5 Drama Korea 2021 Populer di Pasar Internasional, tapi Ratingnya Kecil di Korea

Kamis, 30 Desember 2021 - 11:41 WIB
loading...
5 Drama Korea 2021 Populer di Pasar Internasional, tapi Ratingnya Kecil di Korea
Nevertheless sangat populer di pasar internasional, apalagi di Indonesia, tapi ratingnya sangat kecil di Korea. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Semakin populernya drama Korea di ranah global ternyata menunjukkan sebuah kondisi yang cukup unik, yaitu adanya perbedaan selera antara penonton di Korea dan penonton internasional.

Perbedaan selera ini misalnya bisa dilihat dari genre atau daftar pemain. Penonton di Korea umumnya senang dengan drama keluarga, sementara penonton internasional sangat senang dengan drama komedi romantis atau thriller.

Sementara ada juga pemain yang populer di Korea, tapi masih belum banyak diketahui oleh penonton umum di ranah global. Meskipun begitu, semua perbedaan ini juga bukan sebuah garis pembatas yang tegas, jadi bukanlah sebuah teori yang sudah pasti benar dan berlaku bagi semua drama Korea yang ada.

Nah, sepanjang tahun 2021, ada beberapa drama Korea yang sangat populer di kalangan penonton global karena terus-menerus dibicarakan, setidaknya kerap trending di Twitter tiap kali episode baru ditayangkan. Namun ternyata jika mengecek data rating dari Nielsen Korea, angkanya kecil atau malah jeblok di pasar lokal. Berikut lima yang paling mencolok.

1. True Beauty

5 Drama Korea 2021 Populer di Pasar Internasional, tapi Ratingnya Kecil di Korea

Foto: tvN

Drama ini tayang pada Desember 2020 hingga Februari 2021 di tvN dan Viu. Di Indonesia, serial ini sangat populer dan sering dibahas di media sosial maupun media massa.

True Beauty pula yang mendongkrak popularitas idol Cha Eun-woo lebih tinggi lagi, termasuk di Korea Selatan. Namun yang unik, di negara asalnya itu, rating True Beauty tak pernah tembus 5%.

Rating tertingginya hanyalah di angka 4,57% yang diraih saat menayangkan episode ke-15 dari total 16 episode. Sementara rating rata-rata nasional hanya 3,7%.

2. Nevertheless

5 Drama Korea 2021 Populer di Pasar Internasional, tapi Ratingnya Kecil di Korea

Foto: JTBC

Nevertheless yang tayang di JTBC dan Netflix juga sangat viral di media sosial, terutama di TikTok Indonesia. Banyak yang tertarik menonton drama yang dibintangi Song Kang dan Han So-hee tersebut gara-gara melihat video-video editnya viral di media sosial tersebut.

Saking viralnya, para penonton di Indonesia bahkan menciptakan frasa "Tersongkang-songkang" dan "Mas Kentang" untuk karakter utama pria dan karakter pendukung pria dalam drama ini. Sementara hubungan Song Kang dan Han So-hee menjadi contoh termutakhir toxic relationship dalam berpacaran.

Namun di Korea, drama yang tayang pada Juni-Agustus ini ratingnya sangat mengenaskan. Paling tinggi hanya 2,2%, itu pun dicatat oleh episode perdananya. Sementara rating terendahnya terjun hingga 0,9%.

Baca Juga: 6 Drama Korea 2021 Rating Tinggi di Korea, tapi Kurang Populer di Pasar Internasional

3. Now We Are Breaking Up

5 Drama Korea 2021 Populer di Pasar Internasional, tapi Ratingnya Kecil di Korea

Foto: SBS

Sebelum tayang, serial ini banyak dibicarakan pencinta drama Korea dan media massa karena ada nama Song Hye-kyo sebagai pemeran utama perempuan. Ia adalah salah satu aktris dengan bayaran termahal di Korea, dan drama ini menjadi comeback-nya setelah hiatus dua tahun pascaperceraian dengan aktor yang juga termasuk termahal bayarannya, Song Joong-ki.

Now We Are Breaking Up malah sempat masuk dalam daftar drama yang paling banyak dibicarakan di Korea sebelum penayangannya. Di Indonesia, bahkan ada istilah "terkiyong-kiyong" untuk menggambarkan pesona pemeran utama prianya, Jang Ki-yong.

Namun saat akhirnya ditayangkan, respons penonton di Korea berbalik negatif. Rating awalnya memang cukup menjanjikan, yaitu 6,4%, lantas naik menjadi 8,0%. Namun ini menjadi rating tertinggi drama tersebut karena setelah itu, angkanya terjun bebas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)