10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop
Lagu opening anime yang dinyanyikan idol K-Pop belum terlalu banyak. Namun, perpaduan keduanya menjadi sebuah kekuatan tersendiri bagi anime dan idol tersebut. (Foto: Quora)
Lagu opening anime yang dinyanyikan idol K-Pop belum terlalu banyak. Namun, perpaduan keduanya menjadi sebuah kekuatan tersendiri bagi anime dan idol tersebut. Apalagi, anime dan K-Pop dianggap sebagai ekspor entertainment terbesar dari negara asal mereka.

Kombinasi antara kekuatan keduanya bisa menjadi sesuatu yang tidak bisa ditolak penggemarnya. Baik anime dan Hallyu kini telah meluas ke Asia dan hingga ke Barat. Dengan fenomena ini, maka banyak penyanyi Korea yang sudah mulai berkontribusi terhadap soundtrack anime.

Memilih artis populer untuk menyanyikan lagu tema opening anime, terutama yang paling penting dan ikonik, adalah jalan pintar bagi genre K-Pop untuk tetap masuk pasar musik terbesar di dunia. Dari artis legendaris sampai pendatang baru, artis Korea terus meninggalkan jejak mereka di dunia anime dengan irama yang catchy. Jadi opening anime apa saja yang pernah dibawakan idol K-Pop? Mengutip CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Serial Anime dengan Opening Terbaik yang Pernah Ada

10. Breaking Dawn (Kim Jaejoong) — Noblesse
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Aslinya adalah webtoon Korea, Noblesse mengisahkan tentang Raizel, bangsawan berumur panjang yang harus beradaptasi dengan dunia modern setelah lama tidur. Setelah sejumlah OVA pada 2015—2016, adaptasi utuh anime yang terdiri atas 13 episode tayang pada akhir 2020. Mantan anggota TVXQ, Kim Jaejoong, didapuk untuk membawakan Breaking Dawn, lagu opening untuk serial tersebut. Jaejoong dikenal atas kontribusinya terhadap soundtrack untuk drama dan film Korea serta Jepang. Dia juga beberapa kali ikut akting. Saat ini, dia adalah solois dan anggota JYJ, grup yang dia bentuk bersama dua mantan anggota lain TVXQ, yaitu Junsu dan Yoochun.

9. Top (Stray Kids) — Tower of God
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Tower of God mengisahkan tentang Baam ke-25, yang satu-satunya temannya, Rachel, menghilang setelah masuk Menara misterius, yang ada di tempat mereka tinggal selama bertahun-tahun. Demi menemukannya, Baam masuk Menara itu dan memulai petualangannya sendiri. Adaptasi anime dari webtoon ini sudah mulai tayang pada 2020. Lagu opening serial ini, Top, dibawakan Stray Kids. Dengan 9 EP dan satu album studio, grup dengan 8 anggota ini membuat gelombang sebagai salah satu grup kondang dari generasi keempat K-Pop. Lagu mereka, Back Door, menjadi satu-satunya lagu Korea di daftar 10 Lagu Terbaik 2020 versi majalah Time.

8. Change (J-Min) — Hanasakeru Seishounen
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Pada 2009, lagu Change milik solois J-Min dipakai sebagai lagu opening adaptasi anime Hanasakeru Seishounen. Serial itu mengisahkan tentang Kajika Burnsworth, putri seorang pengusaha kaya yang menyuruhnya memilih suami dari tiga calon yang sudah dipilihnya. J-Min debut di Jepang pada 2007 sebelum merilis lagu di Korea beberapa tahun kemudian. Suara J-Min bisa dikenali dari sejumlah soundtrack drama Korea, termasuk Stand Up untuk To the Beautiful You.

7. Hakanaku Tsuyoku (Younha) — Kiba
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Younha bukan nama baru bagi pasar musik Jepang. Dia debut di Jepang sebelum mencoba peruntungannya di negara asalnya, Korea. Dia mendapatkan perhatian mainstream ketika single-nya, Houkiboshi, dipakai untuk soundtrack Bleach. Lagunya pada 2008, Hanaku Tsuyoku, dipakai sebagai opening kedua Kiba, yang menandai perilisan terakhirnya di Jepang sebelum dia debut di Korea. Bergenre isekai, Kiba mengisahkan tentang Zed yang masuk dimensi baru bernama Templar, di mana pengguna sihir bernama Shard Casters saling bertempur satu sama lain. Anime ini berisi 51 episode yang dibagi menjadi dua season.

