Selain Snowdrop, Drama JTBC Lainnya juga Dikritik karena Dianggap Propaganda China

Kamis, 23 Desember 2021 - 09:54 WIB
loading...
Selain Snowdrop, Drama JTBC Lainnya juga Dikritik karena Dianggap Propaganda China
Snowdrop jadi salah satu drama Korea dari JTBC yang mendapat kritikan keras. Foto/JTBC
A A A
SEOUL - Tak hanya Snowdrop, drama JTBC yang belum tayang, When the Day Breaks, juga mendapat kritikan bahkan ketika saat itu syutingnya belum dimulai.

Mengutip Kbizoom, kritikan tersebut muncul karena drama itu diadaptasi dari novel China The Long Night yang dirilis pada 2017 silam. Saat awal diterbitkan, novel ini dianggap sebagai bagian dari propaganda pemerintahan Presiden Xi Jinping di China.

Novelnya juga memotret Partai Komunitas China, satu-satunya partai yang berkuasa di Negeri Tirai Bambu itu, dengan konotasi positif. Tak hanya itu, isi novelnya juga diduga mengandung dorongan untuk menjatuhkan oposisi pemerintahan Xi Jinping.

Lebih lanjut, pembuat novelnya, yaitu Zijin Chen juga pernah mengolok-olok gerakan demokrasi di Hong Kong. Sementara akun Weibo resmi Kantor Kejaksaan yang ada di bawah Partai Komunis China juga mempromosikan novel ini.

Selain Snowdrop, Drama JTBC Lainnya juga Dikritik karena Dianggap Propaganda China

Foto: via Amazon

Mengutip Hankyung via Naver, saat kritikan tersebut dilontarkan, JTBC membela diri dengan mengatakan bahwa mereka menyesuaikan ajaran sosialisme dan komunisme dalam novelnya agar lebih bisa diterima masyarakat Korea.

Baca Juga: Mengapa Snowdrop Penuh Kontroversi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Sementara pada 16 Desember lalu, JTBC mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi When the Day Breaks setelah delapan episode. Padahal awalnya, drama ini akan dibuat sepanjang 16 episode.

Meski tak memberikan alasan pemotongan jumlah episodenya, tapi JTBC menyebutkan bahwa mereka "mengolah ulang untuk memperbaiki kualitas" dari drama tersebut. Juga dikatakan bahwa serial ini akan berlanjut ke season kedua.

Selain Snowdrop, Drama JTBC Lainnya juga Dikritik karena Dianggap Propaganda China

Foto: News9

Banyak yang menduga, pemotongan episode tersebut karena pengaruh kontroversi drama Snowdrop yang terus datang dari masyarakat di Korea Selatan.

When the Days Breaks bercerita tentang mantan ahli forensik di National Forensic Service yang menjadi tersangka utama sebuah pembunuhan. Seorang profiler (orang yang menganalisis perilaku para kriminal) diminta melakukan investigasi atas kasus ini.

Baca Juga: 6 Grup K-Pop Beken yang Kontraknya Berakhir Tahun 2022, Perpanjang atau Bubar?

Dramanya dibesut oleh Lee Jeong-hyo yang pernah menyutradarai serial Crash Landing on You dan Criminal Minds (Korea). Sementara pemainnya ada Han Seok-kyu, Jung Yu-mi, Yeom Hye-ran, dan Kim Joon-han.

Dalam jadwal yang pernah dipublikasikan sebelumnya, When the Day Breaks akan tayang pada pertengahan tahun 2022.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)