Hari Buruh, Ini Aksi-Aksi Solidaritas demi Dunia Baru Tanpa Penindasan

Jum'at, 01 Mei 2020 - 18:00 WIB
Demo para buruh akan terus terjadi selama hak-hak dan ketidakadilan terhadap buruh masih diabaikan. Foto/Getty Images
JAKARTA - "Hanya ada satu kata, lawan!" Itulah kalimat progresif yang menjadi sumber kekuatan utama bagi para buruh.

Tak hanya turun ke jalan saat Hari Buruh tiap 1 Mei, para buruh juga selalu turun memperjuangkan hak mereka demi menuntut keadilan bagi seluruh masyarakat tanpa memandang kelas sosial. Mereka sering menyebutnya sebagai perjuangan kelas buruh.

Apa saja aksi besar buruh yang memaksa mereka turun ke jalan demi memperjuangkan hak-haknya, berikut beberapa di antaranya.

1. AKSI SOLIDARITAS BURUH MENOLAK RUU CIPTA KERJA





Foto: okezone.com

RUU Cipta Kerja yang masuk dalam Omnibus Law menjadi RUU yang kontroversial buat banyak pihak, termasuk para buruh. Demi menolak rancangan undang-undang ini, para buruh melancarkan aksi masif pada 11 Maret lalu. Menurut mereka, Omnibus Law hanya akan semakin memperlebar ruang penindasan karena keberpihakannya kepada para pemilik modal. Selain itu, pemenuhan hak kesejahteraan buruh juga diminimalisir.

2. BURUH MENENTANG PHK MASSAL



Foto: okezone.com

Pandemi virus corona membuat jutaan buruh terancam di-PHK atau dirumahkan dengan bayaran tidak layak. Melansir dari Inews.id, menurut Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S. Cahyono, saat ini ada dua ancaman serius yang dihadapi oleh kaum buruh.

Pertama, potensi hilangnya nyawa buruh karena masih diharuskan bekerja dan tidak diliburkan ketika yang lain melakukan physical distancing. Sedangkan yang kedua, yakni darurat PHK yang akan mengancam puluhan hingga ratusan ribu buruh.

3. BURUH MELAKUKAN AKSI LONG MARCH MENOLAH UPAH MURAH



Foto: okezone.com

Pada 2016 silam, ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi long march sebagai wujud aksi menolak upah murah. Buruh yang melakukan aksi tersebut menuntut pemerintah untuk mencabut PP No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Selain itu, buruh juga mendesak Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mencabut UU Tax Amnesty.

4. AKSI BURUH MEMPERJUANGKAN KEADILAN HAK BURUH



Foto: Truthout
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More