6. Brand New Days (Apink) — Rilu Rilu Fairilu
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Dibuat sebagai usaha patungan antara Sanrio dan Sega, Rilu Rilu Fairilu adalah anime fantasi tentang berbagai peri bernama Fairilus dan petualangan mereka di dunia manusia. Anime tiga season ini diciptakan setahun setelah franchise itu dibuat sebagai cara untuk mempromosikan merchandise Rilu Rilu Fairilu. Lagu Brand New Days milik Apink dipakai sebagai opening season pertama serial ini. Grup yang terdiri atas 6 gadis ini dikenal atas musik pop bubblegum dan synth-pop. Billboard menahbiskan lagu mereka, I’m So Sick sebagai salah satu lagu terbaik K-Pop pada 2018.

5. Baby U! (MBLAQ) — Beelzebub
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

MBLAQ dimulai sebagai kelompok lima anggota di bawah naungan J Tune Camp, perusahaan hiburan yang melahirkan superstar Korea, Rain. Dua anggota MBLAQ, Joon dan Thunder, hengkang pada 2014 untuk mengejar karier solo. Pada 2011, lagu kedua MBLAQ yang dirilis di Jepang, Baby U!menjadi lagu pembuka keempat Beelzebub. Anime ini mengisahkan tentang Tatsumi Oga, siswa SMA kelas 1 yang menemukan bayi aneh berambut hijau yang terkait dengan raja iblis. Anime ini tayang pada 2011 sebagai adaptasi atas manga dengan judul yang sama dan berjalan sepanjang 60 episode.

4. Everlasting Shine (TXT) — Black Clover
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Keluar dari agensi yang sama yang memproduksi BTS, TXT terbukti menjadi pemimpin berharga bagi generasi baru K-Pop. Grup yang terdiri atas lima orang ini telah merilis 3 EP dan dua album. Setelah sukses debut di Jepang, TXT terpilih untuk membawakan lagu Everlasting Shine, opening ke-12 Black Clover. Anime ini mengisahkan tentang Asta dan Yuno, dua anak yatim yang tumbuh di Kerajaan Clover. Mereka ingin bersaing untuk memperebutkan titel Raja Penyihir. Sementara Yuno sangat mahir dalam sihir, Asta sama sekali tidak bisa. Ini memicunya untuk melatih tubuhnya. Semuanya berubah ketika mereka memilih skuad Ksatria Sihir yang berbeda. Ini membuat mereka menjadi musuh bebuyutan.

3. Neverland (FT Island) — OZMA
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

OZMA ber-setting di bumi pascaapokalips di mana seluruh planet ini berubah menjadi gurun. Suatu hari, saat bekerja sebagai pedagang, Sam menyelamatkan seorang wanita bernama Maya dari sepasukan klon bernama Anak-Anak Ideal. Begitu aman di kapalnya, Sam dan Maya melihat monster raksasa muncul dari pasir. Itu adalah Osuma, musuh terbesar kakak Sam. Pada 2012, single ke-7 FT Island di Jepang, Neverland, terpilih sebagai opening OZMA. Band rock itu debut pada 2007 dengan Love Sick. Mereka dianggap sebagai band idol pertama, yang menyatukan elemen visual K-Pop ke estetika band rock unik mereka.

2. Masayume Chasing (BoA) — Fairy Tail
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Setelah berjalan selama 10 tahun dan 300 episode, Fairy Tail adalah satu anime fantasi terpopuler dalam 20 tahun terakhir. Anime ini berkisah tentang para penyihir yang bergabung dengan serikat untuk melakukan berbagai tugas di Fiore. Natsu Dragneel, salah satu anggota serikat Fairy Tail, pergi untuk mencari ayahnya dan bertemu penyihir lain bernama Lucy Heartfilia. Ratu K-Pop, BoA, menyanyikan opening ke-15 Fairy Tail yang berjudul Masayume Chasing. Dianggap sebagai pionir K-Pop di pasar Jepang, BoA punya karier panjang yang luar biasa yang dimulai saat dia berusia 13 tahun pada 2000. Dia telah merilis lebih dari 20 album dalam tiga bahasa—Korea, Jepang dan Inggris. Sampai saat ini, dia masih menjadi salah satu bintang pop terikonik di Korea Selatan.

Baca Juga: Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

1. Share the World (TVXQ) — One Piece
10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Menyatukan One Piece dengan TVXQ mungkin adalah salah satu keputusan terbaik TOEI Animation. Anime petualangan dan fantasi tentang Monkey D Luffy dalam perjalanannya menjadi Raja Perompak itu secara konsisten duduk sebagai salah satu serial anime terpopuler di abad ini. Dengan remix opening pertama One Piece, We Are!, TVXQ memberikan opening ke-11, Share the World, dari single ke-27 mereka di Jepang. Grup ini terkenal baik di Korea dan Jepang. Mereka senantiasa memuncaki tangga lagu sejak dirilis pada 2004 dan menempatkan standar bagi grup K-Pop saat itu. TVXQ dianggap sebagai bangsawan K-Pop dan tetap menjadi salah satu artis terlaris di Jepang.


(alv)
Share: