10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat

Senin, 10 Oktober 2022 - 06:46 WIB
loading...
10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat
Sejumlah anime menantang pernyataan kalau penjahat selalu jahat dan pahlawan selalu punya motivasi gemilang. Mereka mengaburkan garis kejahatan dan kebaikan. (Foto: Kodansha)
A A A
Sebagian besar anime selalu lurus dalam menarik garis antara pahlawan dan penjahatnya. Bahkan, sejumlah anime memberikan busur cerita pertobatan bagi penjahatnya atau pahlawannya bersimpati pada mereka. Tapi, tetap saja ada perbedaan sehingga penonton pun akan melihat satu pihak sebagai penjahat dan lainnya adalah pahlawannya.

Tapi, tidak semua anime seperti itu. Sejumlah anime terbaik justru mengaburkan garis di antara mereka. Mereka menantang asumsi kalau penjahat selalu jahat dan pahlawan selalu punya motivasi sempurna.

Anime ini mengakui kalau dunia tidak eksis dalam dikotomi hitam dan putih yang ketat. Alih-alih, mereka menyambut ide area abu-abu yang ambigu secara moral di mana karakter rumit bisa berkembang. Anime apa saja yang mengaburkan garis antara kejahatan dan kebaikan? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



10. Berserk

10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat

Foto: Fiction Horizon

Guts adalah contoh sempurna antihero seinen suram. Dia menginspirasi mereka yang mengejarnya. Berserk menantang ide optimisme abadi dan bahkan mengimplikasikan kalau hidup itu tidak akan pernah menjadi lebih baik, betapa kerasnya orang itu mencoba. Guts menantang ide kalau menjadi orang baik berarti semua orang akan berada di pihaknya, jadi, dia tidak melakukannya.

Guts menjalani hidup dalam bola ambigu secara moral di mana, meski dia membunuh orang jahat, dia melakukan hal mengerikan kepada mereka sebelum memberikan pukulan terakhir. Audiens menyorakinya, tapi bukan tanpa rasa bersalah. Cerita Guts mengokohkannya sebagai salah satu antihero terbaik anime karena dia tidak mengubah sikapnya untuk membuat karakter lain atau audiens jadi lebih nyaman.

9. Akame ga Kill!

10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat

Foto: Trinikid

Karakter di serial ini seharusnya tidak diintepretasikan sebagai orang baik yang menyingkirkan kejahatan. Apalagi, mereka sebenarnya adalah sekelompok pembunuh brutal. Tugas mereka mewajibkan mereka untuk membunuh banyak penjahat yang dibiarkan kabur pemerintah yang korup.

Tapi, mereka bahkan tidak membunuh setiap penjahat yang berbahaya. Ini karena mereka hanya peduli mengeliminasi kejahatan ketika harganya tepat. Serial ini merayakan kekerasan, tapi hanya karena dunia kelam mereka yang memintanya.

8. Death Note

10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat

Foto: IGN

Death Note adalah salah satu serial shounen paling berani karena menjembatani ke wilayah yang tidak satu pun di genre ini berani untuk masuk. Di saat kekuatan persahabatan dan pahlawan yang tidak menantang status quo, Death Note memperkelakan Light Yagami. Dia adalah seorang anak SMA cerdas yang menunjuk dirinya sebagai dewa dunia baru setelah mendapatkan Death Note.

Dengan buku itu, Light mulai membunuh penjahat. Tapi, dia segera jadi gila dan paranoid setelah L dan polisi mulai mendekatinya. Dia menggunakan semua orang sebagai umpan dan pada akhirnya membunuh semua orang yang menghalanginya, termasuk ayahnya.

7. Code Geass

10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat

Foto: ReelRunDown

Salah satu momen paling penting di Code Geass adalah ketika Lelouch mengakui kalau dia melakukan tindakan jahat untuk melenyapkan kejahatan yang dilakukan orang lain. Di sepanjang Code Geass, Lelouch telah melakukan banyak hal mengerikan. Semuanya itu dia lakukan demi membalas dendam atas semua yang hilang di bawah pemerintahan tirani.

Lelouch mengeksploitas apa pun yang dia bisa untuk mewujudkan keinginannya dan melawan Militer Britannia. Tapi, mengira kalau Lelouch adalah sekutu sejati adalah sebuah kesalahan, meskipun dia membawa mereka di bawah ide kalau mereka adalah pemberontak dengan alasan. Lelouch membunuh teman atau lawan, tergantung siapa yang menghalanginya.

6. Psycho-Pass

10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat

Foto: Screen Rant

Psycho-Pass adalah pandangan sekilas ke abad 22 di mana Sistem Sibyl menjadi penengah keadilan. Sistem itu menentukan setiap potensi warga untuk menjadi ancaman melalui serangkaian evaluasi psikologis. Dengan itu, sistem itu menaksir kemungkinan apakah orang itu akan menjadi penjahat atau tidak.

Protagonisnya, Akane Tsunemori, menyadari kalau sistem itu cacat. Di sisi lain, dia ingin menegakkan hukum. Jadilah dia terjebak antara pura-pura tidak tahu atau berdiri untuk apa yang dia rasa benar.

5. Terror in Resonance

10 Anime Ini Mengaburkan Garis Antara Pahlawan dan Penjahat

Foto: Everyeye Anime
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)