

Rose BLACKPINK hadir di festival film tersebut karena mendapat undangan untuk pemutaran film Jepang berjudul Monster. Film ini disutradarai oleh Hirokazu Kore-eda yang pernah menggarap film Like Father, Like Son dan Shoplifters.

Sementara Raline Shah datang sebagai tamu undangan untuk pemutaran film sutradara Martin Scorsese, Killers of the Flower Moon. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Tahun lalu, Raline juga hadir sebagai tamu untuk pemutaran film Prancis Forever Young (Les Amandiers).


3. Pakai Gaun Bagus dan Menunggu Pembagian Tiket

3 Cara Hadir di Red Carpet Cannes Film Festival meski Tak Main Film

Foto: Getty Images

Mengutip India Today, jika beruntung, orang biasa juga bisa membeli tiket yang tersisa pada menit-menit akhir pemutaran film. Meski begitu, mereka harus berdandan mewah dengan gaun dan sepatu hak tinggi hingga 15 cm untuk perempuan, dan memakai jas (suits) untuk pria.

Mereka yang berpakaian mewah ini biasanya menunggu di paviliun dekat lokasi red carpet. Sekitar pukul 16.00-16.30 waktu setempat, jika ada tiket tersisa, mereka bisa membeli sekaligus berjalan di red carpet.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)