CERMIN: Apakah Kita Mamalia atau Manusia?

Rabu, 11 Januari 2023 - 14:32 WIB
loading...
CERMIN: Apakah Kita Mamalia atau Manusia?
Serial Mammals menceritakan kisah perselingkuhan dari rumah tanngga yang terlihat bahagia. Foto/Amazon Prime
A A A
JAKARTA - Tahun 2003. Saya mendapati diri saya berpacaran dengan dua perempuan sekaligus dan menyadari fakta bahwa hanya 3-5% dari mamalia yang mengenal monogami.

Saya menganggap diri saya lelaki baik-baik. Setidaknya itu yang saya rasakan. Saya tidak pernah berlaku kasar kepada perempuan. Saya tidak pernah memaksakan apa pun kepada perempuan untuk menuruti perintah saya. Saya merasa selalu berlaku sopan terhadap siapapun, utamanya perempuan.

Hingga suatu hari tanpa sadar saya memacari dua perempuan sekaligus. Saya mulai berpikir bahwa ternyata saya sama saja seperti laki-laki kebanyakan. Jika ada kesempatan untuk berselingkuh, saya bisa melakukannya tanpa pikir panjang. Dan saya merasa tak berdosa melakukannya.

Selingkuh dalam hubungan pacaran rasanya masih sangat mungkin ditolerir, tapi bagaimana jika hal itu terjadi dalam hubungan pernikahan? Serial Mammalsyang tayang di Prime Video menyodorkan pemikiran itu.

CERMIN: Apakah Kita Mamalia atau Manusia?

Foto: Prime Video

Soal selingkuh bukan isu baru dalam film/serial/miniseri. Kita sudah melihat beragam jenisnya, termasuk salah satu yang terbaik dalam film Unfaithful. Adrian Lyne menyodorkan kisah menohok dari pasangan suami istri yang sepintas berbahagia.

Namun diam-diam sang istri berselingkuh dengan pria yang jauh lebih muda darinya. Sang istri terbakar api asmara dan ketika mengetahui istrinya berselingkuh, sang suami terbakar api cemburu. Diam-diam rumah tangga mereka terbakar dari dalam. Apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkannya?

Baca Juga: CERMIN: Teror, Kekerasan, dan Erotika dari Garin Nugroho

Mammalsmelakukannya hampir sama persis dengan Unfaithful. Kita melihat pasangan yang tampak selalu jatuh cinta setiap harinya. Kita melihat suami yang penyayang, istri yang setia dan keluarga mereka yang mencintai.

Jamie (dimainkan secara mengejutkan oleh James Corden) begitu mencintai istrinya, Amandine, bahkan menamai restoran impiannya dengan nama istrinya. Hingga suatu hari tanpa sengaja Jamie mendapati pesan teks dari seorang laki-laki untuk istrinya.

CERMIN: Apakah Kita Mamalia atau Manusia?

Foto: Prime Video

Pesan yang akan membuka rahasia demi rahasia yang selama ini disimpan rapat. Dan membongkar sifat hewani manusia. Apakah kita manusia atau sejatinya mamalia?

Jamie patah hati. Tapi rasa penasarannya mengalahkan segalanya. Ia melacak laki-laki selingkuhan istrinya dan mendapati kejutan demi kejutan yang mengagetkan dirinya. Dan terutama mengejutkan penonton.

Perselingkuhan dan kejutan adalah elemen paling menarik dari serial Mammals. Di samping tentu saja penampilan mengesankan dari James Corden.

Kita sering lupa bahwa James adalah peraih Tony Award, jadi akting sesungguhnya bukan hal sulit baginya karena kita mungkin lebih mengenalnya sebagai pembawa acara yang humoris.

Karena diolah dari sudut pandang laki-laki membuat saya juga merasa relevan dengan yang dialami James. Bagaimana ia mencoba mencurahkan perhatian dan cintanya pada sang istri dan bagaimana ia mencoba membangun kenyamanan untuknya, istri dan anaknya.

CERMIN: Apakah Kita Mamalia atau Manusia?

Foto: Prime Video

Tapi James juga manusia biasa. Ia bisa lupa, ia bisa khilaf, ia bisa melakukan satu hal dalam hidupnya yang kelak menjadi ujung pangkal dari segala permasalahan yang melilit hidupnya. Tapi Jamie laki-laki dan ia cenderung melihat apa pun dari sudut pandangnya sendiri.

Jez Butterworth yang menjadi kreator serial ini cerdik menguliti soal kompleksitas hubungan dan termasuk di dalamnya perselingkuhan dengan cara yang menarik. Sesungguhnya tak baru tapi ia memilih menuturkannya selapis demi selapis yang akhirnya membongkar kejutan yang paling mengejutkan. Bahwa, ya, betul, kita termasuk mamalia yang sesungguhnya tak mengenal konsep monogami.

Baca Juga: 5 Drama Korea dengan Second Lead Male jadi Pemenang Cinta Segitiga
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)