Film Pendek Probabilitas, Permainan Menguji Peluang Jodoh

Jum'at, 05 November 2021 - 15:01 WIB
loading...
Film Pendek Probabilitas, Permainan Menguji Peluang Jodoh
Film pendek Probabilitas menguji peluang jodoh yang bisa didapatkan seseorang dalam kehidupannya. Foto/Genflix
A A A
JAKARTA - Reza dan Ayu adalah pasangan yang akan menikah. Suatu hari mereka janjian di sebuah kafe atas permintaan Reza. Rupanya Reza ingin menguji probabilitas mereka sebagai jodoh.

Ayu menganggap ide Reza gila, tetapi ia tidak menentang tantangan itu. Kalimat yang digunakan Reza untuk meyakinkan Ayu adalah, "Kalau jodoh tidak akan ke mana-mana". Inilah pertaruhan yang bisa penonton saksikan dalam film pendek yang tayang di Genflix ini.

Probabilitas adalah peluang atau kemungkinan dari suatu kejadian, terjadi atau tidak, dan seberapa besar kemungkinan kejadian tersebut berpeluang untuk terjadi.

Suatu kejadian disebut memiliki probabilitas 0 apabila tidak memiliki peluang sama sekali untuk terjadi. Dalam matematika, sering dicontohkan, misalnya ada 20 kelereng berwarna biru di dalam mangkuk.

Baca Juga: Film Sinyal Nol Biji Nol, Saat Ikut Upacara Bendera Sesulit Perjuangkan Kemerdekaan

Jika ditanyakan, apabila kelereng diambil secara acak, berapakah kemungkinan terambil kelereng merah? Tentu jawabannya adalah 0. Tidak bisa terjadi, karena seluruh kelereng di mangkuk adalah biru.

Sedangkan suatu kejadian yang pasti terjadi, disebut memiliki nilai probabilitas 1. Seperti contoh, di atas, jika terdapat 20 kelereng biru, berapakah kemungkinan terambilnya kelereng biru dalam mangkuk tersebut? Pasti jawabannya 100%.

Film Pendek Probabilitas, Permainan Menguji Peluang Jodoh
Film Pendek Probabilitas, Permainan Menguji Peluang Jodoh

Foto: Genflix

Sebenarnya pacaran lama, sebentar, atau pun tidak pacaran sama sekali, kemungkinan untuk menjadi jodoh atau pun bercerai adalah sama. Karena ada banyak faktor berupa kejadian-kejadian yang akan memengaruhi. Namun, dengan berbagai kemungkinan itu, apakah itu bisa jadi alasan untuk tidak melangkah?

Permainan yang dimainkan Reza dan Ayu semakin seru saat Reza bertemu Amanda dan Ayu bertemu Adnan, mantan pacar masing-masing. Dengan berbagai probabilitas yang diharapkan, yaitu jodoh, apakah bisa dipastikan kalau mantan itulah jodoh mereka? Atau sebenarnya pacar saat ini adalah jodoh? Akan ada banyak kesempatan kejadian yang bisa terjadi dan ada banyak kemungkinan kejadian yang bisa terjadi pula.

Semua berpeluang sama.

Mungkin persoalan jodoh bisa dihitung dengan menghitung probabilitas kejadian. Selalu ada kejadian yang membuat kita menjadi yakin atau menjadi ragu. Namun jangan sampai dilupakan, selalu ada campur tangan Tuhan di sana.

Baca Juga: 10 Drama Korea Terfavorit 2021 Pilihan Pelaku Industri, Squid Game Tak Termasuk

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Sesungguhnya yang pertama kali diciptakan Allah ta'ala ialah pena, kemudian Allah berfirman kepadanya, ‘Tulislah.’ Pena bertanya, ‘Tuhanku, apa yang harus saya tulis?’ Allah berfirman, ‘Tulislah takaran (takdir) segala sesuatu hingga hari kiamat.” (H.R. Ahmad dan At-Tirmidzi).

Ummi Nadliroh
Penikmat film dari komunitas KamAksara
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2816 seconds (0.1#10.140)