10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:22 WIB
loading...
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!
Sejumlah anime berbasis pendidikan sering menampilkan sekolah aneh dan spektakuler yang bisa bikin penontonnya ingin juga mencicipi rasanya belajar di sana. (Foto: Itl.cat)
A A A
Tidak semua orang suka sekolah. Bahkan, sejumlah protagonis di anime pun benci sekolah. Beberapa di antaranya suka bolos dan tidak terlalu unggul di bidang akademis. Tapi, tidak semua sekolah di anime itu menakutkan dan membosankan.

Di anime, ada sejumlah sekolah yang menawarkan pendidikan tidak biasa bagi para siswanya. Dari belajar ilmu sihir, pengusiran setan, sampai belajar menjadi ninja dan superhero, para siswa akan diberi pengarahan dan pelatihan dari para guru yang tentu saja cerdas dan menawan. Makanya, banyak penonton yang ingin menjajal seperti apa rasanya jadi murid di sekolah tersebut.

Sekolah di anime ini pun tak jarang menjadi ikon serial tersebut. Kehidupan para karakternya tidak jauh-jauh dari sekolah. Tak heran jika sekolah-sekolah ini selalu terlihat menyenangkan dan keren. Pastinya, orang jadi kepengin bersekolah di sana. Mengutip CBR, berikut sekolah paling keren di anime!



10. Kota Akademi — A Certain Magical Index
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Serial apa pun yang menamakan seluruh kota seperti sebuah sekolah pastinya memberikan perhatian khusus bagi pendidikan. Ini jelas terjadi di A Certain Magical Index. Sementara belajar di sebuah kawasan barat metropolitan yang terisolasi di Tokyo dengan dikelilingi tembok tinggi dan terpisah dari masyarakat terdengar dystopian, Kota Akademi punya alasannya.

Hanya siswa dengan kemampuan ESPer yang bisa menerima pengawasan khusus yang mereka butuhkan. Di kehidupan nyata, sekolah jarang mendapatkan dukungan atau dana yang mereka butuhkan. Tapi, Kota Akademi bisa mengatasi sejumlah masalah itu.

9. SMA Jujutsu Tokyo — Jujutsu Kaisen
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Ketika Yuji Itadori bergabung dengan siswa dan staf di SMA Jujutsu Tokyo, sekolah itu jelas dalam kondisi penurunan. Di kelas Yuji, hanya ada tiga siswa. Permintaan untuk pengusir setan baru jauh melampaui angka orang yang bisa melakukannya.

Masuk ke sekolah itu berarti akan terseret ke bencana dan kemungkinan kematian. Meski begitu, tidak bisa dimungkiri kalau Satoru Gojo adalah guru yang menawan dan kakak kelas pun tak kalah menariknya. Semua persahabatan itu mungkin sesuai bahayanya.

8. Akademi Shinigami Buki Shokunin Senmon — Soul Eater
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Sebagian besar sekolah tidak menggaungkan pencabutan nyawa sebagai mata pelajaran utama. Sekolah juga tidak menempatkan Death sebagai kepala sekolah dan tidak mengundang senjata iblis sebagai siswa. Tapi, sekolah itu melakukan semua itu dan lebih.

Desain petualangan dan kreatifnya mungkin sudah cukup membuat sekolah Impian Halloween ini menarik. Tapi, alasan terbaiknya untuk masuk sekolah ini adalah persahabatan yang jelas bisa ditempa. Anak-anak di sekolah ini menemukan semacam soulmate mereka. Bahkan, karakter teraneh pun sulit merasa seperti orang luar.

7. Akademi Surga — Angel Beats
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Masalah dengan Akademi Surga adalah itu bukanlah surga sama sekali. Kenyataannya, setting utama serial klasik karya Jun Maeda ini adalah te pat penyucian yang disamarkan sebagai SMA. Semua siswanya sudah mati tapi punya urusan yang belum terselesaikan. Meski terdengar suran, Akademi Surga menawarkan sesuatu yang tidak bisa ditawarkan sekolah lain, yaitu katarsis.

Di Akademi Surga, para siswa menghadapi trauma mereka atau menyelesaikan ikatan yang mencegah mereka masuk akhirat yang sebenarnya. Akhirnya, menghabiskan waktu di Akademi Surga membantu para siswanya untuk menghargai nyawa mereka yang telah melayang dan move on ke tahap berikutnya. Tidak banyak sekolah yang bisa menyelamatkan satu jiwa.

6. Kelas 3-E SMP Kunugigaoka — Assassination Classroom
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Sejak awal, kelas di jatung Assassination Classroom ini tidak punya prospek terbaik. Kelas 3E itu kurang lebih adalah kambing hitam sistem pendidikan yang bobrok. Tempat itu disebut tempat di mana para berandalan dan anak-anak gagal dijadikan satu untuk belajar.

Kelas itu juga diberi tanggung jawab untuk menghancurkan monster yang berniat menghancurkan dunia. Monster itu adalah wali kelas mereka sendiri, Korosensei. Sementara tekanan seperti ini mungkin bukanlah lingkungan yang paling kondusif untuk belajar, panduan Korosensei dan sumber daya para siswa kelas itu memberikan lahan subur baru anak-anak ini untuk tumbuh dan bahkan menjelajahi dunia yang pernah menyingkirkan mereka. Semua orang akan beruntung untuk diajari Korosensei.

5. Akademi Salib Sejati — Blue Exorcist
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Gedung menjulang Akademi Salib Sejati terlihat lebih seperti Kastil Bergerak Howl ketimbang sebuah sekolah swasta elite. Tapi, sepertinya tidak ada yagn sadar kalau itu adalah sekolah sihir. Tapi, seperti Blue Exorcist, Akademi Salib Sejati juga sering terlewatkan sebagian besar orang.

Mungkin, itu adalah bagian dari daya tariknya. Tepat terlihat di depan mata, anak-anak dan iblis bisa belajar mengusir setan dan diberi tempat bernaung yang terisolasi dari dunia tapi membatasinya. Di situ, bahkan anak Setan pun punya peluang sukses.

4. SMA Ouran — Ouran High School Host Club
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

SMA Ouran jelas adalah institusi elit. Sejak awal, protagionisnya, Haruhi, tidak bisa berharap masuk tanpa beasiswa. Dan, kesadaran diri dari penulisan menebus Ouran dengan tak terkira.

Haruhi menyebut hal-hal tak masuk akal ketika dia melihatnya. Bahkan, sebagian besar siswa yang tidak tahu apa-apa, anggota klub host itu sendiri, belajar melihat dunia secara berbeda karena kehadirannya. Dan, dari perspektif siswa lain, sekolah yang menyombongkan waktu minum teh bersama orang-orang rupawan yang menghabiskan waktu memuji klien mereka bukanlah prospek terburuk di dunia.

3. Luna Nova — Little Witch Academia
10 Sekolah Paling Keren di Anime, Bikin Pengin Belajar di Sana!

Melihat keruntuhan fandom Harry Potter adalah mimpi buruk. Sementara penggemar berusaha mengatur perasaan mereka, sekolah sihir lain bisa membantu mengobati rasa sakit yang ada. Salah satunya adalah Luna Nova, sekolah di jantung serial Little Witch Academia.

Luna Nova mungkin punya sejarah yang tidak bagus. Tapi, sekolah ini membuka pintunya untuk siswa baru, bahkan siswa tanpa moyang penyihir. Ini adalah sebuah langkah ke arah yang tepat. Ini membuat protagonisnya menerima pendidikan sihir yang bermanfaat dan menyenangkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)