4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’
Ada banyak pelajaran penting tentang hidup yang muncul dalam serial Korea Squid Game. Foto/Netflix
JAKARTA - Serial Korea ‘Squid Game’ tak hanya menawarkan kisah menegangkan sekaligus mengerikan, tapi juga pelajaran hidup yang bisa dipetik dari adegan-adegannya.

" Squid Game " disebut sebagai analogi dari sistem kapitalisme yang ada di masyarakat, juga kisah ketidakadilan dan keharusan bertahan hidup. Nah, dari beberapa adegannya, ada hal yang jika direnungkan, bisa diambil sedikit pelajaran darinya, seperti berikut ini.

1. KEMAMPUAN MENGATUR KEUANGAN DENGAN BAIK

4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

Foto: Netflix

Semua peserta dalam survival game adalah mereka yang punya utang dalam jumlah besar, baik yang memang terlahir miskin maupun yang punya karier mapan.



Contoh yang terakhir adalah Cho Sang-woo yang merupakan lulusan kampus bergengsi Universitas Nasional Seoul. Sementara Seong Gi-hun digambarkan sebagai sosok sopir taksi yang gemar berjudi.

Dari sosok-sosok tersebut, terlihat bahwa mereka punya kebiasaan seperti berutang dalam jumlah banyak dan punya kebiasaan buruk yang akhirnya menjerat mereka sendiri. Kalau tidak terampil mengatur uang dan tidak bisa mengukur risiko, bisa jadi kita pun akan terjerat utang dalam jumlah besar.

Baca Juga: Teori 'Squid Game': Gi-Hun dan Il-Nam Punya Hubungan Darah, Ini Alasannya

2. JANGAN TERLALU BAIK DENGAN ORANG

4 Pelajaran Hidup dari Drama Korea ‘Squid Game’

Foto: Netflix
halaman ke-1
Share: