Brave Girls dan MOMOLAND Bubar, Ini Profil Singkat dan Lagu Populer Mereka

Kamis, 16 Februari 2023 - 13:05 WIB
loading...
Brave Girls dan MOMOLAND Bubar, Ini Profil Singkat dan Lagu Populer Mereka
Brave Girls dan MOMOLAND resmi bubar bersamaan pada Februari 2023. Foto/Brave Entertainment, MLD Entertainment
A A A
JAKARTA - Girl group Brave Girls dan MOMOLAND dibubarkan alias disband dalam waktu yang hanya berselang dua hari. MOMOLAND pada 14 Februari dan Brave Girls pada 16 Februari.

Hal ini membuat kedua girl group K-pop tersebut jadi dua grup pertama yang dibubarkan pada 2023. Sekadar informasi, pada 2022, setidaknya ada 19 grup K-pop yang dibubarkan.

Brave Girls dibubarkan oleh Brave Entertainment setelah 12 tahun berdiri. Sementara MOMOLAND dibubarkan MLD Entertainment setelah kontrak 7 tahun pertama mereka berakhir.

Berikut ini profil singkat dan lagu-lagu populer sepanjang karier Brave Girls dan MOMOLAND.

Brave Girls

Brave Girls dan MOMOLAND Bubar, Ini Profil Singkat dan Lagu Populer Mereka

Foto: Brave Entertainment

Brave Girls punya sejarah karier yang sangat berliku. Awalnya, mereka debut pada 2011 di bawah produser Brave Brothers dan agensi Brave Entertainment. Saat itu, ada lima member, yaitu Eunyoung, Seo-a, Yejin, Yoojin, dan Hyeran.

Formasi awal Brave Girls ini namanya sempat cukup naik setelah kesuksesan lagu Nowadays pada 2012. Namun sayangnya, tak lama kemudian mereka hiatus selama 2,5 tahun.

Saat comeback pada 2016, formasi girl group ini berubah lagi menjadi Yoojin dan Hyeran, ditambah lima member baru. Mereka yaitu Minyoung, Yujeong, Eunji, Yuna, dan Hayun.

Namun setahun kemudian, Yoojin dan Hyeran memutuskan keluar dari grup. Yoojin keluar setelah lulus kuliah. Sedangkan Hyeran berhenti karena masalah kesehatan.

Brave Girls lantas bertahan dengan lima memberbaru mereka tersebut. Pada 2017, grup ini merilis mini-album Rollin' dengan lagu andalan berjudul sama. Pada 2018, lagu ini diaransemen ulang. Namun saat itu, Rollin' belum menjadi lagu populer.

Brave Girls dan MOMOLAND Bubar, Ini Profil Singkat dan Lagu Populer Mereka

Foto: Brave Entertainment

Selanjutnya pada 2020, formasi grup berubah lagi dengan hanya menjadi empat member minus Hayun. Saat itu mereka merilis lagu We Ride.

Pada tahun yang sama, Brave Girls juga terpilih masuk dalam seri webtoon yang diproduseri Toontori dan didukung oleh Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan. Saat itu, hanya ada delapan grup yang terpilih sebagai bagian dari program 2020 Hallyu Linked Support Project yang diparakarsai Korea International Cultural Exchange Promotion Agency bekerja sama dengan Korea Webtoon Industry Association.

Baca Juga: 5 Idol K-Pop Termuda dengan Usia 13-14 Tahun, Kelahiran 2008-2009

Tahun 2021 menjadi tahun yang sangat bagus buat Brave Girls karena saat itulah lagu Rollin' populer berkat video kompilasinya yang viral dan dibawakan di depan para tentara Korea. Pada Maret 2021, Rollin' berhasil meraih perfect all-kill (PAK) pertamanya, empat tahun setelah lagu itu dirilis. Kesuksesan ini terjadi saat mereka sudah terpikir untuk bubar.

Karena kesuksesan Rollin', karier Brave Girls melonjak. Mereka berhasil memenangkan program musik pertama mereka di Inkigayo, menyanyikan lagu Red Sun untuk iklan Lotte Department Store, hingga melakukan tur pada Juli 2022 di Amerika Serikat. Sayangnya, pada awal tahun yang sama, Minyoung sempat rehat karena masalah kesehatan.

Pada 15 Februari 2023, Brave Girls mengumumkan akan merilis lagu baru berjudul Goodbye, seolah memberi kode bahwa grup ini akan dibubarkan. Sehari kemudian, Brave Entertainment mengonfirmasi bahwa para member grup ini memilih tak memperpanjang kontrak mereka dengan agensi dan akan membubarkan diri.

Selain Rollin', sepanjang 12 tahun kariernya, Brave Girls memiliki lagu-lagu populer seperti We Ride, Chi Mat Ba Ram, Deepened, Pool Party, dan Thank You.

MOMOLAND
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)