Lovelyz Disband, Ini Deretan Girl Group K-Pop Populer Generasi 3 yang Dibubarkan

Rabu, 03 November 2021 - 09:02 WIB
loading...
Lovelyz Disband, Ini Deretan Girl Group K-Pop Populer Generasi 3 yang Dibubarkan
Mayoritas member Lovelyz mengakhiri kontrak mereka dengan Woollim Entertainment setelah tujuh tahun kontrak. Foto/Woollim Entertainment
A A A
SEOUL - Persaingan dan dinamika dalam industri K-pop memang sangat dinamis, membuat tiap grup harus siap dengan kondisi apa pun.

Istilah 'kutukan tujuh tahun' pun populer dalam K-pop , untuk merujuk pada kontrak tujuh tahun pertama yang mesti dilewati tiap grup sebagai ujian ketahanan mereka.

Jika mereka mampu melewati masa tujuh tahun pertama usia grup, maka peluang untuk bertahan dalam industri K-pop lumayan besar.

Sebaliknya, banyak juga yang tumbang sebelum usia tujuh tahun, atau berhenti saat kontrak pertama usai. Nah, berikut ini tiga girl group dari generasi ketiga yang sudah dibubarkan (disbanded) dengan berbagai alasan.

1. GUGUDAN (gx9)

Lovelyz Disband, Ini Deretan Girl Group K-Pop Populer Generasi 3 yang Dibubarkan

Foto: Jellyfish Entertainment

Gugudan debut pada 28 Juni 2016 dengan enam member. Mereka langsung mendapat perhatian karena kehadiran mantan member girl group I.O.I, yaitu Sejung dan Mina.

Gugudan juga beberapa kali mendapat penghargaan, di antaranya Rising Star Award dan New Wave Award (Music) dari Asia Artist Award. Mereka bahkan mendapat K-Pop Award dari Korean Culture and Entertainment Awards.

Meski begitu, agensi mereka, yaitu Jellyfish Entertainment memutuskan untuk membubarkan grup ini pada 30 Desember 2020 atau hanya empat tahun setelah debut. Selama empat tahun, mereka menghasilkan empat mini-album.

Baca Juga: 10 Artis Korea Paling Berpengaruh dalam Dunia Hiburan versi Pelaku Industri

2. GFRIEND

Lovelyz Disband, Ini Deretan Girl Group K-Pop Populer Generasi 3 yang Dibubarkan

Foto: Source Music

Pembubaran GFriend bisa jadi yang paling mengejutkan pencinta K-pop. Pasalnya, mereka telah berhasil duduk sebagai salah satu girl group terdepan dari generasi ketiga. Mereka juga berhasil mengubah citra dari cute menjadi lebih dewasa dengan sedikit sentuhan sensual.

Gfriend debut pada 15 Januari 2015 dengan enam member, dan dibubarkan pada 22 Mei 2021 oleh Source Music. Belakangan, tiga member mereka, yaitu SinB, Eunha, dan Umji melakukan reuni dengan membuat grup baru di bawah agensi baru Big Planet Made.

Baca Juga: 4 Bintang Drama Korea yang Dilarang Main Adegan Ranjang Saking Manisnya

3. LOVELYZ

Lovelyz Disband, Ini Deretan Girl Group K-Pop Populer Generasi 3 yang Dibubarkan

Foto: Woollim Entertainment

Lovelyz lewat agensi Woollim Entertainment pada 2 November kemarin memastikan bahwa 7 dari 8 member tidak akan memperbarui kontrak mereka. Hanya Baby Soul saja yang masih bertahan di agensi tersebut.

Meski tak secara tegas menyebut bahwa grup ini dibubarkan, tapi hampir pasti dengan hengkangnya mayoritas member Lovelyz dari Woollim berdampak pada pembubaran grup tersebut.

Lovelyz melakukan debutnya pada 12 November 2014 dan akan mengakhiri kontrak tujuh tahun mereka pada akhir November 2021. Rumor dibubarkannya grup ini sebelumnya memang sudah santer terdengar.

Menurut rumor yang diembuskan mantan wartawan hiburan sekaligus youtuber Lee Jin-ho, pembubaran dilakukan karena konflik dengan CEO agensi dan perbedaan pendapat antara para member tentang masa depan grup.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)