10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun

10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun
Anime yang menargetkan audiens dewasa biasanya mengangkat tema seperti masalah sosial dan pencarian jati diri. Kekerasan dan kegelapan kerap jadi penghiasnya. (Foto: Nefarious Reviews)
Anime bukan hanya untuk anak-anak. Ada sejumlah serial yang memang ditujukan untuk audiens dewasa dan tidak cocok untuk anak karena muatannya. Anime seperti ini biasanya punya persamaan tema yang lebih gelap. Mereka menampilkan sisi kelam manusia dan kehidupan mereka.

Adegan-adegannya biasanya mengerikan, keras, kejam dan berdarah-darah. Ceritanya juga lebih serius dengan setting dunia yang lebih kelam dari anime shounen biasa. Anime dewasa seperti ini sering disebut seinen. Mereka menargetkan audiens dengan pemikiran yang sudah dewasa.

Anime seinen sudah ada sejak 1990-an. Meski sebagian populer, namun tetap saja, anime ini tidak cocok untuk anak-anak karena harus ditonton orang yang sudah bisa mencerna tema-tema seperti balas dendam dan pembunuhan kejam. Apa saja anime yang cocok ditonton audiens dewasa? Berikut rekomendasi GenSINDO!

Baca Juga: 10 Karakter Anime yang Selalu Tampil Meriah dan Mencolok

10. Code Geass
10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun

Code Geass: Hangyaku no Lelouch adalah serial anime original produksi Sunrise dengan karakter dirancang Clamp, kelompok artis manga yang semuanya perempuan. Serial ini kemudian diadaptasi ke manga dan novel. Anime-nya dikenal karena menarik banyak genre dan karakternya yang menghadapi dilemma moral. Serial ini adalah salah satu anime terbaik yang pernah ada.

Code Geass berkisah tentang Lelouch Lamperouge, seorang siswa Britannia, yang terjebak pertempuran antara pasukan kerjaan dan pemberontak. Dia bisa kabur berkat kemunculan gadis misterius bernama CC yang memberikannya Geass, kekuatan para raja. Sadar dengan potensi kekuatan barunya itu, Lelouch melakukan perjalanan sebagai vigilante bertopeng bernama Zero. Dia memimpin pemberontakan melawan Britannia demi balas dendam.

Lelouch adalah anggota keluarga Kerjaan Britannia yang diasingkan setelah ibunya tewas dibunuh. Kematian ibunya itu menyebabkan adiknya jadi buta dan lumpuh. Lelouch terus memendam dendam kepada keluarganya itu dan bertekad untuk membalas semuanya.

9. Ghost in the Shell
10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun

Serial ini adalah salah satu yang paling tua masuk daftar ini. Manga Ghost in the Shell dirilis pada 1989. Selama perjalanannya, manga cyber punk ini sudah diadaptasi dalam sejumlah film dan serial anime. Serial ini ber-setting pada 2029, di sebuah kota bernama Niihama yang merupakan metropolitan dengan teknologi canggih. Warganya bisa mengganti anggota tubuhnya dengan robot.

Serial ini berkisah tentang Mayor Motoko Kusanagi dari Seksi 9 yang memimpin penyelidikan kasus peretas misterius yang dikenal sebagai Dalang. Dia meninggalkan jejak korban yang dibuat kehilangan memori mereka. Tubuh Dalang nyaris semuanya robotik, seperti banyak orang di Niihama City saat itu, yang memberikan kekuatan luar biasa.

Motoko dan anak buahnya mengikuti jejak kriminal itu. Pihak lain—termasuk Seksi 6—mulai terlibat. Ini membuatnya terpaksa menghadapi kerumitan kasus ini. Digelayuti pertanyaan filosofis, seperti tentang arti hidupnya, Motoko pun sadar kalau Dalanglah yang bisa menjawab pertanyaan itu.

8. Baccano!
10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun

Serial ini diangkat dari 4 novel ringan karya Ryohgo Narita dengan judul yang sama. Meski lebih setia pada 3 novel pertamanya, novel keempatnya lebih longgar dan lebih menjadi cerita yang eksklusif untuk anime. Anime-nya juga mengadopsi gaya bercerita yang tidak linear. Cerita tiap novel diceritakan berututan satu sama lain dengan plot berbeda.

Serial ini ber-setting di Chicago pada awal 1930-an. Saat itu, Flying Pussyfoot memulai perjalanan legendaris. Di saat yang sama, di New York, ilmuwan ambius Szilard dan ajudannya, Ennis, mencari botol berisi obat keabadian yang hilang. Sementara, perang antara grup mafia kian memburuk. Di Advena Avis, pada 1711, para ahli alkimia akan tahu tentang harga keabadian.

Serial ini mengikuti sejumlah peristiwa yang sepertinya tidak terkait, baik waktu dan tempatnya. Tapi, mereka adalah bagian dari cerita yang lebih besar, yaitu alkimia, bertahan hidup dan keabadian. Yang menyatukan semua itu adalah calon pencuri bernama Isaac and Miria.

7. Tokyo Ghoul
10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun

Tokyo Ghoul adalah salah satu serial anime yang terpopuler di masanya. Serial fantasi gelap ini tayang perdana pada 2014. Anime ini berjalan sepanjang dua season, dengan season 2-nya diangkat dari cerita asli manga-nya.

Anime ini berkisah tentang seorang mahasiswa bernama Ken Kaneki yang kutu buku dan penyendiri. Dia menghindari semua berita tentang ancaman ghoul pemakan daging yang muncul dalam bentuk manusia dan bercampur dengan populasi mereka. Kehadiran Kaneki menarik perhatian seorang cewek bernama Rize Kamishiro yang mengajaknya berkencan.

Saat mengantar Rize pulang, Kaneki tahu kalau Rize bukanlah manusia. Cewek itu membawanya dengan niat jahat. Setelah pertarungan tragis, Kaneki bangun di rumah sakit. Nyawanya selamat setelah dokter mentransplantasi organ Rize yang tewas ke tubuhnya. Tubuh Kaneki pun mulai berubah menjadi hybrid manusia-ghoul. Kaneki kini pun harus bergantung pada rasa kemanusiaannya di tengah konflik antara monster baru dan pemerintah.

6. Hellsing Ultimate
10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun

Ada dua adaptasi Hellsing dari manga yang sama. Hellsing pertama adalah adapasi manga sepanjang 13 epsiode yang ceritanya berbeda dari manga-nya. Sementara yang kedua adalah Hellsing Ultimate, sebuah OVA yang ceritanya mengadaptasi manga-nya.

Hellsing Ultimate berkisah tentang Hellsing, organisasi yang mendedikasikan diri untuk menghancurkan pasukan gaib pemangsa manusia yang mengancam keberadaan manusia. Kepalanya, Integra Hellsing, memerintah militer yang kuat. Dia juga menghabiskan hidupnya untuk melawan para makhluk yang tidak mati itu. Pasukan besar Integra tidak sebanding dengan senjata pamungkasnya, Alucard, seorang vampir. Alucard bekerja melawan jenisnya sendiri sebagai algojo Hellsing.

Bersama pelayan barunya, Seras Victoria, Alucard tidak hanya harus melawan vampir, tapi juga para penentang Hellsing. Serial ini membutikan kalau orang tidak selalu seperti penampilan mereka. Selain itu, senjata terhebat kadang muncul dalam bentuk mimpi terburuk seseorang.

5. Fullmetal Alchemist: Brotherhood
10 Serial Anime yang Cocok untuk Orang Berusia 21+ Tahun

Serial ini diadaptasi dari manga karya Hiromu Arakawa. Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah serial anime kedua dari manga itu yang dirilis pada 2009. Serial ini dianggap lebih baik dari pendahulunya, Fullmetal Alchemist (2003) karena lebih setia pada materi sumbernya dengan langsung mengikuti lini cerita manga.
halaman ke-1
Share: