Arti Tato Jimin BTS dalam Video Musik Set Me Free Pt.2

Jum'at, 17 Maret 2023 - 13:12 WIB
loading...
Arti Tato Jimin BTS dalam Video Musik Set Me Free Pt.2
Arti tato Jimin BTS dalam video musik Set Me Free Pt.2 adalah tentang perjalanan hidup. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Dalam video musik Set Me Free Pt.2, tubuh bagian depan Jimin BTS dipenuhi oleh tato yang berisi tulisan dalam bahasa Jerman. Video itu dirilis pada Jumat (17/3) pukul 11.00 WIB.

Set Me Free Pt.2 adalah lagu pre-release dari album solo pertama Park Jimin yang bertajuk FACE. Album tersebut akan dirilis pada 24 Maret 2023, bersamaan dengan perilisan title track berjudul Like Crazy.

Dalam video musik tersebut, tubuh bagian depan Jimin penuh dengan tato bertuliskan bahasa Jerman. Seorang ARMY menemukan bahwa tulisan itu diambil dari puisi berjudul Ich lebe mein Leben in wachsenden Ringen (I Live My Life In Widening Circles) karya penyair Austria Rainer Marie Rilke (1875-1926).

Rilkesering disebutsebagai penyair berbahasa Jerman terbesar pada abad ke-20. Meski begitu, ia juga menulis ratusan puisi dalam bahasa Prancis.



Berikut ini isi puisi I Live My Life In Widening Circles beserta terjemahannya.

I live my life in widening circles
That reach out across the world
I may not complete this last one
But I give myself to it
I circle around God, around the primordial tower
I've been circling for thousands of years
And I still don't know: am I a falcon, A storm, or a great song?

Arti Tato Jimin BTS dalam Video Musik Set Me Free Pt.2

Foto: BigHit Music

"Aku menjalani hidup dalam lingkaran yang terus melebar dan menjangkau dunia
Aku mungkin tidak mampu menyelesaikannya hingga akhir, tapi aku berusaha sepenuhnya
Aku mengelilingi Tuhan, mengelilingi menara purba
Aku sudah berputar-putar selama ribuan tahun
Dan aku masih tidak tahu: apakah aku elang, badai, atau lagu yang bagus?"

Puisi ini bisa diartikan sebagai pernyataan seseorang yang sudah menjalani banyak asam garam kehidupan. Ia menjalani hidupnya dengan sepenuh hati, tapi hingga kini masih belum menngetahui makna dirinya dalam kehidupan semesta.

Puisi ini bisa juga diartikan sebagai gambaran orang yang bijak, yang terus berubah dan beradaptasi demi mengenali dirinya.

Tampaknya, puisi ini dipakai karena dianggap sejalan dengan lirik lagu Set Me Free Pt.2. Lagu yang liriknya ditulis oleh Jimin bersama GHOSTLOOP, Pdogg, dan Supreme Boi ini menggambarkan dirinya yang melihat tantangan dan rintangan dalam kehidupannya yang dulu, dan cara ia mengatasinya.

Jimin juga mengatakan penting untuk digarisbawahi bahwa dalam lirik dan video musiknya, ia sendiri yang membebaskan dirinya dari badai kehidupan. "Pada akhirnya, aku yang harus membebaskan diriku sendiri," ujarnya dalam wawancara dengan Consequence.

Arti Tato Jimin BTS dalam Video Musik Set Me Free Pt.2

Foto: BigHit Music

Bagi ARMY, Judul lagu ini sangat mungkin mengingatkan pada lagu solo rekannya di BTS, Suga, yang merilis lagu berjudul sama pada 2020 di bawah alter ego Agust D, dan masuk dalammixtape D-2. Meski begitu, penyanyi berusia 27 tahun itu mengatakan bahwa kedua lagu itu tidak memiliki kaitan langsung, selain bahwa liriknya yang sama-sama tentang keinginan untuk melepaskan diri dan meraih kebebasan.

Untuk menggambarkan lirik ini, Jimin menampilkan visual yang mendebarkan, sekaligus menggambarkan dirinya yang merupakan seorang penampil (performer) sejati. Visual videonya juga mengingatkan pada video musik BTS lainnya, yaitu ON, Black Swan, juga sedikit dari Interlude: Shadow.

Video musik Set Me Free Pt.2 diawali dengan paduan suara yang memasang moodkelam. Para penari memakai kostum hitam, dan Jimin yang memakai kostum berwarna sama tampak seperti air yang mengalir mengikuti gerak tari para penari.

"Aku sudah merasakan pengalaman yang bagus/Sekarang saatnya waktuku/Aku berjalan ke labirin/Energi dan malam/Aku tidak akan berhenti, aku tidak akan berhenti," nyanyi Jimin pada verse pertamanya.

Arti Tato Jimin BTS dalam Video Musik Set Me Free Pt.2

Foto: BigHit Music

Pada verse dua, Jimin tampaknya menggambarkan kehidupannya yang penuh rintangan karena latar belakang tempat yang tadinya berwarna putih berubah menjadi gelap. Sementara liriknya berbunyi, "Aku merasa terpuruk, masih di dalam labirin, tapi aku tak punya waktu untuk menghancurkan diriku. Hey, bodoh, minggirlah, diamlah, aku tetap berjalan".

Setelah melakukan perlawanan dengan tarian yang makin intens dan penampakan tato di seluruh tubuh bagian atas, Jimin terlihat bisa lepas dari badai yang menghampirinya. Lirik, "Lihatlah aku sekarang, aku tidak akan berhenti meski kalian menghinaku. Tetap gila supaya tetap waras. Angkat tanganmu untuk masa laluku" terasa pas dengan adegan tersebut.



Video musikSet Me Free Pt.2 ditutup dengan Jimin yang berhasil keluar dari badai yang diumpamakan oleh para penari yang menari dengan intens. Ia lalu terlihat berdiri tegak dengan memakai baju putih, dan tato bulan di punggungnya terlihat sedang dalam proses menjadi bulat sempurna.

(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)