10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:18 WIB
loading...
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati
Ada banyak kematian terjadi di sepanjang sejarah anime. Dari sederet kematian yang terjadi, beberapa di antaranya memberikan adegan yang dramatis dan ikonik. (Foto: IMDb)
A A A
Serial anime dikenal tak segan membuat penontonnya bercucuran air mata dengan mematikan karakter yang disukai. Sejumlah kematian ini jadi begitu terkenal sampai mereka mendahului anime asal mereka. Tergantung pada serialnya, kematian karakter di anime bisa punya dampak besar tidak hanya pada lini cerita anime dan karakternya, tapi juga pada penggemarnya.

Banyak karakter anime mati untuk berbagai alasan. Tapi, hanya kematian karakter yang memberikan dampak terbesar yang secara efektif diabadikan. Lantas kematian siapa saja yag dianggap paling ikonik di anime? Dikutip dari CBR, berikut ulasannya! Daftar ini hanya memasukkan kematian dengan adegan yang dianggap paling dramatis dan emosional di anime.



10. Roy Focker — Super Dimension Fortress Macross
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Super Dimension Fortress Macross adalah anime dari awal 1980-an. Roy Focker adalah senpai yang keras dan kuno bagi Hikaru Ichijyo, tokoh utama serial aslinya. Saat pertarungan melawan pasukan berkostum peran Queadluun-Rau Milia Fallyna, Roy menderita luka parah. Bukannya merawat lukanya dan pergi ke rumah sakit, Roy menerima takdirnya. Dia mengembuskan napas terakhirnya saat memetik gitar klasiknya sembari menanti salad nanas yang enak buatan pacarnya, Claudia LaSalle.

9. Maes Hughes — Fullmetal Alchemist: Brotherhood
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Envy adalah salah satu humounculi terlicik di Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Adegan kematian Maes Hughes membuktikannya. Hughes diserang Lust setelah menemukan konspirasi mendalam pemerintah, tapi, dia mampu melawan dan lari dengan luka ringan. Saat berusaha menghubungi dan memperingatkan Roy Mustang di sebuah telepon umum yang tidak diawasi, Envy mengancamnya dengan senajata. Setelah melihat foto keluarga Hughes yang tak sengaja terjatuh, Envy menampakkan dirinya sebagai istri tercinta Hughes. Ini secara efektif melemahkan Hughes secara emosional. Envy menembaknya sampai tewas.

8. Portgas D Ace — One Piece
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Portgas D Ace selalu memprioritaskan perlindungan terhadap adiknya, Monkey D Luffy ketika mereka bertemu. Di busur cerita Marineford, Luffy, Topi Jerami, dan kru Whitebeard berusaha menyelamatkan Ace dari eksekusi Marinir. Mereka pun berhasil. Namun, ejekan Laksmana Akainu menarik Ace untuk kembali melindungi kehormatan Whitebeard. Tapi, Ace dikalahkan. Akainu kemudian mengalihkan perhatiannya ke Luffy, yang memicu Ace bertindak sebagai tameng dan mengalami hantaman yang membunuh. Ace tewas. Adegan kematian Ace ini meremukkan banyak hati penggemar One Piece sampai saat ini.

7. Jiraiya — Naruto Shippuden
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Jiraiya sudah tahu risiko menginvestigasi Akatsuki dan Pain sendirian di Naruto Shippuden. Tapi, dia dengan gagah berani tetap melaksanakan misi penting tersebut. Sebagai mentor terpenting Naruto Uzumaki, Jiraiya memenangkan tempat khusus di hati para penggemar serial ini dan juga di Naruto. Kematiannya di tangan Pain memang mengejutkan dan menghancurkan. Tapi, Jiraiya memastikan mengirimkan Fukasaku ke Konoha dengan membawa pesannya di saat sekarat. Isi pesan itu memberitahu pemimpin desa itu tentang bagaimana mengalahkan Pain.

6. Zabuza dan Haku — Naruto
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Sementara banyak kematian di serial anime asli Naruto, kematian pertama di layar, Zabuza Momochi dan Haku, telah terabadikan di sejarah anime. Dampak adegan ini memperjelas kalau politik dan cara hidup di dunia Naruto itu jauh lebih rumit ketimbang dinamika sederhana “orang baik vs orang jahat”. Alih-alih, Zabuza dan Haku dimanusiakan sebagai ninja biasa yang hanya melakukan apa yang harus mereka lakukan agar bisa bertahan hidup.

5. Jonathan Joestar — JoJo's Bizarre Adventure: Phantom Blood
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Gambar Jonathan Joestar memegang kepala vampirik saudara angkatnya di kapal terbakar yang hendak karam adalah kematian awal paling terkenal di franchise JoJo’s Bizarre Adventure. Ada banyak kematian yang membuat patah hati yang terjadi setelah kematian Jonathan. Tapi, kematian asli di JoJo’s inilah yang punya tempat khusus di hati para penggemar. Melumpuhkan Dio dengan dia melindungi orang lain mengokohkan sifat mulia dan terprinsip Jonathan. Ini adalah cara terhormat untuk mengakhiri hidupnya.

4. Kamina — Tengen Toppa Gurren Lagann
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Studio Gainax mengejutkan para penggemar Tengen Toppa Gurren Lagann ketika mereka mematikan salah satu karakter paling karismatik di serial itu, Kamina. Kematian Kamina jelas tidak disangka para penonton. Tapi itu adalah pilihan yang cocok karena Simon, protagonis utama serial ini, terlalu bergantung pada keberanian Kamina. Meski begitu, Kamina bangkit dari tepi kematian untuk membantu Simon sekali lagi untuk mengalankan Beastmen.

3. Spike Spiegel — Cowboy Bebop
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Spike Spiegel mengembuskan napas terakhir setelah dia mengucapkan kata ‘dor’ dan terkulai di tangga sebuah katedral. Kematian Spike ini sudah lama direncanakan pembuatnya. Tapi, itu juga yang ditentang para penggemar beratnya. Apakah penggemar setuju atau tidak, ini tidak mengubah fakta kalau momen sekaratnya Spike telah terabadikan di budaya anime.

2. Caesar — JoJo's Bizarre Adventure: Battle Tendency
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Tak terbantahkan, kematian heroik Caesar Zeppeli adalah salah satu adegan yang paling dramatis di seluruh franchise JoJo’s Bizarre Adventure. Sebelum meneui ajal di tangan penjahat Pillar Man Wamuu, Caesar meramas lip ring berisi antidote yang dibutuhkan Joseph Joestar dan memakai Hamon terakhirnya untuk melindunginya dari tangan Wamuu. Seperti orang-orang Zeppeli sebelumnyal Caesar mati dengan cara pahlawan sementara membantu seorang Joestar untuk lebih dekat mengalahkan musuh bebuyutan mereka.



1. Mami Tomoe — Puella Magi Madoka Magica
10 Kematian Paling Ikonik di Anime, Nomor 8 Bikin Patah Hati

Sebagian dari apa yang membuat kematian Mami Tomoe di Puella Magi Magoka Magica begitu diingat adalah fakta kalau tidak ada orang yang menduganya. Menjelang akhir episode 3, Madoka Magica dipasarkan sebagai anime gadis ajaib ringan tentang persahabatan dan mengalahkan kejahatan. Tapi, setelah melihat Mami dirobohkan begitu saja dari titik tertingginya, audiens menyadari kalau anime ini tidak akan menjadi anime yang ringan-ringan saja seperti penampakannya. Cara kematian Mami pun mengejutkan dan tak terlupakan.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)