Penulis Paulo Coelho Jadi Keynote Speaker Konferensi BTS ke-3

Penulis Paulo Coelho Jadi Keynote Speaker Konferensi BTS ke-3
Paulo Coelho kerap kali menyampaikan kekagumannya atas karya-karya BTS. Foto/Getty Images, BigHit Music
JAKARTA - Paulo Coelho, penulis Brasil yang makin populer berkat novel The Alchemist, akan menjadi pembicara kehormatan (keynote speaker) dalam BTS Global Interdisciplinary Conference ke-3 di Seoul.

Kabar ini disampaikan langsung oleh sang penulis di akun Twitter resminya. Dalam unggahannya itu, ia membagikan pesan dari Jiyoung Lee, profesor di Sejong University sekaligus peneliti studi filsafat yang menjadi anggota komunitas akademisi BTS ARMY. Sang profesor yang mengundangnya menjadi pembicara dalam konferensi tersebut.




BTS Global Interdisciplinary Conference ke-3 akan diselenggarakan pada 14-16 Juli 2022 di Hankuk University of Foreign Studies di Seoul, Korea Selatan. Tema yang diangkat kali ini adalah The Post-Pandemic Era, Welcome to the New Humanity.

Sama seperti penyelenggaraan sebelumnya, konferensi ini akan mempresentasikan jurnal atau studi ilmiah terkait pengaruh grup pop BTS dalam berbagai bidang, mulai dari feminisme dan sosiologi, psikologi dan antropologi, filsafat dan literatur, bisnis dan strategi media, pemasaran dan industri, sejarah, budaya Korea, politik dan hubungan internasional, hingga budaya fandom.

Penulis Paulo Coelho Jadi Keynote Speaker Konferensi BTS ke-3

Foto: bts-conference-seoul.com

Selain presentasi atau panel, akan ada pula workshop, pameran seni, dan berbagai aktivitas yang diikuti ARMY. Acara yang akan digelar secara offline dan online ini menjadi wadah bertemunya para akademisi, pelaku industri, seniman, dan penggemar.

BTS Global Interdisciplinary Conference pertama kali digelar pada 2020 di Kingston University, London, Inggris. Saat itu, konferensi dihadiri lebih dari 100 orang akademisi.

Baca Juga: 7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Sementara konferensi ke-2 dilakukan secara online pada 2021 dari California State University Nortridge, Los Angeles, Amerika Serikat.

BTS diketahui menjadi pengagum buku-buku karya Paulo Coelho. Suga pernah secara langsung merekomendasikan The Alchemist dalam BTS Official Fanclub 5th ARMY Kit.

Penulis Paulo Coelho Jadi Keynote Speaker Konferensi BTS ke-3

Foto: Gramedia

Ia menyebut novel yang bercerita tentang pencarian jati diri dan kebahagiaan itu sebagai salah satu buku favoritnya. Hingga kini, The Alchemist sudah terjual lebih dari 150 juta kopi dan diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa.

Baca Juga: Ini Kata Orang-Orang yang sudah Nonton Film The Batman

Buku-buku Paulo Coelho lainnya yang populer antara lain Veronika Decides to Die, Eleven Minutes, By the River Piedra I Sat Down and Wept, dan Brida. Dua novel terakhirnya adalah Hippie(2018) dan The Archer (2020).

Hippie bercerita tentang petualangan Paulo muda berkeliling dunia dengan cara hitchhiking atau menumpang di kendaraan orang lain.Sementara The Archer berisi banyak pesan kehidupan, termasuk filosofi sebuah busur dan pentingnya menjaga konsentrasi. Kedua buku sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


(ita)
Share: