Fandom: Penggemar Fanatik, Penghasil Pundi-Pundi untuk Artis

Fandom: Penggemar Fanatik, Penghasil Pundi-Pundi untuk Artis
Fandom atau penggemar fanatik rela mengeluarkan uang sebanyak apa pun demi bisa melihat langsung konser artis idolanya. Foto/pxhere.com
JAKARTA - Fandom alias penggemar loyal jadi salah satu penggerak bisnis musik dunia. Apa pun yang keluar dari bintang idolanya, fandom pasti akan memburunya. Lo jual, gue beli!

Melansir dari Shortland Social, istilah fandom adalah akronim dari fanatic domain. Istilah ini merujuk pada sekelompok orang yang secara penuh memberikan loyalitasnya kepada musisi, aktor, penyanyi, atau boy/girl group tertentu. Meski begitu, ada juga yang menyebutnya sebagai akronim dari fans kingdom.

Fandom: Penggemar Fanatik, Penghasil Pundi-Pundi untuk Artis

Foto: photovisi.com

Sementara berdasarkan kamus Merriam Webster, istilah fandom pertama kali digunakan pada 1903 sebagai sebutan bagi penggemar sepak bola. Dikutip dari Medkult.com, fandom modern pertama muncul pada era Victoria, yaitu pada bidang karya sastra (buku) "Sherlock Holmes" dengan nama fandom-nya Sherlockians.

Dalam industri musik, fandom bisa dibilang jadi roda penggerak bisnis musik. Lihat aja Salsabilla, 19, yang udah jadi ARMY (sebutan untuk fandom BTS) sejak 2017. Dia rajin melakukan streaming lagu, menyetel video musiknya di YouTube, membeli album-albumnya, juga membeli merchandise BTS.

Menurut Salsabilla, semuanya adalah hal yang wajar dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap artis idola.



Gue sering seharian play album baru BTS di Spotify, baik di handphone dan laptop pada waktu bersamaan. Kalau untuk album dan merchandise, kalau dihitung-hitung, gue udah ngeluarin sekitar Rp1 jutaan,” ungkap mahasiswi semester 2 ini.

Fandom: Penggemar Fanatik, Penghasil Pundi-Pundi untuk Artis

Foto:SEOUL2U.id

ARMY memang jadi salah satu fandom terkuat di dunia saat ini. Dalam catatan Spotify, mengutip dari Forbes, sepanjang 2019, lagu-lagu mereka di platform ini udah diputar lebih dari tiga miliar kali.
halaman ke-1
Share: