Zootopia+, Sisi Lain Karakter Film Animasi Disney yang Kocak

Zootopia+, Sisi Lain Karakter Film Animasi Disney yang Kocak
Zootopia+ menampilkan cerita menarik dari sejumlah karakter favorit dari film animasi Zootopia. Serial 6 episode ini kocak, seru, konyol, dan juga menyentuh. (Foto: Disney Wiki - Fandom)
Disney+ merilis serial animasi pendek baru berjudul Zootopia+. Dari judulnya saja, orang pasti sudah bisa menebak kalau serial ini ada kaitannya dengan Zootopia, film animasi populer Disney yang dirilis pada 2016. Serial ini terdiri atas 6 episode dengan setiap episodenya berdurasi tak kurang dari 7 menit.

Meski terasa pendek, tapi durasi itu sudah cukup memberikan hiburan pengocok perut bagi penontonnya. Serial ini berfokus pada sejumlah karakter yang pernah tampil di Zootopia. Mereka adalah orangtua Judy Hopps, Duke Weaselton, Benjamin Clawhauser, Mr. Big, Fru Fru, dan memperkenalkan satu karakter baru berupa seekor berang-berang bernama Sam.

Yang menarik, cerita karakter-karakter ini terjadi di lini masa cerita utama. Jadi, ketika Judy dan Nick Wilde sedang sibuk menyelidiki Night Howler, karakter-karakter itu punya cerita masing-masing yang tidak ada kaitannya secara langsung dengan Judy dan Nick. Penonton akan diajak untuk lebih mendalami peran karakter-karakter itu di Zootopia.

Baca Juga: Review Black Panther: Wakanda Forever: Full Emosi, Padat Aksi

Setiap episode disajikan dengan gaya dan genre berbeda. Ada yang murni petualangan, drama, hingga musikal. Namun, benang merah di antara semua episode ini adalah komedi. Orang bisa tertawa terpingkal-pingkal menyaksikan kekonyolan para karakternya.

Episode 1 menampilkan orangtua Judy, yaitu Bonnie dan Stu. Pasangan yang punya lebih dari 200 anak ini harus melepas Judy yang menjadi polisi di Zootopia. Meski tidak pernah membayangkan meninggalkan Bunny Burrow dan pergi ke kota besar, Bonnie dan Stu jadi berpetualang karena salah satu anak mereka nyangkut di kereta yang ditumpangi Judy.
Zootopia+, Sisi Lain Karakter Film Animasi Disney yang Kocak

Foto: Digital Mafia Talkies

Jadi, ketika Judy sedang menikmati perjalanannya ke Zootopia dengan naik kereta, Bonnie dan Stu harus berpacu dengan segalanya untuk menyelamatkan anak mereka itu. Penampakan truk biru tua keluarga Hopps akan membawa nostalgia ketika Judy pada akhirnya menguak misteri yang terjadi di Zootopia. Hanya, kali ini tidak melibatkan bluberi.

Episode 2 menampilkan Fru Fru, tikus centil anak Mr. Big. Episode ini berkisah sebelum peristiwa di mana Fru Fru nyaris dilindas donat raksasa di Rodentia. Dibuat dengan model reality show, episode ini berkisah tentang Fru Fru yang sedang mempersiapkan pernikahannya. Episode ini drama banget dengan Fru Fru menghadapi emosi yang naik turun menjelang pernikahannya.

Episode 3 dibuat dalam balutan musikal. Episode ini dibintangi Duke Weaselton, musang yang ditangkap Judy karena mencuri bibit tanaman dan membuat kekacauan di Rodentia. Lewat lagu yang dia nyanyikan, Duke berkisah tentang kehidupannya yang malang dan juga cita-citanya untuk punya uang banyak. Sayang, dia selalu memilih jalan yang salah.
Zootopia+, Sisi Lain Karakter Film Animasi Disney yang Kocak

Foto: The Disinsider

Episode 4 membawa penonton kembali ke Rodentia. Kali ini, peristiwa terjadi di pernikahan Fru Fru, tapi bintangnya adalah ayah Fru Fru, Mr. Big. Tikus mafia itu mengisahkan perjalanan hidupnya dari seekor tikus miskin yang pergi ke Zootopia bersama neneknya dengan harapan bisa mendapatkan uang lebih banyak. Sang nenek membuka usaha bakery yang awalnya hanya usaha rumahan.

Keuletan sang nenek dan Mr. Big membuat usaha mereka semakin maju. Tapi, selayaknya yang terjadi di banyak tempat di dunia ini, premanisme pun terjadi di Zootopia. Mr. Big dipalak dan tempat usaha neneknya diorak-arik. Tak terima, Mr. Big pun melawan. Tak disangka, dia mendapatkan bantuan dari para beruang kutub yang pernah dia tolong. Episode ini lebih terasa emosinya dan relate dengan banyak orang yang sedang berjuang mencari nafkah di sana.

Episode 5 menampilkan idola semua orang di Zootopia, Gazelle. Tetap disulihsuarakan Shakira, Gazelle menggelar audisi penari latar baru. Polisi cheetah penyuka donat, Benjamin Clawhauser, tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dia kemudian mendaftar ikut audisi. Sayang, dia ternyata harus punya partner untuk ikut. Bingung mencari partner, Clawhauser malah ngerjain bosnya, Chief Bogo. Episode ini cukup menghibur dan kocak.
Zootopia+, Sisi Lain Karakter Film Animasi Disney yang Kocak

Foto: The Walt Disney Company

Episode 6 menampilkan karakter favorit banyak orang, Flash si kukang. Episode ini bikin ngakak sekaligus gemas. Flash mengajak kencan Priscilla ke sebuah restoran. Lambannya kedua makhluk itu memesan makanan, membuat sang pelayan, Sam, keki. Padahal, dia bertekad selesai kerja jam 6 sore demi nonton konser Gazelle. Tapi, kehadiran Flash mengacaukan rencana dan pekerjaannya. Episode ini punya kaitan langsung dengan adegan terakhir Zootopia.

Zootopia+ season 1 cukup menjanjikan untuk bisa terus dieksplorasi. Film animasinya kaya dengan karakter-karakter pendamping yang menarik. Meski Judy dan Nick adalah pusat ceritanya, tapi, karakter lain pun bikin orang penasaran. Dan, Zootopia+ membuktikan kalau mereka punya cerita sendiri yang tak kalah seru dibanding petualangan Judy dan Nick.

Baca Juga: Review Film Lyle, Lyle, Crocodile: Hiburan Ringan Sarat Pesan

Sosok Judy dan Nick tidak sepenuhnya hilang dari serial ini. Mereka tetap dihadirkan, meski hanya sebagai cameo. Karakter minor lain yang juga menjadi cameo di serial ini adalah Francis, polisi gajah. Dia muncul di awal serial ketika Chief Bogo mengumumkan kalau dia berulang tahun.

Selain para karakter yang telah muncul di season 1, Zootopia+ masih punya banyak ruang untuk eksplorasi. Karakter-karakter pendamping menarik lain seperti Finnick—partner kejahatan Nick, dua ekor oryx tetangga kos Judy yang selalu bertengkar, Yax, dan lain-lain, belum diungkap cerita sisi mereka. Kalau Duke saja bisa dibuat ceritanya, karakter lain yang juga tak kalah populer pun pasti punya ruang untuk ikut bersinar. Zootopia+ bisa ditonton di Disney+ mulai hari ini, Rabu (9/11).



(alv)
Share: