Perusahaan-perusahaan Besar di Balik Kesuksesan K-Pop yang Perlu Kamu Tahu

Selasa, 09 Februari 2021 - 13:04 WIB
SM entertainment adalah perusahaan yang membangun sistem idol dengan program pelatihan bertahun-tahun yang kini identik dengan K-pop. SM berdiri sejak 1995, dan sampai saat ini telah mendominasi industri musik pop Korea. Selain itu, SM juga meluncurkan berbagai aksi inovatif dan menetapkan tren kreatif dalam industri K-Pop.

Perusahaan SM Entertainment juga meluncurkan grup kolaboratif seperti SuperM dengan Capitol Records pada 2019, dan girl group yang berorientasi AI bernama Aespa. Aespa merupakan salah satu artis K-Pop baru terbesar yang hadir tahun lalu.

Beberapa tahun terakhir SM sempat mengalami perselisihan dengan pemegang saham yang menyebabkan perombakan eksekutif pada tahun lalu dan Lee Sung-soo mengambil kendali sebagai CEO. Perselisihan ini terjadi karena SM berjuang untuk membuktikan nilainya secara finansial. Belum lama ini, SM juga terkena kasus penggelapan pajak dan dikenai denda Rp249 miliar.

Di luar itu, SM punya banyak anak perusahaan termasuk beberapa yang telah diakuisisi, seperti perusahaan manajemen musik dan hiburan Mystic Story dan KeyEast. SM juga melakukan investasi di perusahaan musik pop Korea yang kurang mainstream seperti label hip-hop Million Market dan Beasts and Natives Alike.

4. KAKAO



Foto: Kakao

Kakao adalah perusahaan teknologi yang bekerja bersama Kakao M. Media ini menangani perilisan musik banyak artis dan mengelola Melon yang merupakan layanan langganan musik terbesar di Korea Selatan. Melon merupakan sponsor utama dari banyak acara Korsel yang populer, terutama yang berfokus pada musik. Tentunya, tangga lagu Melon (Melon Chart) juga termasuk di dalamnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Bikin Popularitas BTS Merosot

Perusahaan Kakao juga adalah label dari IU, dan menjadi tuan rumah banyak aksi K-Pop terbesar di bawah anak perusahaan termasuk Starship Entertainment (Monsta X) dan Play M Entertainment (APink).

5. PERUSAHAAN-PERUSAHAAN LAINNYA



Foto: Allkpop

Perusahaan lainnya yang masih menjadi pemain utama dalam musik dan hiburan Korea Selatan adalah JYP Entertainment dan YG Entertainment . Anak perusahaannya ini juga mengelola artis dan aktor, dan usaha bisnis. Meski keduanya masih terhitung agensi besar, tapi mereka berfokus pada merek dan artis individu daripada memperluas ke bidang bisnis lain. Begitu juga dengan.perusahan lain seperti FNC Entertainment, Cube Entertainment, dan perusahaan K-Pop kelas menengah lainnya.

Ni Ketut Candra Puspita

Kontributor GenSINDO

Indonesia International Institute for Life-Sciences

Instagram: @nkcandrapuspita
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More