8 Serial Thriller Whodunit Penuh Misteri dan Twist Kejutan

Minggu, 02 April 2023 - 23:46 WIB
loading...
8 Serial Thriller Whodunit Penuh Misteri dan Twist Kejutan
Serial whodunit akan membuat penonton penasaran sampai akhir untuk tahu apa yang terjadi dengan protagonis dan siapa sebenarnya pelaku kejahatan di ceritanya. (Foto: Viki)
A A A
Serial whodunit akan membuat penontonnya penasaran sampai akhir. Whodunit adalah ceria misteri yang merahasiakan identitas penjahatnya sampai akhir ceritanya. Serial whodunit yang ditulis dengan baik akan membuat penontonnya terus terpusat pada cerita sampai ogah beranjak dari tempatnya saking penasaran.

Whodunit biasanya melibatkan aksi seorang detektif yang menginvestigasi kejahatan, sebagian besar, kalau tidak selalu, adalah pembunuhan. Mau itu pembunuhan tunggal atau berantai, serial seperti ini akan mengajak penonton ikut menebak-nebak siapa pelaku atau dalang sesungguhnya peristiwa tersebut. Salah satu serial whodunit yang mungkin telah ditonton banyak orang adalah Detective Conan.

Di ranah live-action, serial kriminal dengan investigasi polisi atau FBI sering kali masuk kategori ini. Tak heran kalau serial whodunit ini akan membuat penontonnya betah dan bahkan ketagihan dengan ceritanya. Apa pun pembunuhan dan dalangnya, metodenya selalu berlainan dan bikin penasaran. Apa saja serial whodunit yang seru dan penuh twist mengejutkan? Simak rekomendasinya berikut!



8. Criminal Minds

8 Serial Thriller Whodunit Penuh Misteri dan Twist Kejutan

Foto: TV Guide

Season: 16
Pemeran: Joe Mantegna, Paget Brewster, AJ Cook, Adam Rodriguez, Kirsten Vangsness, dll
Tayang: Disney+ Hotstar

Criminal Minds berfokus pada sekelompok agen khusus di Unit Analisis Perilaku di FBI. Tugas utama mereka adalah mencari petunjuk tentang pelaku kejahatan, umumnya pembunuh berantai, yang disebut unsub. Petunjuk itu bisa mereka dapatkan dari menganalisis perilaku unsub di lokasi kejadian. Dari situ, jenis kelamin, ciri-ciri fisik atau psikis unsub ini bisa diketahui.

Criminal Minds tidak sepenuhnya whodunit. Di sejumlah episode, penonton akan diberitahu siapa pelaku sesungguhnya kejahatan itu. Tapi, di episode lain, serial ini benar-benar merahasiakan pelakunya sampai penonton pun kesulitan menebaknya. Belum lagi, twist kejutan menanti mereka di akhir episode.

7. Only Murders in the Building

8 Serial Thriller Whodunit Penuh Misteri dan Twist Kejutan

Foto: The Hollywood Reporter

Season: 2
Pemeran: Steve Martin, Martin Short, Selena Gomez, dll
Tayang: Disney+ Hotstar

Serial ini berkisah tentang tiga orang amatiran, yaitu Charles Haden-Savage, Oliver Putnam, dan Mabel Mora. Mereka semua tinggal di sebuah apartemen di Upper Westside dan sama-sama suka podcast true crime. Mereka memutuskan bekerja sama untuk menginvestigasi sebuah pembunuhan yang terjadi di apartemen tempat mereka tinggal.

Di season pertama, setelah kematian mencurigakan di gedung apartemen tempat mereka tinggal, trio utama serial ini memulai podcast tentang investigasi mereka. Di season kedua, ketiga orang itu malah menjadi tersangka di pembunuhan keji warga gedung tersebut. Chemistry para pemerannya dan narasinya yang dibuat dengan baik membuat serial ini enak ditonton.

6. Beyond Evil

8 Serial Thriller Whodunit Penuh Misteri dan Twist Kejutan

Foto: Forbes

Season: 1
Pemeran: Shin Ha-kyun, Yeo Jin-goo, Choi Sung-eun, dll
Tayang: Netflix

Perumpanaan filosofis tentang hubungan manusia dalam bentuk whodunit, Beyond Evil tanpa ampun menggoda audiensnya dengan ceritanya yang tidak bisa diandalkan. Serial ini memberikan fakta bagi penonton dan memberikan mereka menjadi detektifnya. Sama seperti Han Joo-won, seorang detektif muda yang melakukan misi menutup kasus yang tidak bisa dilakukan ayahnya. Serial ini secaraa kompeten mendistribusikan pertanyaan dan jawaban, dengan tidak membiarkannya menjadi tumpukan teka teki dan tema.

Semakin jauh Joo-won melakukan investigasi, semakin personal investigasi itu. Dari seorang pengamat yang cuek, dia menjadi peserta aktif. Dengan cara ini, cerita detektif klasik itu berubah menjadi perjalanan psikologis—hingga ke perasaan dan memori yang terkubur di ruang bawah jiwa.

5. Invisible

8 Serial Thriller Whodunit Penuh Misteri dan Twist Kejutan

Foto: Midgard Times

Season: 1
Pemeran: Issey Takahashi, Kou Shibasaki, Kenta Kiritani, dll
Tayang: Netflix

Invisible adalah drama asal Jepang yang mengajak penontonnya terus menebak-nebak siapakah dalang semua kejahatan yang terjadi. Serial ini berfokus pada Takafumi Shimura, seorang detektif yang bekerja dengan keyakinan obsesif kalau penjahat harus dihukum. Karena sikapnya yang berlebihan, dia dipindah ke tim investigasi khusus yang mengerjakan kasus yang belum terselesaikan. Dia diperintahkan bekerja bersama Kiriko.

Kiriko dikenal sebagai Invisible, coordinator kejahatan dunia bawah tanah. Dia memediasi transaksi kejahatan terorganisasi. Kiriko tidak terendus radar siapa pun dan bahkan hanya orang di departemen kepolisian yang menyadari keberadaannya. Suatu hari, Kiriko tiba-tiba menawarkan bantuan untuk menangkap penjahat. Dia bersedia memberikan infomasi terkait kasus yang belum terselesaikan dan penjahat yang kasar. Satu-satunya syarat yang dia ajukan adalah bekerja dengan Takafumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)