Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022

Senin, 29 Agustus 2022 - 15:00 WIB
loading...
Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022
BLACKPINK disebut sebagai Best Group of the Year MTV VMA 2022, padahal pemenangnya adalah BTS. Foto/Getty Images
A A A
NEW JERSEY - Sederet akun media sosial dari media massa mainstream ternama di Amerika Serikat salah dalam memberitakan pemenang Best Group of The Year MTV VMA(Video Music Awards) 2022.

Akun media sosial Rolling Stone, Teen Vogue, hingga Entertainment Tonight awalnya memberitakan bahwa BLACKPINK keluar sebagai pemenang Best Group of the Year MTV VMA 2022. Padahal pemenang yang sebenarnya dalam ajang tersebut adalah BTS.

Kesalahan juga dilakukan oleh akun media sosial terkait musik dengan follower ratusan ribu hingga jutaan, juga centang biru, seperti akun Twitter @chartdata dan @HITSDD, dan @PopBase. Tak cuma itu, Twitter-nya China, yaitu Weibo juga sempat menempatkan kemenangan BLACKPINK tersebut sebagai trending topic-nya.

Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022


Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022


Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022


Kesalahan ini bermula saat akun-akun media sosial tersebut secara hampir bersamaan mengumumkan kemenangan BLACKPINK sebagai Best Group of the Year MTV VMA 2022 pada sekitar pukul 6 petang waktu setempat. Seperti diketahui, ajang penghargaan ini digelar di Prudential Center di Newark, New Jersey, Amerika Serikat, pada 28 Agustus malam atau 29 Agustus pagi waktu Indonesia.

Baca Juga: Cara Mengecek Unique Listener dan Total Streaming di Melon/Circle Chart dan Genie

Pengumuman kemenangan BLACKPINK oleh akun-akun tersebut terasa aneh, karena MTV VMA saat itu belum mengumumkan secara resmi pemenang kategori tersebut. Saat akhirnya beberapa jam kemudian BTS diumumkan sebagai pemenang Group of the Year, akun-akun media yang salah memberikan informasi tersebut langsung menghapus tweet mereka sebelumnya.

Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022


Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022


Netizen yang sebelumnya mengetahui kemenangan BLACKPINK pun langsung mempertanyakan kredibilitas akun-akun tersebut, umumnya akun media sosial milik media massa ternama seperti yang disebut di atas. Terutama informasi dari mana mereka mengetahui nama pemenang sebelum pengumuman resminya dilakukan.

Gara-gara hal ini, berbagai asumsi pun berkembang. Ada netizen yang mengatakan bahwa media massa memang sudah tahu nama pemenang meski belum diumumkan secara resmi. Ini membuat dugaan jadi berkembang lagi, mulai dari permainan di belakang layar hingga perubahan nama pemenang pada detik-detik akhir pengumuman.

Perlu diketahui, MTV VMA adalah ajang penghargaan yang pemenangnya mayoritas berdasarkan voting penonton atau penggemar, termasuk kategori Group of the Year yang 100% pemenangnya berdasarkan voting di media sosial MTV. Meski begitu, dalam aturan 2022 MTV Video Music Awards Voting (the Official Voting Rules), tercantum kalimat bahwa sponsor berperan dalam mempertimbangkan keputusan penentuan pemenang.

Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022

Foto: files.mtv.com

Untuk Group of the Year, para nomine yang diadu pada babak awal adalah City Girls dengan BTS, Imagine Dragons dengan Red Hot Chili Peppers, BLACKPINK dengan Foo Fighters, dan Maneskin dengan Silk Sonic. Pada babak akhir, BLACKPINK berhadapan dengan BTS.

Media Salah Beritakan Kemenangan BLACKPINK di MTV VMA 2022

Foto: MTV

Pada babak awal, pemilih bisa melihat hasil voting mereka dan terlihat jelas perbedaan jumlah voting antargrup yang diadu. Namun pada babak final, pemilih tak bisa melihat perbandingan jumlah voting antargrup. Karena itulah, para penggemar menantikan hasilnya pada hari penyelenggaraan.

Sebelumnya, masuknya BLACKPINK sebagai nomine sempat dikritik karena girl group terbesar di dunia saat ini tersebut sudah absen hampir dua tahun lamanya. Mereka baru aktif lagi sebagai grup pada 19 Agustus lalu saat merilis single Pink Venom.

Baca Juga: 6 Tokoh Fiksi Populer yang Menggambarkan Sosok Introvert

Dalam MTV VMA 2022, BLACKPINK tampil membawakan Pink Venom dengan aksi panggung spektakuler. Ini menjadi panggung pertama mereka dalam ajang penghargaan besar dalam bidang musik di Amerika Serikat. Dalam ajang ini, mereka membawa pulang piala Best Metaverse Performance, sementara Lisa sebagai satu-satunya solois memenangkan penghargaan Best K-Pop.

Adapun BTS mencatat rekor sebagai grup yang empat kali berturut-turut memenangkan penghargaan Group of the Year dalam MTV VMA. Namun BTS tak datang untuk menerima penghargaan tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0831 seconds (0.1#10.140)