8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Senin, 26 Desember 2022 - 16:56 WIB
loading...
8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir
Drama Korea latar sekolah dengan rating tertinggi sedekade terakhir salah satunya adalah Extraordinary You. Foto/MBC
A A A
JAKARTA - Drama Korea berlatar sekolahan dengan rating tertinggi sedekade terakhir datang dari beragam genre, dari romantis, fantasi, hingga thriller.

Drama Korea tentang para murid SMA nyaris selalu ada setiap tahunnya. Pasalnya, selain selalu ada cerita yang bisa dieksplorasi dari karakter remaja, karakter para pelajar juga dekat dengan kehidupan para pencinta drama Korea yang sebagiannya juga masih bersekolah.

Drama-drama ini kerap juga mendapatkan rating tinggi, misalnya seperti yang tercantum di situs web bagi pencinta drama Asia, MyDramaList. Sepanjang 10 tahun terakhir (2012-2022), bahkan ada beberapa judul yang berhasil menembus skor 9,0.

Berikut inidelapan drama Korea berlatar sekolah dengan rating tertinggi sedekade terakhir di MyDramaList.

1. Reply 1988 (2015)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: tvN

Drama legendaris ini mendapat rating 9,1 dari 36.001 pengguna MyDramaList. Kisahnya adalah tentang kehidupan lima pelajar SMA yang tumbuh bersama hingga dewasa dan menikah.

Reply 1988 mengisahkan empat orang pria dan satu perempuan yang sudah berteman sejak kecil karena mereka bertetangga. Ceritanya banyak mengambil waktu saat mereka masih SMA, menjalani hidup sebagai pelajar, juga berbagi waktu dengan keluarga mereka.

Para pemainnya antara lain ada Hyeri, Park Bo-gum, dan Ryu Joon-yeol. Kamu bisa menonton drama tvN ini di Netflix.

2. Weak Hero Class 1 (2022)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: Wavve

Drama Korea tentang bullying di sekolah masih menjadi favorit pencinta drama. Terbukti dengan Weak Hero Class 1 yang memperoleh rating sangat tinggi, 9,1 dari 8.935 pengguna.

Salah satu yang membuat serial ini memikat adalah paduan kisah perisakan dengan aksi laga thriller yang mendebarkan. Selain itu, para karakter dan akting para pemain mudanya juga jempolan.

Weak Hero Class 1 adalah kisah tentang Shi-eun (Park Ji-hoon), murid kelas 3 SMA yang cerdas dan penyendiri, membuatnya tak punya teman di sekolah. Fisiknya yang terlihat lemah juga membuatnya sering jadi bulan-bulanan geng perisak di kelasnya.

Awalnya, Shi-eun selalu sabar atas tindakan sewenang-wenang mereka. Namun saat nilai ujiannya terpengaruh akibat tindakan tersebut, Shi-eun langsung melawan dengan melakukan aksi yang mengerikan.

Drama ini juga bicara tentang kekerasan oleh orang tua dan sulitnya kehidupan masa remaja. Drama Wavve ini bisa ditonton di Viki.

3. All of Us Are Dead (2022)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: Netflix

Drama zombi ini mendapatkan rating8,5 dari 33.684 pengguna. Ceritanya tentang wabah zombi yang menyebar dari gedung sekolah SMA.

Sekelompok kecil siswa yang berhasil selamat dari serangan pertama lantas bertahan hidup dengan mengandalkan alat seadanya dalam melawan zombi. Drama Netflix ini dibintangi Park Ji-hu,Yoon Chan-young,Jo Yi-hyun, dan Lomon.

Baca Juga: 10 Drama Korea Rating Tertinggi 2022 non-Drama Panjang

4. Extraordinary You (2019)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: MBC

Drama Korea berlatar sekolah lainnya dengan rating tertinggi adalah Extraordinary You. Serial romantis ini mendapatkan skor 8,4 dari 43.738 pengguna.

