5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus

Jum'at, 14 Januari 2022 - 13:51 WIB
loading...
5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus
IVE baru debut Desember 2021, tapi sudah dikritik karena perilaku yang dianggap tidak sopan saat tampil di televisi. Foto/Starship Entertainment
A A A
JAKARTA - Beberapa idol K-pop dianggap berperilaku tidak sopan, berakibat menerima kritik dari masyarakat. Bahkan ada yang sampai harus hiatus karena tekanan publik.

Menjadi selebritas bukan hal yang mudah karena setiap gerak-geriknya akan selalu diawasi dan mengundang perhatian. Salah berperilaku sedikit saja, maka akan langsung diserang masyarakat, terutama netizen. Berikut ini lima idol K-pop yang pernah mengalami masalah tersebut.

1. IVE

5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus

Foto: MBC

Girl group rookie ini baru saja debut pada 1 Desember 2021, tapi perilakunya sudah dikritisi gara-gara dianggap tidak sopan kepada idol lain yang merupakan senior mereka. Hal ini terjadi saat grup dengan enam member tersebut tampil dan menduduki peringkat pertama program televisi Music Core pada 18 Desember 2021.

Saat itu, setelah ketiga pembawa acara, yaitu Jaemin NCT, Lee Know Stray Kids, dan Minju mantan member IZ*ONE mengumumkan kemenangan IVE, keenam member langsung menyanyikan encore lagu Eleven. Biasanya, setelah pengumuman dilakukan, pembawa acara dan grup yang ada di samping mereka akan saling membungkuk sebelum host turun panggung. Namun IVE tidak melakukan hal tersebut.

Padahal, Jaemin dan Lee Know yang lebih senior dari IVE - baik dari umur maupun karier - sudah membungkuk sebagai tanda hormat. IVE baru membungkuk kepada Minju, itu pun karena ia menghampiri grup tersebut.

Keruan, penonton langsung menganggap IVE tidak punya tata krama, apalagi mereka adalah grup yang usianya baru seumur jagung. Sebagian netizen berpendapat bahwa mereka masih muda (usia 14-18 tahun) dan belum berpengalaman, jadi harus dimaklumi. Namun fakta bahwa Yujin dan Wonyoung sudah pernah debut bersama IZ*ONE sebelumnya membuat alasan ini tidak bisa diterima sepenuhnya.

Untungnya, mereka mengambil pelajaran dari kritikan tersebut. Saat IVE tampil lagi dalam acara yang sama dan kembali menjadi pemenang pada 8 Januari lalu, seluruh member langsung membungkuk sebagai tanda hormat sebelum ketiga pembawa acara turun panggung. Malah, IVE yang lebih dulu berinisiatif membungkuk.

2. NCT Dream

5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus

Foto: Instagram @from_youngk

NCT Dream pernah dikritik tidak sopan pada Young K DAY6 saat mereka menjadi bintang tamu dalamprogram KBS Cool FM Kiss the Radio, Juli silam. Saat ditanya oleh Young K yang menjadi pembawa acara, Jaemin memberikan jawaban yang tidak serius, seperti bercanda saja.

Sementara Chenle dan Mark juga seperti sibuk sendiri. Mereka juga sempat menirukan gerakan Young K, yang juga dianggap tidak sopan dan kekanak-kanakan. Setelah siaran, Young K dan NCT Dream berfoto bersama. Ia lantas membungkuk pada tamunya itu, tapi NCT Dream lagi-lagi seperti sibuk sendiri dan tidak membalas salam hormat senior mereka itu.

Tentu saja, penonton langsung mengkritik keras perilaku NCT Dream yang seperti bermain-main saat tampil di depan publik, apalagi di hadapan orang yang lebih tua dan lebih senior dalam karier. Saat itu bahkan sempat muncul trending topic dengan tagar #nctdreamApologizetoyoungk.

Baca Juga: 6 Boy Group K-Pop Beken yang Kontraknya Habis pada 2022, Lanjut atau Bubar?

3. Hwayoung BOYS24

5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus

Foto:CJ E&M

Pada 2017, mantan pacar Hwayoung dari boy group pradebut BOYS24 merilis rekaman suara idol tersebut yang penuh dengan kata-kata tidak menyenangkan. Salah satunya adalah dia mengatakan napas para penggemarnya bau.

"(saat fan meeting) Kami harus menyapa 700-800 orang dan memegang tangan mereka, ini membuatku aku mau muntah. Serius, napas mereka bau banget," ujar suara dalam rekaman itu.

Hwayoung juga mengatakan bahwa ia tidak suka dipanggil dengan sapaan oppa oleh penggemarnya. "That’s f**king sh*tty," ujarnya.

Akibat beredarnya rekaman suara tersebut, agensi CJ E&M mengeluarkan pernyataan maaf di akun Facebook grup tersebut. Tak cuma itu, Hwayoung bahkan diistirahatkan dari konser BOYS24 yang berlangsung pada Februari 2017.

4. Irene Red Velvet

5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus

Foto: SM Entertainment

Irene Red Velvet mungkin idol yang paling mendapat hukuman berat dari daftar ini. Kontroversi yang melibatkan leader Red Velvettersebut terjadi pada Oktober 2020, saat seorang penata gaya dan editor foto mengungkap bahwa Irene berkata kasar dan merendahkannya.

Pengakuan korban yang sudah bekerja selama 15 tahun dalam bidangnya itu langsung membuat geger masyarakat. Berbagai kritikan termasuk tagar ramai menjadi trending topic di Twitter. Irene pada akhirnya menyampaikan permintaan maaf secara langsung maupun lewat akun Instagram-nya. Setelah meminta maaf, Irene menghilang dari media sosial dan publik selama 10 bulan.

Baca Juga: "5 Maknae Grup K-Pop yang Dipilih Jadi Leader oleh Seniornya

5. Jae DAY6

5 Idol K-Pop yang Dianggap Tidak Sopan, Dua Orang Sampai Hiatus

Foto: Twitch eaJParkOfficial

Yang kasusnya masih hangat adalah Jae DAY6 yang menghina sesama idol, yaitu solois perempuan Jamie. Dalam siaran di aplikasi streaming Twich, Jae menyebut Jamie sebagai "thot". Ini adalah istilah kasar yang dipakai untuk menyebut perempuan yang menggunakan daya tarik seksual untuk memikat lawan jenis. Saat mengatakan hal tersebut, Jae juga tertawa terbahak-bahak.

Tak hanya netizen yang marah mendengar hinaan Jae, Jamie yang sebenarnya berteman baik dengan Jae pun terkejut dan kecewa dengan ucapan seniornya itu. Ia bahkan mengungkapkannya langsung di akun Twitter-nya.

Jae akhirnya meminta maaf dengan berdalih bahwa ia tak bermaksud menghina Jamie. Namun netizen tetap bersikukuh bahwa Jae memang berniat mengatakan kata buruk itu pada temannya tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)