Pesan Penting dari Para Penulis Ternama untuk Kamu yang Lulus Tahun Ini

Kamis, 23 Juli 2020 - 21:45 WIB
Lulus kuliah jadi pintu gerbang baru melanjutkan perjuangan hidup dan kamu butuh bekal nasihat untuk menjalaninya. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Siapa yang kelulusan tahun ini dirayakan dengan di rumah aja? Tahun ini memang tahun perubahan, terutama karena pandemi datang.

Semua kegiatan jadi serba dilakukan secara daring, padahal perayaan kelulusan jadi salah satu momen penting dalam hidup seseorang setelah menyelesaikan pendidikan formal.

Pembatalan perayaan kelulusan secara serempak dilakukan di seuluruh dunia, termasuk di Indonesia. Melansir dari kanal YouTube Najwa Shihab, presenter dan jurnalis ini menyebut angkatan lulus tahun 2020 sebagai "angkatan emas Indonesia" saking istimewanya. ( )

Beberapa penulis terhebat dunia juga menyampaikan pidato kepada para lulusan baru, yang bertujuan untuk memberikan pelajaran kebijaksanaan, harapan, dan kehidupan. Nah, simak beberapa kata mereka untuk bekal menjalani masa depan kamu.

1. MICHAEL OBAMA - AMBIL TINDAKAN YANG BENAR





Foto:Ryan MacEachern/Penguin

Michael yang juga penulis buku laris "Becoming" membagikan pidatonya dalam acara "Dear Class of 2020". Dalam video itu, dia dan Obama memberi beberapa pesan penting. Pertama, hidup selalu penuh dengan ketidakpastian dan ini adalah kesempatan bagi kita untuk belajar.

Kedua, dalam dunia yang serba gak pasti ini, waktu akan menguji nilai-nilai yang kita pegang, seperti nilai kejujuran, integritas, empati, dan kasih sayang. Itu adalah nilai-nilai yang sangat penting dalam hidup. Ketiga, ia mengingatkan pentingnya bersuara untuk mengubah dan menyelesaikan suatu masalah.

2. ZADIE SMITH – SALING MERANGKUL DAN MEMBANTU



Foto:Ryan MacEachern/Penguin

Menurut Zadie Smith, lulusan tahun ini bisa menciptakan generasi baru yang pemikir. Kebaikan generasi ini adalah memprioritaskan kehidupan sosial daripada individualisme, yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Sarannya? Rangkul banyak orang, tersenyum pada orang-orang di jalan, dan carilah kehidupan sosial di luar sana. ( )

3. GEORGE SAUNDERS - COBALAH JADI LEBIH BAIK



Foto:Ryan MacEachern/Penguin

George Saunders adalah profesor bahasa Inggris di Syracuse University selama 23 tahun terakhir. Menurutnya, daripada mengkhawatirkan masa depan, hal terpenting yang bisa kita lakukan sekarang adalah "mencoba untuk menjadi lebih ramah". Dalam keadaan buruk pun, kita punya kesempatan untuk mengubahnya menjadi lebih baik.

4. TONI MORRISON - BUAT KEHIDUPAN BARU
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More