Premis ceritanya sangat unik, yaitu tentang seorang gadis yang tahu bahwa dirinya adalah karakter dalam webtoon. Dalam cerita itu, sang gadis yang bernama Dan-oh (Kim Hye-yoon) diceritakan sebagai anak SMA dari keluarga kaya yang umurnya tak lama lagi. Di sana, ia juga hanya sebagai karakter pendukung.

Mengetahui hal tersebut, Dan-oh berusaha mengubah jalan cerita hidupnya yang dibuat oleh si penulis. Ia bertekad untuk mengubah nasibnya, dan mengejar cinta salah satu karakter pria dalam cerita. Drama MBC yang juga dibintangi Rowoon ini tayang di Viu dan Netflix.

5. Extracurricular (2020)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: Netflix

Drama ini mendapatkan skor 8,4 dari 29.332 pengguna. Mirip seperti Weak Hero Class 1, Extracurricular adalah cerita tentang sisi kelam anak-anak sekolah.

Kisahnya adalah tentang empat anak SMA yang menjalankan bisnis prostitusi demi bisa mendapatkan uang. Aksi ini dimulai dari Ji Soo (Kim Dong-hee), siswa berprestasi yang ditinggal oleh orang tuanya, diikuti ketiga anak lainnya. Drama laga thriller ini tayang di Netflix.

6. Class of Lies (2020)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: OCN

Drama misteri pembunuhan ini mendapatkan rating 8,4 dari 7.778 pengguna. Ceritanya juga menyelipkan sisi gelap sekolah di Korea Selatan.

Diceritakan, seorang siswi populer tewas dibunuh. Teman sekolahnya yang yatim piatu, yaitu Kim Han-soo (Jang Dong-joo), jadi tersangkanya. Pengacara andal Moo-hyeok (Yoon Kyun-sang) yang ditugaskan membela Han-soo lantas menyamar menjadi guru pengganti di sekolah demi mengungkap pembunuh sebenarnya.

Namun alih-alih membantu, pihak sekolah elite ini sengaja menutupi pengungkapan kasus ini agar tidak merebak ke hadapan publik. Class of Lies tayang di OCN dan bisa ditonton di Viu.

7. Seasons of Blossom (2022)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: Viki

Drama romantis ini mendapatkan rating 8,4 dari 2.050 pengguna. Ceritanya tentang kehidupan lima murid, yaitu Lee Ha-min (Seo Ji-hoon) yang kelihatannya ceria, tapi sebenarnya suka muram. Lalu ada Han So-mang (So Ju-yeon) yang hangat, tapi juga pemalu.

Selanjutnya Lee Jae-min (Kim Min-kyu) yang populer, tapi menyimpan masa lalu yang pedih. Ada juga Yoon Bo-mi (Kang Hye-won) yang manis dan jadi siswa teladan. Terakhir ada Choi Jin-young (Yoon Hyun-soo) yang kelihatannya tidak bersahabat, tapi sebenarnya baik hati. Drama ini tayang di Viki.

Baca Juga: 5 Drama dan Film Korea Bertema Gangster dengan Rating Tinggi di MyDramaList

8. True Beauty (2020)

8 Drama Korea Latar Sekolah dengan Rating Tertinggi Sedekade Terakhir

Foto: tvN

Drama populer ini mendapatkan rating 8,3 dari 53.371 pengguna, terbanyak dari seluruh drama yang ada dalam daftar ini. Kisahnya adalah tentang pencarian makna cantik yang sebenarnya, berbalut kisah cinta anak SMA.

True Beauty menceritakan dinamika hidup Ju-kyung (Moon Ga-young), seorang anak SMA yang wajahnya tidak cantik, tapi pandai berdandan hingga terlihat menawan. Ini akhirnya membuatnya jadi cewek populer di sekolah barunya.

Salah satu yang suka padanya adalah cowok tampan nan populer, Suho (Cha Eun-woo). Yang menarik, hanya Suho yang tahu wajah asli Ju-kyung.

Drama Korea berlatar sekolah dengan rating tertinggi di MyDramaList ini tayang di tvN dan Viu.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)