7 Drama Korea yang Bikin Ngantuk tapi Sebenarnya Masterpiece

Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:10 WIB
loading...
7 Drama Korea yang Bikin Ngantuk tapi Sebenarnya Masterpiece
Sebagian penontonnya menilai Reply 1988 adalah drakor yang bikin ngantuk, padahal ini salah satu serial terbaik yang legendaris. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Beberapa drama Korea dianggap punya alur yang lambat hingga bikin ngantuk. Namun justru ini adalah serial-serial masterpiece sekaligus legendaris.

Drama Korea memang kadang menampilkan alur yang bergerak lamban alias slow burn. Ritme yang lambat ini biasanya dipakai untuk membangun fondasi cerita dan karakter-karakternya, agar penonton bisa berempati atau memahami perilaku-perilaku yang akan dilakukan mereka pada episode-episode selanjutnya.

Drama-drama ini umumnya juga tidak punya karakter antagonis, ceritanya juga tidak dramatis atau punya konflik ekstrem yang didorong oleh sebuah peristiwa besar atau tragis. Alih-alih, konfliknya bak kehidupan sehari-hari manusia biasa, dan berjalan dengan mengandalkan kekuatan karakter dan keputusan-keputusan yang mereka ambil.



Inilah yang sering membuat penonton tak sabar saat menontonnya, terutama bagi mereka yang berharap untuk langsung menyaksikan 'ledakan' yang membuat emosional. Ujung-ujungnya, sebagian malah tertidur atau bosan saat baru menyaksikan satu-dua episode awal.

Berikut ini tujuh drama Korea yang sebagian penonton menganggap bikin ngantuk, tapi diakui punya kualitas cerita yang baik, bahkan ada yang tergolong mahakarya alias masterpiece.

1. Reply 1988 (2015)

7 Drama Korea yang Bikin Ngantuk tapi Sebenarnya Masterpiece

Foto: tvN

Penggemar drama Korea atau bukan, pencinta film dan serial pasti tahu tentang Reply 1988. Inilah drama legendaris yang kerap trending di Twitter bahkan hingga kini, karena selalu disebut-sebut setiap kali pembicaraan tentang drakor legendaris dan terbaik muncul.

Meski begitu, sebagian orang menganggap drama ini bikin ngantuk karena ceritanya berjalan lambat. Memang, episode-episode awal dipakai untuk membangun cerita dan pengenalan karakter-karakternya, jadi bisa dibilang tak ada konflik berarti yang disajikan. Semuanya berjalan layaknya kita menonton kehidupan orang-orang biasa yang menjalani kesehariannya.

Namun seiring cerita berjalan, momen-momen suka dan duka serta hubungan antarkarakternya membuat para penonton ikut emosional. Karakter-karakter ikonis seperti si sad boy Jung-pal hingga kakak judes Bora juga selalu sanggup membawa nostalgia tiap nama mereka atau judul dramanya disebut kembali.

2. Hospital Playlist (2020-2021)

7 Drama Korea yang Bikin Ngantuk tapi Sebenarnya Masterpiece

Foto: tvN

Sama seperti Reply 1988, Hospital Playlist juga tak punya karakter antagonis. Penulis skenarionya pun sama, yaitu Lee Woo-jung. Tak heran, cara bercerita antara dua drama ini juga mirip, yaitu pelan-pelan membangun emosi penonton lewat peristiwa-peristiwa kecil yang penuh arti.

Reply 1988 bercerita tentang hubungan persahabatan antar-anak SMA serta keluarga mereka, dan Hospital Playlist juga membicarakan hal yang sama, tapi dengan latar dunia medis. Salah satu momen paling slow burn dalam drama ini adalah tentang hubungan antara Ik-jun dan Song-hwa. Mereka harus melalui perjalanan cinta, putus, termasuk bercerai, sebelum akhirnya menemukan orang yang tepat.

3. Our Beloved Summer (2021)

7 Drama Korea yang Bikin Ngantuk tapi Sebenarnya Masterpiece

Foto: SBS

Drama Korea yang dibintangi Choi Woo-shik dan Kim Da-mi ini ratingnya sangat kecil di Korea meski tayang di SBS. Sebagian juga ada yang mengaku mengantuk dan tertidur saat menontonnya.

Namun drama romantis dan coming of age ini sangat populer di pasar global. Ceritanya memang lambat, tapi justru penuh dengan adegan manis yang memperlihatkan bagaimana dua anak manusia yang sebenarnya masih saling cinta saling memberi perhatian, tapi takut mengalami kembali kegagalan cinta.

4. My Liberation Notes (2022)

7 Drama Korea yang Bikin Ngantuk tapi Sebenarnya Masterpiece

Foto: JTBC

Sama seperti Our Beloved Summer, My Liberation Notes juga adalah drama Korea underrated. Rating drama ini sempat terus turun, tapi setelah dipromosikan oleh beberapa seleb, termasuk Gong Yoo, orang-orang mulai menaruh perhatian pada drama kehidupan dari JTBC ini.

My Liberation Notes sejak awal tidak menawarkan kenyamanan atau pelarian dari realitas kehidupan. Justru serial ini membawanya langsung ke hadapan penonton. Lewat karakter perempuan introvert yang hidupnya sangat biasa saja, penonton diajak mempertanyakan tentang hidup dan kebahagiaan.

5. My Mister (2018)

7 Drama Korea yang Bikin Ngantuk tapi Sebenarnya Masterpiece

Foto: tvN
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)