12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Minggu, 12 Desember 2021 - 22:16 WIB
loading...
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto
Ada 12 segel tangan yang dilakukan shinobi di Naruto sebagai pendahulu sebelum melepas jutsu transformasi alam dasar mereka. Beberapa menjadi ciri khas mereka. (Foto: YouTube)
A A A
Menjadi ninja itu bukan perkara mudah. Banyak halangan, rintangan dan pelatihan panjang yang harus diikuti. Seperti halnya dengan Naruto . Dia juga harus menjalani banyak pelatihan agar bisa menjadi ninja yang hebat.

Salah satu yang harus dia pelajari adalah teknik bertarung. Teknik ini tidak hanya didapatkan dari praktik, tapi juga dari buku, terutama ninjutsu dan genjutsu. Hampir tiap teknik dari dua disiplin itu berbasis pada 12 tanda tangan atau segel tangan dasar,

Semua segel tangan ini sepertinya mudah dipelajari dan ada artinya. Lantas apa sajakah segel tangan itu? Dikutip dari Screen Rant, simak ulasan berikut ini!



12. Tori — Burung
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Tori, atau Burung, didasarkan pada tanda shio China, Ayam Jago. Segel tangan Naruto ini mewakili elemen Angin atau transformasi alam Pelepasan Angin. Ini membuat penggunanya bisa memperoleh teknik ninjutsu berbasis angin. Salah satu pengguna terkenal segel tangan ini atau teknik terkait dak lain dan tak bukan adalah Naruto, terutama ketika dia menggunakan Rasengan. Segel ini cukup simpel, tapi membingungkan dalam gerakan cepat dan presisi. Jari tengah dan jari kelingking harus membentuk lengkungan sudut sementara membuat jari manis dan jari telunjuk saling bersimpangan. Sementara, ibu jari harus saling menyentuh ujungnya.

11. I — Celeng
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

I atau Celeng juga berbasis shio China, yaitu Babi. Segel ini tidak penting bagi teknik tranformasi alam dasar tertentu. Tapi, segel ini cukup penting untuk jutsu pemanggilan—yang pertama diperkenalkan Jiraiya kepada Naruto untuk memanggil kodok raksasa. Sekilas, ini terlihat mudah. Tapi, seorang shinbo sebenarnya harus meregangkan ototnya saat kali pertama mencoba. Mereka harus membentuk separuh kepalan tangan dan menyatukan telapak tangan mereka sementara menjaga bagian depan tangan agar tetap paralel ke tanah.

10. Inu — Anjing
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Segel tangan ini juga berbasis dari shio China dari binatang yang sama. Seperti Tori, segel ini juga penting dalam teknik pembentukan alam. Yang ini adalah untuk Pelepasan Air. Banyak ninja yang mahir di air, seperti Zabuza dan Kisame, banyak menggunakan tanda ini. Inu adalah salah satu segel tangan termudah untuk dilakukan. Segel ini dibuat hanya dengan meletakkan telapak tangan kiri ke atas kepalan tangan kanan.

9. Tatsu — Naga
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Segel ini juga diangkat dari shio China, yaitu naga. Tanda ini tidak tersemat pada elemen apa pun. Artinya, segel ini tidak dibutuhkan sebagai pendahulu untuk jutsu transformasi alam. Tapi, ketika digunakan bersamaan dengan jutsu itu, maka ini akan menghasilkan manifestasi berbentuk dragon dari elemen khusus tersebut. Ini menarik, tapi ini akan membuat shinobi mengalami kram di jarinya. Tanda segel ini cukup sulit dilakukan manusia biasa.

8. Usagi — Kelinci
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Segel ini dibuat berdasarkan shio China, yaitu Kelinci. Segel ini tidak diperlukan untuk transformasi alam dasar. Tapi, biasanya dipakai Sasuke atau Kakashi saat mereka menyalurkan Chidori atau tangan petir. Tanda segel ini terlihat cukup mudah. Seseorang bisa melakukannya dengan membentuk pistol jari dengan tangan kiri dan menaruh jari kelingking tangan kanan di tengah-tengah jari tengah dan ibu jari tangan kiri itu.

7. Uma — Kuda
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Diangkat dari shio China, yaitu Kuda, segel ini tidak diperlukan untuk perilisan transformasi alam dasar. Tapi, Sasuke sering terlihat menggunakan segel ini untuk teknik bola apinya. Ini juga biasa digunakan untuk menghilangkan teknik ilusi genjutsu. Segel ini tidak sesulit Tatsu. Tapi, seorang shinobi harus agak meregangkan jarinya agar bisa berhasil.

6. Saru — Monyet
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Segel ini didasarkan pada shio Monyet. Sasuke banyak menggunakannya dalam dua tahap awal penyaluran Chidori-nya. Sasuke jelas tahu segel tangannya, yang berkontribusi pada kemampuan tarungnya di serial ini. Segel Saru ini cukup sederhana. Cukup masukkan jari manis kanan di antara jempol dan telunjuk kiri sementara satukan telapak tangan secara horisontal.

5. Ushi — Kerbau
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Ushi juga berdasarkan shio China, yaitu Kerbau. Segel ini tidak dibutuhkan di pelepasan transformasi alam apa pun. Tapi, banyak ninja masih menggunakan segel Kerbau ini untuk jutsu atau teknik api, terutama Sasuke dan Itachi. Pada dasarnya, tiap nama besar di keluarga Uchiha menggunakan segel ini. Ushi ini cukup kuat saat dipasangkan dengan Pelepasan Api, bisa cukup membingungkan saat dipraktikkan.

4. Hitsuji — Domba
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Hitsuji berasal dari shio China, yaitu Kambing. Sementara tidak diperlukan untuk pelepasan transformasi alam dasar, Hitsuji ini mungkin salah satu segel yang sering terlihat dan menjadi segel ikonik di Naruto. Ini karena Naruto sendiri yang sering memakainya saat memanggil klon bayangannya. Hitsuji ini juga salah satu segel paling gampang dikenali kapan pun Naruto melakukan kage bunshin no jutsu.

3. Ne — Tikus
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Ne atau Nezumi diangkat dari shio China, yaitu Tikus. Seperti segel lainnya, segel ini juga tidak terasosiasi dengan peleapasan transformasi alam apa pun. Tapi, ini adalah segel khas dari klan Nara, asal Shikamaru. Ini adalah bagian penting dari teknik imitasi bayangan mereka. Segel ini cukup mudah dilakukan.

2. Mi — Ular
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Mi juga diangkat dari shio China, yaitu Ular. Segel ini sebenarnya salah satu yang paling sibuk di franchise ini karena terasosiasi dengan Pelepasan Tanah, Petir dan Kayu. Segel Ular ini digunakan di banyak jutsu khas para ninja kuat. Karena menjadi segel kunci di banyak teknik, Mi ini adalah segel termudah untuk dilakukan. Orang hanya tinggal menyatukan kedua telapak tangan menghadap ke atas dan menjalin jari mereka seperti hendak berdoa.



1. Tora — Harimau
12 Segel Tangan dan Artinya yang Ada di Serial Naruto

Tora adalah segel yang diangkat dari shio China, yaitu Harimau. Segel ini diperlukan sebagai pendahulu untuk Pelepasan Api dan Tanah. Tora jelas segel terkeren karena segel yang paling lugas. Segel ini sering dipakai Sasuke di jutsu api khas dari klannya. Melakukan segel Tora ini jelas gampang bagi shinobi. Caranya mirip seperti Mi, hanya jari telunjuk dan jari tengah dari masing-masing tangan diangkat dan disatukan.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0150 seconds (0.1#10.140)