9 Hal dari Lagu dan Video 'On The Street' J-Hope BTS dan J Cole yang Mungkin Terlewat Olehmu

Sabtu, 04 Maret 2023 - 14:13 WIB
loading...
9 Hal dari Lagu dan Video On The Street J-Hope BTS dan J Cole yang Mungkin Terlewat Olehmu
J-Hope BTS meluncurkan lagu On the Street berduet bersama J. Cole. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - J-Hope BTS merilis single On the Street berkolaborasi dengan rapper legendaris Amerika J. Cole, sebelum menjalankan wajib militernya (wamil).

Sama seperti Jin yang merilis The Astronaut sebelum wamil, lagu lofi hip-hop yang diciptakan J-hope ini juga adalah lagu cinta untuk ARMY sebagai hadiah perpisahan sementara sebelum sang rapper pergi untuk wamil. Lirik yang diciptakan J-hope dan J.Cole pun sangat menyentuh.

Dalam liriknya, J-hope menyampaikan bahwa setiap langkah yang dilakukannya selama ini adalah berkat cinta dan kepercayaan ARMY padanya dan BTS. Ia bernyanyi, "Bahkan langkahku dibuat dari cinta dan kepercayaan darimu. Untuk membayarnya meski dari jauh, seperti kupu-kupu".



Maksud dari lirik ini adalah sebagai ungkapan terima kasihnya pada ARMY, maka ia akan terus 'terbang' memberikan semangat dan energi positif kepada para penggemar lewat karya-karyanya, meski hanya dari jauh.

Ada banyak hal menarik lainnya dari lirik dan video musik On the Street yang dirilis pada Jumat (3/3) kemarin. Berikut ini beberapa hal di antaranya yang mungkin terlewat olehmu.

1. Kolaborasi Mimpi jadi Nyata antara Idol dan Muse-nya

9 Hal dari Lagu dan Video 'On The Street' J-Hope BTS dan J Cole yang Mungkin Terlewat Olehmu

Foto: YouTube HYBE LABELS

J. Cole adalah inspirasi bagi J-hope untuk menjadi rapper dan penulis lagu. Ini diungkapkannya lewat lirik lagu Hip Hop Phile yang dirilis BTS pada 2014 lewat album Dark and Wild.

Dalam lagu yang menggambarkan kecintaan BTS pada rap dan hip-hop, J-hope menyanyikan lirik, "Hope hope world, sebelum aku membuat duniaku, ada Cole world. Saat dia membuat Friday Night, aku menjadi terinspirasi untuk menulis laguku sendiri". Friday Night Lights adalah mixtape J.Cole yang dirilis pada 2010.

J-hope dalam wawancara eksklusifnya dengan Variety mengatakan bahwa kolaborasinya dengan sang inspirator itu dimulai dari pertemuannya dengan J. Cole saat Lollapolooza 2022, kala dirinya menjadi headliner dalam festival tersebut. Dari sini, ia meminta rapper berusia 38 tahun itu untuk menjadi rekan duetnya.

2. J-Hope Bertemu J.Cole di 'Atas'

9 Hal dari Lagu dan Video 'On The Street' J-Hope BTS dan J Cole yang Mungkin Terlewat Olehmu

Foto: YouTube HYBE LABELS

Pada awal video, J-hope digambarkan berada di gang sebuah jalan. Namun pada akhir video, ia berada di sebuah rooftop (atap) sebuah gedung. Di sini pula ia akhirnya bisa bertemu J. Cole.

Adegan ini ibarat sebuah metafora bahwa J-hope memulai kariernya dari jalanan, benar-benar dari bawah. Namun dengan kerja kerasnya, akhirnya ia bisa bertemu idolanya saat sudah berada di posisi 'atas', yaitu sebagai musisi tingkat dunia.

3. Arti Judul 'On the Street'

9 Hal dari Lagu dan Video 'On The Street' J-Hope BTS dan J Cole yang Mungkin Terlewat Olehmu

Foto: YouTube HYBE LABELS

Judul On the Street memiliki banyak arti bagi J-hope. Ia mengatakan bahwa "jalanan" adalah akarnya sebagai seorang street dancer.

"Itu tempat aku mendapatkan inspirasi dan simbol jalan yang aku ambil sebagai j-hope. Ini juga berarti tempat aku belajar banyak hal tentang kehidupan," ujarnya, mengutip dari Variety.

Baginya, jalanan adalah tempat bisa bertemu dan merasakan kehidupan nyata orang-orang. "Pikiran anak-anak yang polos; pertemuan pertama dengan seseorang dan jatuh cinta; orang yang sedang dalam kondisi darurat; pertengkaran; hubungan yang putus, dan lainnya. Aku ingin menggambarkan ini semua dalam lagu ini," katanya lagi.

"Aku ingin membagi harapan dan keberanian untuk semua yang sedang menjalani hidupnya. Aku ingin lagu ini menjadi teman bagi semua orang yang sedang memulai langkah baru atau sedang dalam perjalanan panjang."

4. Video Adegan Pembuka 'On the Street' Sama Dengan Video Debut J. Cole

9 Hal dari Lagu dan Video 'On The Street' J-Hope BTS dan J Cole yang Mungkin Terlewat Olehmu

Foto: YouTube HYBE LABELS/J. Cole

Dalam video musik On the Street, adegan dibuka dengan pemandangan gedung yang diambil dari posisi atas, lalu turun hingga terlihat sebuah gang. Adegan ini sama persis dengan yang tampak dalam video musik Simba, lagu debut sang rapper dari mixtape pertamanya, The Come Up, yang dirilis pada 2007.

Lagi-lagi, ini adalah semacam penghormatan (tribute) dari J-hope kepada J.Cole yang jadi idolanya sejak dirinya masih menjadi trainee BigHit Entertainment (kini BigHit Music).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)