Jae dan JYP Beri Pernyataan Berbeda soal Keluar dari DAY6, Ini Sederet Masalah yang Pernah Terjadi

Sabtu, 01 Januari 2022 - 12:15 WIB
loading...
Jae dan JYP Beri Pernyataan Berbeda soal Keluar dari DAY6, Ini Sederet Masalah yang Pernah Terjadi
Jae DAY6 resmi hengkang dari DAY6 sekaligus agensinya sejak 2012, JYP Entertainment. Foto/JYP Entertainment
A A A
SEOUL - Judul artikel ini diubah dari "Jae Keluar dari DAY6 dan JYP, Ini Sederet Masalah yang Pernah Terjadi" menjadi seperti yang tertera dalam judul. Perubahan dilakukan karena terdapat pertentangan antara pihak yang terlibat, dan adanya informasi terbaru. Informasi terbaru dimasukkan dalam badan berita).

Jae, vokalis dan gitaris DAY6, resmi keluar dari band tersebut sekaligus dari agensinya. Kabar ini disampaikan langsung oleh JYP Entertainment .

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh agensi tersebut pada 1 Januari 2022 lewat akun Twitter resmi @day6official. Sebelum berita ini muncul, Jae lewat akun Twitter @eaJPark hanya mengumumkan bahwa ia hiatus dari aktivitas grup.

"Setelah berdiskusi dengan agensi, aku sampai pada keputusan bahwa aku akan istirahat dari DAY6," tulisnya.

Sementara dalam pernyataan resminya, JYP Entertainment dengan tegas mengatakan bahwa musisi Argentina-Amerika berusia 29 tahun itu resmi meninggalkan DAY6 dan agensi tersebut.

"Per 31 Desember 2021, member DAY6 Jae akan meninggalkan band dan mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan JYP Entertainment dengan alasan pribadi. JYP Entertainment mengambil keputusan ini demi menghormati permintaan Jae setelah kami melakukan diskusi panjang," tulis JYP.

"Meskipun hubungan kami dengan Jae telah berakhir, tapi JYP Entertainment akan terus mendukung awal baru bagi Jae."

Agensi itu juga menambahkan bahwa mereka akan mendukung seluruh aktivitas DAY6 dan berharap My Day (nama fandom DAY6) mendukung dengan penuh cinta. Perlu dicatat, kontrak tujuh tahun pertama DAY6 dengan JYP akan berakhir pada awal September 2022.

Baca Juga: 6 Grup K-Pop Beken yang Kontraknya Berakhir Tahun 2022, Perpanjang atau Bubar


UPDATE (1 Januari 2021 pukul 13.30 WIB):

Saat JYP Entertainment mengumumkan pernyataannya, Jae melakukan siaran di Twitch dan mengatakan bahwa ia tetap bersama DAY6. Berikut pernyataan Jae.

"Akan butuh waktu sampai mereka (para member DAY6) kumpul lagi karena ada wajib militer. Jadi kalau semuanya sudah kembali, kami mungkin akan duduk, bicara, karena kami sudah membicarakan hal ini. Aku pikir kami baik-baik saja. Kalian harus percaya padaku. Kalau kalian tidak percaya padaku, percayalah pada mereka. Jadi akan ada aktivitas grup secara lengkap. Untuk sekarang, aku bilang "ya". Aku akan kaget kalau pada masa mendatang kami tidak lagi tampil sebagai DAY6. Aku tidak tahu soal nama (bandnya) atau bagaimana situasinya, tapi kami berlima akan kembali lagi ke panggung," kata Jae, mengutip dari akun Twitter @lunekyh.

Berita hengkangnya Jae dari agensinya sebenarnya tidak mengejutkan, terutama bagi My Day. Pasalnya, sejak 2020 Jae berulang kali menyampaikan rasa frustasinya pada agensi yang telah bersamanya sejak 2012 itu.

Berikut kilas balik masalah terkait penyanyi bernama Park Jae-hyung ini dengan JYP Entertainment.

1. Jae Menutup Akun YouTube dan Twitch-nya

Jae dan JYP Beri Pernyataan Berbeda soal Keluar dari DAY6, Ini Sederet Masalah yang Pernah Terjadi

Foto: JYP Entertainment

Pada 2018, Jae menutup kanal Jaesix dan pada 2021 ia juga menutup akun aplikasi live streaming Twitch-nya. Kini, Jae hanya punya kanal YouTube eaJ yang mempromosikan proyek solonya, itu pun terakhir diperbarui setahun yang lalu.

Lewat cuitan di Twitter pada 30 Juni 2020, Jae mengatakan bahwa JYP yang memaksanya untuk menghentikan kanal YouTube-nya itu. "Aku yang mengerjakannya sendiri. Aku harus memohon agar dapat izin untuk melakukannya. Tapi setelah semuanya, orang-orang di perusahaan bilang bahwa perusahaan tidak menyetjui hal ini dan aku harus menghentikannya," tulisnya, mengutip dari Koreaboo.

Sementara untuk akun Twitch, ada dugaan bahwa JYP juga memaksanya untuk menutup akun tersebut. Pada Maret 2021, Jae memang terkena kontroversi karena menyebut kalimat "sugar daddy" dan menunjukkan adegan animasi mirip aktivitas seksual dalam siaran streaming-nya. Pada akhirnya, ia meminta maaf atas insiden tersebut.

2. Jae Protes Aktivitasnya Tak Dipromosikan JYP
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2396 seconds (0.1#10.140)