Cuplikan 9 Lagu BTS versi Demo yang akan Dirilis di CD 3 Album PROOF

Rabu, 11 Mei 2022 - 11:23 WIB
loading...
Cuplikan 9 Lagu BTS versi Demo yang akan Dirilis di CD 3 Album PROOF
BTS akan menyajikan versi demo dari lagu-lagu populer mereka dalam CD 3 album PROOF. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - BTS telah merilis seluruh tracklist dari album antologi mereka bertajuk PROOF, yang terdiri dari tiga CD dengan total 48 lagu. Albumnya akan dirilis pada 10 Juni mendatang.

Pada CD 1 BTS mengisinya dengan 19 lagu utama (title track) dari album-album yang telah mereka rilis, termasuk satu lagu baru. CD 2 diisi dengan 15 lagu solo dan sub-unit pilihan masing-masing member yang juga sudah pernah dirilis secara resmi.

Adapun CD 3 berisi 14 lagu BTS, terdiri dari 9 lagu versi demo, 1 versi acapella, 1 versi sub-unit, ditambah 2 lagu lama yang belum pernah dirilis serta 1 lagu baru yang disebut sebagai lagu khusus untuk ARMY.

CD 3 bisa dibilang yang paling membuat penasaran dan ditunggu para penggemar karena menunjukkan proses kreatif para member BTS dalam membuat lagu. Sebagian lagu versi demo sebenarnya sudah pernah ditunjukkan BTS dalam beberapa kesempatan, hanya saja mereka membocorkannya sedikit saja.

Cuplikan 9 Lagu BTS versi Demo yang akan Dirilis di CD 3 Album PROOF

Foto: BigHit Music

Meski begitu, lagu Jump versi demo tak pernah terdengar dibocorkan. Meski begitu, RM dan Suga dalam sebuah wawancara dengan media Jepang pada 2015 pernah mengatakan bahwaJump termasuk salah satu lagu terlama BTS yang dibuat saat pre-debut.

Suga bahkan mengatakan bahwa sebagian melodi lagu itu dibuatnya saat masih SMA. Run versi Suga dan RM menjadi lagu yang sering mereka bawakan saat masa evaluasi kala masih menjadi trainee.

Perlu dicatat, seluruh lagu dalam CD 3 (kecuali satu lagu terbaru) hanya bisa didengarkan lewat rilisan album fisik, jadi tak akan muncul di platform streaming musik. Nah, berikut ini 8 lagu BTS versi demo serta 1 lagu acapella yang pernah mereka tunjukkan.


1. Boy In Luv

Boy in Luv versi demo yang dibuat pada 2014 ini tak berbeda jauh dengan hasil akhirnya. Meski begitu, versi demonya agak lebih kental unsur rocknya, dan ada juga perbedaan pada durasi menit ketiga. Adlib Jungkook pada menit tersebut juga membuatnya berbeda.



2. I Need You

Ada beberapa versi demo I Need You yang beredar, dan yang berikut ini memberikan warna yang sedikit berbeda dari hasil akhirnya yang dirilis pada 2015.



3. Tony Montana (Featuring Jimin)

Ini adalah lagu dari proyek solo Suga dengan nama Agust D. Lagunya masuk dalam mixtape bertajuk Agust D yang dirilis pada 2016. Versi Tony Montana bersama Jimin sempat dibawakan secara langsung saat acara Muster ketiga pada November 2016. Lagu yang akan dirilis nanti tampaknya adalah versi studionya.



4. Young Forever (Demo versi RM)

RM pernah membocorkan versi demo Young Forever yang dibuatnya saat VLive, dan hasilnya sangat berbeda dengan versi resmi yang dirilis pada 2016.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)