10 Lagu K-Pop Paling Banyak Menang dalam Program Musik Korea

Senin, 07 November 2022 - 16:21 WIB
loading...
10 Lagu K-Pop Paling Banyak Menang dalam Program Musik Korea
IVE jadi salah satu grup yang memiliki lagu dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam program musik di Korea. Foto/Starship Entertainment
A A A
JAKARTA - Lagu-lagu K-pop yang baru dirilis berpeluang untuk dipromosikan, sekaligus dikompetisikan dalam berbagai program musik (music show) yang ditayangkan di stasiun televisi Korea Selatan.

Sejauh ini, ada enam program musik yang ada, dan tayang setiap hari, kecuali pada Senin. Acara-acara tersebut yaitu The Show di SBS MTV (Selasa), Show Champion di MBC (Rabu), dan M Countdown di Mnet (Kamis).

Lalu jelang dan saat akhir pekan ada Music Bank di KBS2 dan KBS World (Jumat), Show! Music Core di MBC (Sabtu), serta Inkigayo di SBS (Minggu). Dalam acara-acara tersebut, para grup K-pop tampil mempromosikan lagu baru mereka.

Pada akhir acara, diumumkan pemenang dari lagu baru yang mendapat respons paling baik dari segi digital, penjualan album fisik, frekuensi penyiaran di televisi, dan di media sosial (termasuk view video musik di YouTube). Jika satu lagu punya catatan yang baik dari kategori-kategori tersebut, maka lagu itu bisa terus menang meski sudah dirilis sejak beberapa bulan yang lalu.

Nah, berikut ini 10 lagu K-pop dengan kemenangan terbanyak sepanjang masa dalam program-program musik di Korea, mengutip Koreaboo.

10. Navillera - GFriend



GFriend boleh saja dibubarkan pada 2021, tapi beberapa lagunya masuk dalam daftar kemenangan terbanyak dalam sejarah program musik Korea. Salah satunya adalah Navillera yang dirilis pada 11 Juli 2016. Lagu ini mencatat 14 kali kemenangan.

9. After Like - IVE



IVE memang grup rookie yang baru debut pada 1 Desember 2021. Namun single ketiga mereka, After Like, sangat sukses di Korea, bahkan sampai berhasil mencetak rekor Perfect All Kill alias PAK.

PAK adalah istilah untuk menyebut sebuah lagu yang sukses menduduki puncak seluruh tangga lagu di Korea secara real-time, harian, dan mingguan berdasarkan data dari iChart, ranking aggregator yang mengumpulkan data dari platform streaming musik lokal seperti Melon, Genie, Bugs!, Vibe, dan Flo.

After Like dirilis pada 22 Agustus 2022, dan hingga kini telah memenangkan 14 penghargaan dari enam program musik.

8. Rough - GFriend



Kembali dari GFriend, kali ini lewat lagu Rough. Lagu yang dirilis pada 25 Januari 2016 ini mendapatkan 15 kali kemenangan dari program musik.

7. Energetic - Wanna One



Wanna One adalah grup bentukan CJ E&M dan debut pada 2017, hasil dari program Produce 101 season 2. Tak heran, lagu debut mereka, yaitu Energetic yang dirilis pada 7 Agustus 2017 langsung sukses dan berhasil meraih kemenangan sampai 15 kali di program-program musik.

6. ON - BTS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)