3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu

3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu
MAMA 2021 berjalan lancar dengan minim kontroversi, meski tetap saja ada kasus buruk yang menyertai. Foto/Mnet MAMA
SEOUL - Secara keseluruhan, perhelatan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021 berjalan lancar tanpa ledakan kontroversi seperti tahun-tahun sebelumnya.

MAMA memang dikenal dengan sejarah kontroversinya yang panjang, mulai dari pemilihan pemenang yang tidak adil hingga perlakuan buruk terhadap idol atau grup yang tampil.

Saking penuh kontroversinya, G-Dragon Big Bang bahkan pernah menyindir acara ini saat tampil bernyanyi dalam MAMA 2014. Kala membawakan Good Boy, ia melakukan freestylerap dan mengatakan bahwa MAMA mirip ajang penghargaan amal karena semua piala dibagi rata.

Baca Juga: 6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Namun tahun ini, MAMA terlihat melakukan sejumlah perbaikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kontroversi pun bisa dibilang sangat minim, meski tak berarti tak ada kasus buruk sama sekali.

Nah, berikut ini beberapa perbaikan yang dilakukan MAMA tahun ini, juga kontroversi yang menyertai acara yang berlangsung pada Sabtu (11/12) di CJ ENM Contents World selama kurang lebih empat jam tersebut.

PERBAIKAN

1. Penentuan Kriteria Pemenang Daesang

3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu

Foto: Mnet MAMA

Tahun ini, MAMA memutuskan perubahan signifikan terhadap 3 dari 4 penghargaan utama (daesang) mereka, yaitu Artist of The Year, Song of The Year, dan Album of The Year. Pada tahun-tahun sebelumnya, pemilihan pemenang dilakukan lewat pemungutan suara oleh para penggemar.

Namun tahun ini, kriteria diubah sama sekali dengan tidak menyertakan voting dari fandom, melainkan dari penilaian juri, penjualan digital, penjualan album fisik, dan performa di platform musik global (Apple Music).

Baca Juga: 10 Adegan Pascakredit Paling Lucu di Jagat Film Marvel

Porsi terbesar penilaian bergantung pada kriteria, misalnya jika untuk Album of The Year, bobot terbesar ada pada penjualan album fisik dan penilaian juri, masing-masing 40%. Namun untuk tiga kategori daesang tersebut, bobot penilaian juri selalu sama, yaitu 40%.

Perubahan ini membuat penilaian menjadi lebih transparan dan adil. Inilah yang membuat daftar pemenang MAMA 2021 menjadi nyaris tanpa kontroversi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

2. Ruang Tunggu yang Lebih Layak

3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu

Foto: Mnet Mama

Tahun lalu, para penggemar K-pop mengungkapkan kemarahannya setelah banyak video beredar yang menunjukkan para penampil (grup K-pop) tak mendapatkan ruang tunggu yang layak. Mereka terpaksa berdandan di dalam mobil, menunggu di tengah cuaca musim dingin, bahkan membeli makanan sendiri sebelum tampil di atas panggung.

Ini berbanding terbalik dengan para pemain drama dan film yang menjadi presenter acara, yang mendapat ruang tunggu layak dan makanan enak. Saat itu, MAMA beralasan mereka tak memiliki ruang tunggu yang cukup banyak, terutama untuk grup dengan jumlah member yang banyak. Ini terkait aturan jaga jarak saat masa pandemi. Namun para penggemar tetap tak menerima alasan tersebut.

Tahun ini, MAMA tampaknya berusaha menunjukkan bahwa mereka memperbaiki kesalahannya. Dalam video Coming Up Next yang muncul di tengah acara, terlihat bahwa para idol kini mendapatkan ruang tunggu yang tak hanya nyaman, tapi juga mewah.

KONTROVERSI
halaman ke-1
Share: