BTS Kalahkan Presiden Korsel sebagai Orang Korea Paling Berpengaruh di Mata Warga Dunia

Selasa, 25 Januari 2022 - 17:01 WIB
loading...
BTS Kalahkan Presiden Korsel sebagai Orang Korea Paling Berpengaruh di Mata Warga Dunia
BTS dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berpose dalam acara Korea-France Friendship Concert pada 2018. Foto/Twitter @bts_bighit
A A A
SEOUL - Survei Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan menempatkan BTS di posisi puncak dalam daftar "10 Most Influential Koreans in 2021".

Daftar ini dibuat setelah kementerian tersebut melakukan survei terhadap 12.500 orang berusia di atas 16 tahun di 24 negara. Responden tersebar di Asia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah, Timur Tengah, dan Afrika.

Mengutip Koreaboo, ada delapan poin yang dipakai dalam voting dan harus diisi responden, dua teratas adalah "ketertarikan terhadap budaya tradisional Korea" dengan bobot 83,4% dan "ketertarikan terhadap bahasa Korea" dengan bobot 54,5%.

Hasilnya, BTS ada di posisi pertama sebagai sosok paling berpengaruh, dengan nilai cukup signifikan, yaitu 15,1%.

Sementara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in duduk di posisi kedua dengan jarak yang cukup jauh, yaitu 6,2%. BLACKPINK ada di posisi ketiga dengan perbedaan tipis 6,1%.

Baca Juga: 5 Fakta Menyedihkan Huening Bahiyyih Kep1er, Dicinta sekaligus Dibenci

BTS Kalahkan Presiden Korsel sebagai Orang Korea Paling Berpengaruh di Mata Warga Dunia

Foto: MYM Entertainment

Posisi keempat dan kelima diisi oleh aktor drama Lee Min-ho dan pesepakbola Son Heung-min dari klub Premier League Tottenham Hotspur (Inggris). Masing-masing mendapat nilai 4,1% dan 3,6%.

Posisi keenam diisi legenda K-pop PSY yang mendapat suara 2,2%, diikuti oleh sutradara Parasite, Bong Joon-ho, dengan 1,6%.

Untuk peringkat ke-8 dan ke-9, diisi mantan suami istri sekaligus salah satu bintang drama Korea dengan honor termahal, yaitu Song Hye-kyo dan Song Joong-ki. Mereka juga memperoleh suara yang sama, yaitu 1,3%.

Posisi paling buncit diisi oleh politikus Ban Ki-moon. Ia adalah diplomat yang pernah menjadi Sekjen PBB pada Januari 2007 hingga Desember 2016. Ia juga mendapat 1,3% suara.

Baca Juga: Akting Tidak Memuaskan, 6 Idol-Aktor Ini Dinilai Harus Belajar Lagi

Saat ini Ban Ki-moon adalah co-chair untuk Global Center on Adaptation, lembaga yang terlibat dalam kegiatan perumusan kebijakan, penelitian, dan membantu pemerintah dalam urusan teknis.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2846 seconds (0.1#10.140)