6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir

Senin, 06 Maret 2023 - 23:59 WIB
loading...
6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir
Tokusatsu sering dianggap sebagai tontonan anak kecil karena mengisahkan superhero berkostum nyentrik melawan kejahatan. Padahal, orang dewasa pun menikmatinya. (Foto: Spiderum)
A A A
Tokusatsu berasal dari bahasa Jepang yang berarti efek khusus. Istilah ini merujuk pada genre televisi atau film action Jepang yang menampilkan aksi live-action superhero atau monster dengan kostum nyentrik dan efek khusus untuk memperkuat perannya. Tayangan seperti ini sudah lama ada dan masih populer di Jepang.

Sejumlah franchise populer Tokusatsu termasuk Kamen Rider, Super Sentai—yang diadaptasi menjadi Power Rangers di Hollywood, Ultraman, dan Godzilla. Sebagian besar judul itu terkenal di seluruh dunia dan berkali-kali diadaptasi. Anime, manga, video game, dan merchandise banyak yang dibuat berdasarkan karakter-karakter ini.

Meskipun target awalnya adalah anak-anak, tapi banyak pula orang dewasa yang menikmati serial atau film Tokusatsu ini. Ceritanya sederhana dan action-nya yang berbeda dari serial superhero Barat membuat genre ini terlihat unik, meskipun kadang teknologinya terasa kuno. Dalam 5 tahun, ada banyak Tokusatsu yang sudah diproduksi dan populer. Apa saja serial Tokusatsu dengan rating tertinggi di MyDramaList? Simak ulasannya berikut!



6. Kikai Sentai Zenkaiger — 2021

6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: TokuFun

Kikai Sentai Zenkaiger adalah entri ke-45 metaseri Super Sentai Toei. Serial ini adalah yang kedua yang berlatar era Reiwa. Di Korea Selatan, serial ini tayang dengan judul Power Rangers Zenkaigers. Serial ini meraih rating 7,8 dari 319 pengguna. Konsepnya cukup unik karean kostum yang dipakai terinspirai dari mecha Super Sentai sebelumnya.

Serial ini mengisahkan tentang munculnya fenomena aneh yang mencampur dunia manusia dengan dunia paralel Kikaitopia yang sebelumnya dikalahkan dan disegel. Meski begitu, manusia dan Kikainoid segera akarab dan hidup berdampingan. Tapi, ancaman datang dari penguasa jahat Kikaitopia. Demi menyelamatkan dunia, pahlawan manusia dan Kikainoid pun bersatu sebagai Zenkaiger. Mereka bisa bertarung dengan ukuran manusia dan membesar ketika berhadapan dengan monster berukuran besar.

5. Kamen Rider Black Sun — 2022

6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: Kamen Rider Wiki – Fandom

Kamen Rider Black Sun adalah tontonan nostalgia bagi orang-orang yang mengalami masa muda pada era 80-90-an. Di seri inilah, mereka akan dipertemukan dengan pahlawan masa kecil mereka, yaitu Kotaro Minami. Tapi, alih-alih diperankan Tetsuo Kurata, karakter ini diperankan Nishijima Hidetoshi.

Serial ini mendapatkan rating 7,8 dari 213 pengguna di MyDramaList. Kamen Black Rider Sun berkisah tentang 50 tahun setelah pemerintah mendeklarasikan kehidupan yang saling berdampingan antara manusia dan Kaijin (monster). Saat itu, Jepang mengalami krisis sosio-politis. Di sisi lain, Kotaro bertemu Nobuhiko Akizuki, mantan anggota gerakan Gorgom. Pertarungan kedua orang itu memecah status quo masyarakat dan menentukan nasib Kaijin.

4. Kamen Rider Zero-One — 2019

6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: Kamen Rider Wiki – Fandom

Kamen Rider Zero-One adalah seri ke-30 dari franchise Kamen Rider dan yang pertama di periode Reiw. Serial ini mendapatkan rating 7,9 dari 707 pengguna di MyDramaList. Serial ini bertema di seputar singularitas teknologi dan kecerdasan buatan (AI) yang menghadapi ancaman dari kelompok teroris siber.

Serial ini berfokus pada Aruto Hiden. Dia adalah seorang komedian yang kurang beruntung, hingga mendapatkan warisan berupa perusahaan robot milik kakeknya, Hiden Intelligence, yang memproduksi robot bernama Humagear. Di saat yang sama, Aruto juga beroperasi sebagai Kamen Rider Zero-One untuk memenuhi harapan ayahnya. Suatu hari, kelompok teroris siber MetsubouJinrai.net membajak perusahaan itu.

3. Kaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger — 2018

6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: My Shiny Toy Robots

Kaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger menjadi entri ke-42 metaseri Super Sentai dari Toei. Serial dengan rating 7,9 dari 500 pengguna di MyDramaList ini cukup unik karena menampilkan dua tim berbeda, yaitu pahlawan bertema pencuri Lupinrangers dan pahlawan bertema polisi Patrangers. Kedua kelompok ini sering kali harus duel karena perbedaan ideologi.

Tapi, mereka kemudian harus bekerja sama setelah sebuah organisasi alien jahat datang ke bumi. Organisasi itu, Gangler, menarget bumi untuk aksi kejahatan mereka. Demi membela dan mempertahankan bumi tercinta, mau tak mau Lupinrangers dan Patrangers pun terpaksa bersatu.

2. Mashin Sentai Kiramager — 2020

6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: The Tokusatsu Network

Mashin Sentai Kiramager adalah entri ke-44 dari metaseri Super Sentai di Toei. Motif utama Kiramanger adalah jin, batu mulia, dan kendaraan. Itu adalah kendaraan bertema serial Super Sentai kelima dan yang pertama yang menggunakan motif jin serta batu mulia. Serial ini mendapatkan rating 8,0 dari 353 pengguna di MyDramaList.

Serial ini berkisah tentang seorang putri yang membawa Batu Kiramai mengungsi ke bumi setelah planetnya diinvasi. Dia kemudian bertemu orang-orang dengan roh bercahaya atau Kiramental yang kuat untuk menjadi Kiramagers dan melawan Yodonheim, yang berencana menginvasi bumi.



1. Tokusatsu Gagaga — 2019

6 Tokusatsu Rating Tertinggi MyDramaList dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: #TV-Nihon

Tokusatsu Gagaga diangkat dari manga seinen dengan judul yang sama. Di MyDramaList, serial yang dirilis pada 2019 dengan 7 episode ini mendapatkan rating 8,3 dari 432 pengguna. Penonton tertarik pada serial ini karena pemeran utamanya adalah cewek.

Tokusatsu Gagaga mengisahkan tentanga Kano Nakamura, seorang karyawan kantor berusia 26 tahun. Meski sudah dewasa, dia sangat suka Tokusatsu. Tapi, ibunya tidak suka karena menganggap itu kekanak-kanakan. Kano pun harus sembunyi-sembunyi dengan hobinya itu. Dia bahkan sering membayangkan jika dirinya adalah seorang superhero cewek.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)