Makna Lagu 'Dunia Tipu-Tipu' Yura Yunita, Bikin Raisa dan Afgan Menangis

Jum'at, 29 Juli 2022 - 12:23 WIB
loading...
Makna Lagu Dunia Tipu-Tipu Yura Yunita, Bikin Raisa dan Afgan Menangis
Dunia Tipu-Tipu yang dinyanyikan Yura Yunita tengah viral dan membuat banyak penontonnya menangis haru. Foto/YouTube Yura Yunita
A A A
JAKARTA - Lagu Dunia Tipu-Tipu yang dinyanyikan Yura Yunita kini tengah viral di TikTok dan membuat banyak pendengarnya menangis, termasuk penyanyi Raisa dan Afgan.

Di YouTube, Dunia Tipu-Tipu juga tengah trending di posisi kedua. Sejak video musiknya dirilis di kanal Yura Yunita pada 27 Juli pukul 20.00 WIB hingga artikel ini ditulis, telah mencapai 1,2 juta view.

Di akun Instagram-nya, penyanyi kelahiran Juni 1991 itu juga mengunggah video berisi komentar sahabat-sahabatnya tentang lagu dan video musik Dunia Tipu-Tipu, termasuk para artis seperti Raisa dan Afgan.

Afgan dengan mata berkaca-kaca mengatakan bahwa susah untuk membuatnya tersentuh dengan sesuatu. Namun tampaknya lagu balada minimalis ini begitu menyentuh hatinya.

Sementara Raisa sambil menitikkan air mata mengatakan bahwa ia jadi berpikir, siapa dirinya kalau berada dalam video musik itu. "Kebayang cerita gue gitu, kayak gue kira-kira di dalem sini tu gue yang mana?," katanya.

Video musik Dunia Tipu-Tipu memang berbeda dari kebanyakan video yang dibuat penyanyi di Indonesia. Dalam pembukanya, video musik tersebut memberikan pengantar berupa keterangan bahwa videonya akan berisi sebuah eksperimen sosial yang melibatkan tujuh pasangan dengan status hubungan beragam, mulai dari suami istri dengan usia pernikahan yang berbeda, ibu dan anak, kakak adik, hingga dua sahabat.

Makna Lagu 'Dunia Tipu-Tipu' Yura Yunita, Bikin Raisa dan Afgan Menangis

Foto: YouTube Yura Yunita

Tiap pasangan lalu diminta untuk saling menatap lekat-lekat, sebagai sebuah bentuk komunikasi intim tanpa kata-kata. Dalam deskripsi di kanal YouTube-nya, dikatakan bahwa semua kegiatan rekaman tersebut diambil dalam satu kali pengambilan video (one take shot).

Untuk merekam adegan tersebut, tiap pasangan didampingi praktisi mindfulness Nabila Gasani. Di sinilah pelan-pelan emosi tiap pasangan meledak, membuat penonton ikut hanyut dan menangis. Terlebih, lirik dan musiknya sangat pas mengiringi adegan video sepanjang lebih dari lima menit itu.

Dunia Tipu-Tipu sebenarnya sudah dirilis sejak 2021. Lagu ini masuk dalam album ketiga Yura Yunita bertajuk Tutur Batin yang dirilis pada 22 Oktober. Lagu Dunia Tipu-Tipu ada di urutan pertama dalam album, tapi bukan merupakan lagu andalan.

Selain itu, lagu tersebut juga punya beragam versi video musik, mulai dari video lirik sampai performance. Namun video musik resminya baru dirilis pada 27 Juli, dan langsung viral.

Baca Juga: 5 Tuduhan Plagiat Paling Konyol dalam K-Pop, Terbaru NewJeans

Lirik lagu Dunia Tipu-Tipu sebenarnya sederhana, tapi rangkaian katanya penuh makna. Judul dan liriknya menggambarkan realitas bahwa di tengah dunia yang penuh kepalsuan, sungguh beruntung kalau kita punya seseorang yang bisa kita percaya sepenuhnya.

Seseorang yang bisa mengerti kita sepenuhnya, yang bisa membuat kita jadi diri sendiri dan nyaman karenanya. Yang bisa berbagi lelucon bersama setiap hari, dan yang paling penting, bisa saling mengerti meski hanya lewat tatapan mata saja.

Makna Lagu 'Dunia Tipu-Tipu' Yura Yunita, Bikin Raisa dan Afgan Menangis

Foto: YouTube Yura Yunita

Yura dengan indah menggambarkan kondisi itu dengan lirik yang berulang, seolah menegaskan bahwa hal-hal tersebut adalah sesuatu yang sangat istimewa, dan harus dijaga sampai kapan pun.

"Hanya kamu yang mengerti/Gelombang kepala ini/Puja puji tanpa kata/Mata kita yang bicara/Selalu nyaman bersama/Janji takkan ke mana-mana".

Dalam bagian yang lain, ia juga menegaskan bahwa hubungan yang tanpa kepalsuan dan basa-basi justru membuat dirinya nyaman.

"Di dunia tipu tipu/Ku bisa rasa nyata denganmu/Tanpa banyak una inu/Ku bisa rasa aman selalu".

Penyanyi Gamaliel dalam video yang sama dengan Raisa dan Afgan termasuk yang paling emosional dalam memberikan reaksinya. Sambil mengusap air mata dengan tisu berkali-kali, ia mengatakan bahwa yang tergambar dalam video musik Dunia Tipu-Tipu sangat berharga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)