Deretan Artis Korea yang Donasikan Uangnya untuk Ukraina

Rabu, 09 Maret 2022 - 16:03 WIB
loading...
Deretan Artis Korea yang Donasikan Uangnya untuk Ukraina
Im Siwan yang kini ngetop sebagai bintang drama jadi salah satu artis Korea yang menyumbang untuk Ukraina. Foto/PLUM A&C
A A A
JAKARTA - Para artis Korea mendonasikan uangnya untuk Ukraina, negara yang kini tengah diinvasi oleh Rusia. Jumlah sumbangannya mencapai puluhan miliar rupiah.

Konflik Rusia dan Ukraina memuncak sejak Februari 2022, saat negara pimpinan Vladimir Putin itu melakukan serangan rudal terhadap fasilitas militer di negara tetangga sekaligus sesama pecahan Uni Soviet, Ukraina.

Sederet artis Korea, mulai dari bintang drama hingga idol K-pop pun menunjukkan simpatinya dengan berdonasi untuk rakyat Ukraina atas nama kemanusiaan. Mengutip Korea Times, sumbangan yang masuk lewat Kedutaan Besar Ukraina di Korea Selatan sudah mencapai 2,3 miliar won atau Rp26,7 miliar.

Berikut adalah nama-nama yang terekam publik berdonasi untuk Ukraina.

1. Im Siwan


Deretan Artis Korea yang Donasikan Uangnya untuk Ukraina

Foto: PLUM A&C

Idol dari grup ZE:A sekaligus aktor drama ini menyumbang uang sebesar 20 juta won (Rp232 juta) lewat Kedutaan Besar Ukraina di Korea Selatan. Lewat akun Instagram-nya, Im Siwan juga menunjukkan bahwa ia memesan akomodasi selama sebulan di negara tersebut.

Akomodasi itu dipesannya bukan untuk pergi ke Ukraina, tapi agar uangnya bisa untuk membantu perekonomian di negara pimpinan Volodymyr Zelenskyy tersebut.

2. Han Ji-Min

Deretan Artis Korea yang Donasikan Uangnya untuk Ukraina

Foto:BH Entertainment

Aktris pemain drama Rooftop Prince, Familiar Wife, dan The Light in Your Eyes ini menyumbang uang sebesar 100 juta won (Rp1,1 miliar) lewat UNICEF. Ia mendonasikan uang itu untuk membantu pemulihan anak-anak korban perang di sana.

Baca Juga: 5 Film tentang Perang Rusia Ukraina, dari Kisah Muslim hingga Dokter Muda

3. Lee Young-Ae

Deretan Artis Korea yang Donasikan Uangnya untuk Ukraina

Foto: JTBC

Aktris legendaris yang terakhir kali bermain serial Inspector Koo ini juga menyumbangkan 100 juta won (Rp1,1 miliar), lewat Kedutaan Besar Ukraina. Young-ae mengaku sebagai keluarga veteran yang mengalami perang, ia bisa merasakan kengerian itu dibanding yang lainnya.

Seperti diketahui, Korea Selatan pernah diinvasi Jepang saat Perang Dunia II. Sementara hingga saat ini, tiap pria dewasa di Korea Selatan harus menjalani wajib militer untuk menjaga keamanan negara dari Korea Utara.

4. U-KISS

Deretan Artis Korea yang Donasikan Uangnya untuk Ukraina

Foto: NH Media

Para member dari grup generasi kedua K-pop ini, yaitu Soohyun, Hoon, dan Kiseop memberikan donasi sebesar 10 juta won (Rp116 juta) lewat Kedutaan Besar Ukraina. Ketiga member berharap perang segera berakhir, dan orang-orang bisa berdamai kembali.

5. Yang Dong-Geun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)