Produser dan Penulis Lagu IU Angkat Suara soal Tuduhan Plagiarisme

Kamis, 11 Mei 2023 - 17:11 WIB
loading...
Produser dan Penulis Lagu IU Angkat Suara soal Tuduhan Plagiarisme
Produser dan penulis lagu yang dinyanyikan IU buka suara atas tuduhan plagiarisme atas lagu yang mereka buat. Foto/EDAM Entertainment
A A A
JAKARTA - Produser serta penulis lagu yang dinyanyikan IU buka suara atas tuduhan yang dilontarkan kepada sang artis.

Produser Lee Min-soo yang menangani lagu Good Day dan The Red Shoes menyampaikan pernyataannya lewat akun Instagram @haha9094. Ia dengan tegas membantah bahwa dua karyanya yang dilaporkan merupakan hasil plagiat dari lagu lain.

Ia mengatakan bahwa dirinya sadar bahwa lagu The Red Shoes yang dinyanyikan IU pada 2013 pernah mendapat tuduhan plagiat. Saat itu, ia sudah membantah tuduhan itu.

Dalam pernyataan terbarunya, Lee Min-soo kembali membantah tudingan plagiarisme. Ia juga meminta agar orang yang melaporkan IU ke kantor polisi di Gangnam tidak merusak reputasi IU sebagai penyanyinya.

Sementara itu, penulis lagu BBI BBI Lee Jong-hoon juga mengatakan bahwa dirinya tidak melakukan plagiat saat menulis lagu itu. Lebih lanjut, ia juga mengatakan lewat akun Instagram-nya, @johnlee_letsoundope, bahwa sang penuntut salah sasaran jika tuduhannya diajukan ke IU.



"Hak ciptanya ada di saya, jadi kalau ada yang ingin menuntut seharusnya diajukan ke saya," ujarnya, mengutip dari Koreaboo.

"Tuduhan yang dilaporkan oleh pihak ketiga juga tidak memberikan implikasi hukum apa pun. Saya pikir ini jelas bahwa tujuan pelaporan itu adalah untuk merusak reputasi sang penyanyi dibanding mencari solusi hukum," imbuhnya.

Lee Jong-hoon juga mengatakan bahwa dirinya juga sudah mengontak EDAM Entertainment selaku agensi IU, tapi ia belum diizinkan melihat detail tuntutannya. Ia menyatakan siap menindaklanjuti jika sudah diberi akses.

Seperti diketahui, pada 8 Mei lalu, seseorang yang tak disebutkan namanya melaporkan IU atas plagiarisme terhadap enam lagu yang dinyanyikannya, yaitu Pitiful (2009), Boo (2009), Good Day (2010), The Red Shoes (2013), BBI BBI (2018), dan Celebrity (2021).



Namun sang pelapor bukanlah pihak pertama yang dirugikan. Namun ia berkilah bahwa pihak ketiga bisa tetap mengajukan laporan berdasarkan dugaan atas "perilaku plagiarisme demi mendatangkan keuntungan".
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)