Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022

Senin, 29 Agustus 2022 - 15:00 WIB
BLACKPINK disebut sebagai Best Group of the Year MTV VMA 2022, padahal pemenangnya adalah BTS. Foto/Getty Images
NEW JERSEY - Sederet akun media sosial dari media massa mainstream ternama di Amerika Serikat salah dalam memberitakan pemenang Best Group of The Year MTV VMA(Video Music Awards) 2022.

Akun media sosial Rolling Stone, Teen Vogue, hingga Entertainment Tonight awalnya memberitakan bahwa BLACKPINK keluar sebagai pemenang Best Group of the Year MTV VMA 2022. Padahal pemenang yang sebenarnya dalam ajang tersebut adalah BTS.

Kesalahan juga dilakukan oleh akun media sosial terkait musik dengan follower ratusan ribu hingga jutaan, juga centang biru, seperti akun Twitter @chartdata dan @HITSDD, dan @PopBase. Tak cuma itu, Twitter-nya China, yaitu Weibo juga sempat menempatkan kemenangan BLACKPINK tersebut sebagai trending topic-nya.









Kesalahan ini bermula saat akun-akun media sosial tersebut secara hampir bersamaan mengumumkan kemenangan BLACKPINK sebagai Best Group of the Year MTV VMA 2022 pada sekitar pukul 6 petang waktu setempat. Seperti diketahui, ajang penghargaan ini digelar di Prudential Center di Newark, New Jersey, Amerika Serikat, pada 28 Agustus malam atau 29 Agustus pagi waktu Indonesia.

Baca Juga: Cara Mengecek Unique Listener dan Total Streaming di Melon/Circle Chart dan Genie

Pengumuman kemenangan BLACKPINK oleh akun-akun tersebut terasa aneh, karena MTV VMA saat itu belum mengumumkan secara resmi pemenang kategori tersebut. Saat akhirnya beberapa jam kemudian BTS diumumkan sebagai pemenang Group of the Year, akun-akun media yang salah memberikan informasi tersebut langsung menghapus tweet mereka sebelumnya.





Netizen yang sebelumnya mengetahui kemenangan BLACKPINK pun langsung mempertanyakan kredibilitas akun-akun tersebut, umumnya akun media sosial milik media massa ternama seperti yang disebut di atas. Terutama informasi dari mana mereka mengetahui nama pemenang sebelum pengumuman resminya dilakukan.

Gara-gara hal ini, berbagai asumsi pun berkembang. Ada netizen yang mengatakan bahwa media massa memang sudah tahu nama pemenang meski belum diumumkan secara resmi. Ini membuat dugaan jadi berkembang lagi, mulai dari permainan di belakang layar hingga perubahan nama pemenang pada detik-detik akhir pengumuman.

Perlu diketahui, MTV VMA adalah ajang penghargaan yang pemenangnya mayoritas berdasarkan voting penonton atau penggemar, termasuk kategori Group of the Year yang 100% pemenangnya berdasarkan voting di media sosial MTV. Meski begitu, dalam aturan 2022 MTV Video Music Awards Voting (the Official Voting Rules), tercantum kalimat bahwa sponsor berperan dalam mempertimbangkan keputusan penentuan pemenang.



Foto: files.mtv.com

Untuk Group of the Year, para nomine yang diadu pada babak awal adalah City Girls dengan BTS, Imagine Dragons dengan Red Hot Chili Peppers, BLACKPINK dengan Foo Fighters, dan Maneskin dengan Silk Sonic. Pada babak akhir, BLACKPINK berhadapan dengan BTS.



Foto: MTV
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More