7 Lagu Hidden Track BTS, Terbaru dari Jimin

Sabtu, 25 Maret 2023 - 17:12 WIB
loading...
7 Lagu Hidden Track BTS, Terbaru dari Jimin
BTS punya tujuh hidden track alias lagu yang disembunyikan yang bahkan penggemar pun belum tentu tahu. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Hidden track mengacu beberapa hal, tapi pada era digital ini, biasanya mengarah pada lagu yang hanya bisa didengarkan di album fisik, bukan di platform streaming musik.

Sebelum era streaming, sebuah lagu yang tergolong hidden track biasanya 'disembunyikan' di akhir album. Kadang, lagu tersebut juga baru bisa didengarkan setelah ada jeda sunyi cukup lama (sekitar 5-10 detik) setelah lagu terakhir.

BTS termasuk yang juga memiliki lagu tersembunyi, yang hanya bisa didengarkan di album versi CD. Mereka sudah memiliki hidden track sejak 2013 hingga album antologinya yang dirilis pada 2022.



Berikut ini tujuh hidden track dari BTS yang hanya sedikit orang tahu, bahkan termasuk penggemar mereka.

1. Skit: On the Start Line



Skit: On the Start Line adalah hidden track pertama dari BTS, yaitu sebagailagu ke-8 dari mini-album 2 Cool 4 Skool yang dirilis pada 12 Juni 2013. Skit ini dibawakan oleh RM seorang diri, dengan iringan piano.

Skit adalah istilah yang sering dipakai dalam budaya musik rap dan hip-hop, yang awalnya terkait sebuah adegan pendek komedi.Isinya biasanya adalah sebuah pernyataan atau percakapan tentang satu atau banyak topik. Topik itu ditempatkan dalam sebuah konteks, atau sebagai sebuah prolog.

Dalam skit ini, RM bisa dikatakan lebih seperti membaca puisi dibanding berbicara atau nge-rap. Puisi ini menceritakan makna menjadi seorang traineebaginya, lengkap dengan harapan dan kegelisahannya.

2. Path



Path adalah hidden track kedua atau lagu ke-9 dari 2 Cool 4 Skool, tepat setelah Skit: On the Start Line. Lagu hip-hop ini ditulis dan diproduseri oleh RM, J-Hope, Suga, Bang Si-hyuk, dan Pdogg.

Lirik Path punya tema yang sama dengan skit sebelumnya, yaitu menceritakan tentang masa-masa menjadi trainee idol yang penuh dengan ambisi sekaligus keraguan tentang masa depan mereka. BTS mempertanyakan apa yang terjadi jika mereka mengambil jalan (path) yang berbeda, dan apa yang akan mereka temukan pada masa depan sebagai seorang idol K-pop.

3. Skit: Hesitation and Fear



Kembali ke format skit, Hesitation and Fear menjadi track ke-10 dari mini-album Love Yourself: Her versi CD yang dirilis pada 18 September 2017. Skit ini berdurasi lebih dari delapan menit, dan diawali dengan cuplikan pengumuman kemenangan pertama BTS dalam ajang Billboard Music Awards pada Mei 2017.

Skit: Hesitation and Fear adalah percakapan antar-member BTS dengan banyak topik, mulai dari Billboard, Grammy, masa trainee mereka, hingga keinginan untuk terus membuat lagu yang bermakna. Mereka juga mengungkapkan citra positif para member BTS yang ingin ditonjolkan pada publik.

4. Sea



Sea adalah hidden track berikutnya setelah Skit: Hesitation and Fear, masih dari album yang sama. Lagu ini ditulis dan diproduseri oleh RM, Slow Rabbit, Suga, dan J-Hope.

Lagu dengan iringan piano dan gitar yang syahdu ini mengulang kembali istilah "ocean/sea" (lautan) dan "desert" (gurun pasir) yang diungkapkan RM dalam Skit: On the Start Line. Dua istilah ini mengacu pada kesuksesan dan kejayaan yang didapatkan oleh BTS ("ocean"), sedangkan "desert" adalah segala kekhawatiran dan kegelisahan mereka akan kepopuleran yang didapatkan.

BTS mengungkapkan segala rintangan yang berhasil mereka lalui, serta pernyataan bahwa harapan dan keputusasaan adalah bagai dua sisi sebuah mata uang.

5. Young Love

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2536 seconds (0.1#10.140)