6 Drama Korea Populer yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Alchemy of Souls

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:05 WIB
loading...
6 Drama Korea Populer yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Alchemy of Souls
Alchemy of Soul jadi salah satu drama terbaru yang dituduh melakukan plagiat. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Beberapa drama Korea populer pernah dituduh plagiat, termasuk Alchemy of Souls. Padahal drama ini tengah hype di kalangan pencinta drama Korea dan mendapat rating tinggi.

Alchemy of Souls yang tayang di tvN dan Netflix ini tengah dituduh melakukan plagiat atas drama China berjudul Ever Night (2018). Tuduhan muncul karena gambaran karakter utama, adegan, bahkan propertinya dianggap memiliki kemiripan dengan drama China tersebut.

Kesamaan dua drama itu adalah, dua karakter utamanya digambarkan sebagai tuan dan pelayan. Karakter utama perempuan yang menjadi pelayan juga sama-sama punya identitas rahasia.

Kesamaan berikutnya adalah kekuatan karakter utama pria tertahan hingga tak mampu bertarung. Selain itu, pertarungan pembuka di atas es pada episode pertama juga disebut mirip, termasuk penggunaan busur dan pisau.

Meski begitu, tuduhan plagiat atas cerita yang dibuat oleh Hong Jung-eun dan Hong Mi-ran (Hong Sisters) dan Blue Dragon ini hanya muncul dari penonton, bukan dari tim produksi Ever Night.

Selain Alchemy of Soul, beberapa drama Korea populer juga pernah dituduh plagiat, bahkan langsung oleh pembuat drama atau novel yang diplagiat. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. A Korean Odyssey (2017)

6 Drama Korea Populer yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Alchemy of Souls

Foto: tvN

Sebelum Alchemy of Souls, Hong Sisters juga pernah dituduh melakukan plagiat ide atas seri novel Aeyugi oleh sang penulisnya, Jung Eun-sook (Ttangbyeol). Sang penulis bahkan membawa kasus tuduhan plagiat drama legendaris ini ke jalur hukum.

Meski begitu, Hong Sisters lantas membawa bukti bahwa mereka telah menulis bagian pertama A Korean Odysseypada 20 Maret 2017 atau sebelum novel tersebut dirilis. Kedua penulis skenario itu juga mengatakan bahwa mereka tidak pernah membaca Aeyugi.

2. Queen Seon-Dok (2009)

6 Drama Korea Populer yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Alchemy of Souls

Foto: MBC

Drama Korea dengan rating menembus 30% ini dituduh melakukan plagiat oleh produser drama musikal Queen of Rose of Sharon, Seon Deok. Tuduhan plagiarisme terjadi pada detail karakter, peristiwa, dan isi cerita secara keseluruhan.

MBC selaku stasiun televisi yang memproduksi serial ini bahkan sampai dibawa ke pengadilan pada 2010, dan pada 2012 terbukti bersalah. Mereka didenda sebesar USD186 ribu atau Rp2,7 miliar. Selain itu, penayangan ulang drama tersebut di televisi dan internet dilarang, begitu juga dengan penayangan DVD dan bukunya.

3. My Love from The Star (2013)

6 Drama Korea Populer yang Pernah Dituduh Plagiat, Terbaru Alchemy of Souls

Foto: SBS

Drama Korea romantis legendaris yang dibintangi Kim Soo-hyun dan Jun Ji-hyun ini juga dituduh melakukan plagiat oleh Kang Kyung-ok, penulis manga Seol-hee yang dirilis pada 2008. Ia menuduh serial tersebut meniru latar belakang, pekerjaan, dan hubungan antara para karakternya.

Yang menarik, diketahui bahwa baik manga Seol-hee maupun drama My Love from The Star sama-sama terinspirasi dari Gwanghae Journal yang berasal dari era Joseon. Jurnal ini mengambil referensi tentang kemunculan UFO.

Pada Mei 2014, Kang Kyung-ok mengajukan tuntutan hukum kepada produser drama tersebut. Namun pada 3 Juli, ia mencabut tuntutan tersebut. Hingga kini tak diketahui secara pasti apakah Kang dan produser drama melakukan kesepakatan di luar pengadilan.

Baca Juga: 8 Drama Korea Terbaik 2022 Sejauh Ini menurut Para Editor
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)